Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik NFT, Penting Untuk Diketahui!

kelebihan dan kekurangan hidroponik NFT

 Kelebihan dan kekurangan sisten hidroponik NFT akan menjadi informasi yang bermanfaat, terutama untuk anda penggiat sistem pertanian secara hidroponik. Sudahkah anda mengerti bagaimana sistem hidroponik NFT itu?

 Budidaya tanaman dengan cara bertanam hidroponik sistem NFT kali pertama dikembangkan di tempat bernama Glasshouse Crops Research Institute yang berlokasi di Inggris. Adalah Dr. A.J. Cooper yang mengaplikasikan metode tanam NFT dengan memposisikan akar tanam pada lapisan nutrisi dangkal.

 Hal ini akan memenuhi keperluan tanaman atas air, oksigen, dan nutrisi secara maksimal. Selanjutnya, nutrisi akan dialirkan secara berkala memakai pompa air ke akar tanam. Selain itu, terdapat susunan pipa yang membuat aliran semakin efektif.

 Kemudian, pemenuhan oksigen dalam sistem hidroponik NTF juga tidak sama dengan jenis hidroponik lainnya. Sehingga, Anda yang ingin mengaplikasikan metode ini untuk budidaya tanaman harus kenal lebih dalam tentang kelebihan maupun kekurangannya sebagai bentuk antisipasi. Berikut ini ada detail mendalam seputar sistem hidroponik NFT.

Kelebihan dan kekurangan hidroponik NFT 

contoh hidroponik nft

 Berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurang hidroponik NFT.

Kelebihan sistem hidroponik NFT

1. Air yang tercukupi

 Kelebihan dan kekurangan hidroponik NFT yang pertama yaitu berkaitan dengan air. Pemenuhan air dapat dilakukan dengan stabil, mudah, dan baik. 

 Hal tersebut dikarenakan air dialirkan secara terus menerus. Tentu saja kelebihan sistem hidroponik NFT ini akan membuat tanaman tumbuh dengan baik karena tidak kekurangan cairan dan mampu menyerap nutrisi yang lebih banyak dibandingkan jika tanaman memakai sistem hidroponik lainnya.

2. Cepat panen

 Kelebihan hidroponik dengan sistem NFT ini mempengaruhi masa panennya. Menerapkan sistem hidroponik NFT pun akan mempercepat masa panen tumbuhan. 

 Anda yang ingin mendapatkan hasil banyak dari berkebun atau budidaya patut mengaplikasikan metode ini. Terutama bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis lewat cocok tanam.

3. Nutrisi terkontrol

 Kelebihan hidroponik sisten NFT yang lainnya yaitu nutrisi terkontrol. Hidroponik NTF akan memudahkan Anda dalam pengontrolan. 

 Maka tak heran kalau cara ini kerap dipilih untuk penelitian tertentu dan ilmuwan pun bisa mengamati kondisi tanaman hingga nutrisi yang terserap. Nutrisi tadi akan ditempatkan dalam wadah untuk memudahkan proses pengamatan tanpa harus dilakukan selama berulang kali;

4. Aliran air dan nutrisi stabil

 Kelebihan lain yang akan Anda peroleh dari cara bertanam hidroponik sistem NTF adalah aliran stabil dengan satu jalur nutrisi yang seragam. Dengan begitu, tanaman yang Anda budidayakan pun akan memperoleh jatah nutrisi secara merata. Pertumbuhannya pun akan menjadi optimal karena tidak ada yang mendominasi. 

Kekurangan sistem hidroponik NFT

1. Peralatan hidroponik NFT lebih mahal

 Kekurangan sistem hidroponik NFT yang pertama yaitu peralatan hidroponik NFT lebih mahal, Untuk mengaplikasikan sistem hidroponik NFT, Anda harus menyiapkan budget yang lumayan besar karena harga alat dan bahannya yang mahal. 

 Ada sejumlah penjual yang menyediakan alat-alat untuk NFT dengan harga yang lebih murah, tetapi hal tersebut tidak bisa menekan dana pembuatannya. Apalagi alat-alat seperti pompa, tempat penanaman, dam tandon nutrisi yang harganya tidak murah

2. Butuh keterampilam lebih

 Apa kelemahan sistem NFT?, dalam sistem NFT dibutuhkan keterampilan yang tinggi dan mumpuni untuk memakai sistem hidroponik NFT. Hal ini dikarenakan NFT merupakan sistem yang pembuatan hingga pengoperasiannya sangat rumit, terutama saat memeriksa kondisi air dan nutrisi pada tanaman. Bagi Anda yang masih pemula di bidang budidaya sebaiknya tidak memilih sistem ini karena risiko kegagalannya yang besar.

3. Mebutuhkan aliran listrik stabil

 Sistem hidroponik sangat tergantung pada listrik demi menjalankan sistemnya. Jika pasokan listrik tidak bagus atau sering mati, maka tumbuhan juga tidak akan mendapatkan aliran nutrisi dan air yang memadai. Anda yang tetap ingin menggunakan NFT dianjurkan untuk mempunyai sistem pengaliran listrik yang stabil;

4. Rentan terkena penyakit

 Kekurangan hidroponik NFt yang lainnya yaitu peluang tanaman terkena penyakit lebih besar, apalagi kalau penyakit tersebut sudah berada di bagian akar. Aliran nutrisi yang terintegrasi lantas membawa penyakit tersebut dengan cepat masuk ke dalam tanaman. Jika tidak diantisipasi dengan cepat, maka tanaman pun tidak akan berkembang dengan baik atau bahkan mati. 

Demikian beberapa penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan hidroponik NFT yang dapat dipertimbangkan!. Semoga bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik NFT, Penting Untuk Diketahui!"