Cara Membuat Tote Bag paling Simpel dan Praktis, Pemula Pun Bisa


Cara membuat tote bag paling simpel
tote-bag-via-hgtv-com

Cara membuat tote bag paling simpel, informasi menarik untuk kamu pecinta tote bag kekinian. Menjahit menjadi hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang.

Dengan keahlian menjahit kamu bisa menambah atau malah menjadi sumber penghasilan. Tentu sudah tidak asing lagi tentang tote bag ini, apalagi di kalangan remaja, kreasi tote bag semakin banyak dan beragam. Tapi bukan hanya remaja saja sih, ibu-ibu juga suka pakai tote bag saat pergi acara pengajian atau arisan. 😀

Bahan yang digunakan untuk membuat tote bag sangat bervariasi. Mulai dari kain kanvas, kain corduroy, denim dan masih banyak lagi.

Ada juga yang berkreasi membuat tote bag dari kain perca, jeans bekas, bahkan tote bag berbahan resleting pun ada. Sangat beragam sekali bukan?.

Memiliki satu tote bag saja pasti tidak cukup. Tapi tenang, kamu bisa membuatnya sendiri kok. Berikut cara membuat tote bag paling simpel yang bisa kamu praktekan.

Cara membuat tote bag paling simpel semua bisa mempraktekannya

Dalam tutorial cara membuat tote bag paling simpel ini kita akan menggunakan kain katun bermotif garis, karena akan mempermudah kita dalam menjahit, tapi kamu boleh pilih motif apa saja sesuai selera.

Bahan yang Dibutuhkan: 

  1. Kain katun bermotif garis untuk bagian luar 1/2 yard atau 18"x44"
  2. Kain katun pelengkap untuk lapisan dalam 1/2 yard atau 18"x14"
  3. Interfacing  1/2 yard atau 18"x14"
  4. Tali kanvas 42 "
  5. Gunting kain atau pemotong rotari
  6. Mesin jahit 
  7. Benang 
  8. Setrika
  9. Peniti

Langkah-langkah membuat tote bag simpel

1. Memotong bahan

Memotong kain dalam cara membuat tote bag paling simpel
memotong-kain-persegi-panjang-via-hgtv-com

Cara membuat tote bag simpel yang pertama yaitu memotong bahan. Potong kain menjadi dua persegi panjang dengan ukuran 18 "x 14" dari masing-masing pilihan kain untuk bagian luar dan bagian dalam. 

Potong bahan interfacing menjadi dua persegi panjang berukuran 18"x14" . Potong tali kanvas menjadi dua, masing-masing sepanjang 21 ".

Baca juga : 10 tips membersihkan rumah dengan sikecil yang mengasyikan

2. Menggunting bagian pojok

Menggunting bagian pojok salah satu cara membuat tote bag paling simpel
membuat-pojok-totebag-via-hgtv-com

Cara membuat tote bag simpel yang kedua yaitu menggunting bagian pojok untuk membuat alas tote bag. Di sisi panjang bahan kain yang sudah menjadi persegi panjang, potong persegi berukuran 2"x2" di bagian sudut bawah . Ulangi untuk bahan interfacing juga. Bagian ini akan menjadi alas tote bag kamu.

Baca juga : Ketahui 8 Cara Hidup Sukses Yang Paling Sederhana Tapi Bermakna

3. Tambahkan Interfacing dan jahit bagian sisi

Cara membuat tote bag simpel yang ketiga yaitu menambahkan interfacing. Caranya menempatkan interfacing dengan menekan sisi yang buruk/kasar dari kain interfacing tersebut ke kain katun bagian luar tote bag.

Tip: selalu ikuti petunjuk pabrikan dari interfacing yang kamu gunakan. perhatikan cara memanaskan dan menempel interfacing. 

Gabungkan sisi kain luar bersama-sama dengan posisi berhadapan, dan jahit lurus 1/2" jahitan dari tepi kain. Jahit di sepanjang sisi kanan, kiri dan bagian bawah

Catatan: Biarkan bagian atas dan dua sudut yang dipotong tidak terjahit. 

Menambahkan interfacing dalam membuat tote bag Paling simpel
memasang-interfacing-via-hgtv-com

4. Membuat Sudut 

Membuat sudut tote bag merupakan bagian dari cara membuat tote bag paling simpel. Jepit celah di sudut yang sudah dipotong, sejajarkan sisi dan jahitan bawah di tengah. Pastikan kedua kain lurus dan jahit dengan jahitan 1/2" dari tepi kain, seperti gambar di bawah. Langkah ini menambah kedalaman tas dan menciptakan alas yang rata.

Menjahit sudut dalam cara membuat tote bag paling simpel
Menjahit-sudut-via-hgtv-com

5. Ulangi untuk kain bagian dalam

Gabungkan sisi kanan persegi panjang kain bagian dalam (liner) dan ulangi langkah di atas. 

6. Gabungkan kedua lapisan kain dan Pin menggunakan peniti

Balikkan kain bagian dalam dengan sisi kanan keluar dan letakkan di dalam kain luar sehingga sisi kanan menyatu. Selipkan tali kanvas di antara kain dalam dan kain luar, sehingga menjadi dua tepi. 

Satu menghadap ke depan dan tepi lainnya menghadap ke belakang tas. Sematkan ujung setiap tali kanvas kira-kira empat inci dari jahitan samping lalu tempelkan ujung kain di sekeliling bukaan tas. Lakukan seperti gambar di bawah.

Menggabungkan kain dalam cara membuat tote bag paling simpel
Menggabungkan-kedua-lapisan-via-hgtv-con

7. Menjahit bukaan tote bag

Mulai dari jahitan samping, jahit tote bag dengan jahitan 1/2" hampir di sekeliling tote bag, hentikan 4" sebelum titik awal . Jahitan ini harus menangkap atau mengenai keempat ujung tali kanvas dan menyisakan ruang yang cukup untuk membalikan bahan.

8. Membalikan dan Tekan 

Membalikan bahan yang telah dijahit tadi denga cara menarik kedua kain dan tali melalui celah 4 " tadi, balikkan tote bag ke luar. Tekan perlahan dengan setrika hangat untuk menghilangkan kerutan. 

9. Jahit bagian Atas dan Selesai 

Langkah terakhir dalam cara membuat tote bag paling simpel
Finishing-via-hgtv-com

Jahit bagian atas di seluruh bukaan tote bag untuk menyelesaikan bagian tepinya. Jahitan Ini juga akan membantu memperkuat tali kanvas dan menutup celah yang tersisa dari langkah sebelumnya.

Demikian cara membuat tote bag paling simpel, bahkan pemula pun bisa mempraktekannya. Dengan mengetahui cara membuat tote bag, semoga kamu bisa membuat tote bag sebanyak-banyaknya sebagai koleksi ataupun produksi untuk dijual kembali.

Ada saran atau ide, tulis dikolom komentar ya. Semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tote Bag paling Simpel dan Praktis, Pemula Pun Bisa "