7 Cara Menanam Bunga Bougenville di Rumah, Membuat Rumah Jadi Cantik

Cara menanam bunga bougenville

 Bunga kertas atau dikenal juga sebagai bougenville ialah tanaman hias terkenal, bunganya cantik dan cara menanam bunga bougenville tergolong sangat mudah.

 Bougenville sering dikatakan sebagai bunga kertas karena kelopak bunganya yang paling tipis seperti struktur kertas. Bunga ini terbagi dalam banyak jenis tipe yang bisa diperbedakan berdasar warna daunnya dan bunga.

 Cara menanam bunga bougenville umumnya dilaksanakan dengan cara stek atau ikat pisah dengan persyaratan ditanamkan pada media yang subur dan berkadar pH tinggi.

Cara Menanam Bunga Bougenville Gampang dan Cepat Berbunga

Cara menanam bunga bougenville


 Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara menanam bunga bougenville di rumah dengan berbagai metode 

1. Cara Menanam Bunga Kertas dengan Stek Batang

 Cara menanam bunga bougenville yang pertama yaitu dengan metode stek tangkai. Tanaman bunga bougenville bukan tipe tanaman yang gampang ditanamkan lewat biji, hal yang lain, atau umbi. Cara termudah dan bisa dibuktikan baik yaitu dengan memakai tehnik stek batang.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, simak jika ingin berhasil!

 Mulai dengan pilih dan menggunting tangkai bunga yang telah dewasa. Potong tangkai itu dengan cara lancip dan menyerong. Oleskan potongan bawang merah ke bekas potongan batang bougenville yang akan ditanam. 

 Manfaat bawang merah tersebut ialah sebagai zat perangsang tumbuh akar alami untuk batang bougenville, ini juga berlaku untuk tanaman lain yang ditanam menggunakan metode stek batang.

 Lalu tusukkan tangkai itu pada tempat tanam yang subur dan memiliki kadar pH tinggi dengan kedalaman sekitaran 3-5 cm.

 Kerjakan proses ini pada malam atau pagi hari supaya tanaman bunga kertas lebih gampang tumbuh berbunga lebat dan subur.

2. Cara Menanam Bunga Kertas Lewat Media Kombinasi

 Cara menanam bunga bougenville lainnya yaitu lewat media kombinasi. Media kombinasi dianggap sebagai tehnik yang bisa dibuktikan ampuh. Media kombinasi memiliki kandungan pasir yang menjadikan memiliki sifat porous (berpori-pori) dan ini benar-benar dicintai oleh tanaman bunga kertas. 

Baca juga : cara merawat tanaman bunga mawar, simak jika ingin lebat bunganya!

 Pori-pori itu berperan untuk mempermudah udara masuk ke tempat tanam serta lebih efisien mempernyerap air untuk jaga kandungan kelembapan. Tipe pasir yang bisa dibuktikan paling efisien untuk jadi media kombinasi ialah pasir malang.

Tempatkan pasir itu di bagian bawah tempat tanam dengan ketetapan sepertiga dari tinggi pot.

Cara menanam bunga bougenville penghias rumah

3. Cara Menanam Bunga bougenville dengan sambung pucuk

 

Cara menanam bunga bougenville

 Tanaman bunga bougenville selalau tinggi peminatnya, karena warna bunganya yang cantik dan menarik, tetapi cuman satu warna saja tiap tipenya. Untuk membuat warna yang bermacam, kombinasi dari beberapa macam, kamu dapat coba tehnik sambung pucuk.

Baca juga : cara menanam bonggol aglonema agar tumbuh subur dan tidak busuk

 Tehnik ini jadi tehnik terkenal dalam cara menanam bunga bougenville sebab bisa menjadikan satu beragam tipe untuk membuat banyak warna. Tetapi anda harus betul-betul siap dan percaya untuk lakukan tehnik ini ingat triknya yang cukup susah.

4. Potong Tanaman Secara Teratur

  Pada intinya tiap tumbuhan harus dipotong dengan teratur, karena dari pemotongan itu dapat terbentuk lingkungan micro yang bagus untuk pertumbuhan. Tetapi pemotongan masih tetap ada ketentuannya yang perlu disamakan tipe tanaman.

 Untuk tanaman bunga kertas, pangkaslah dengan teratur di bagian ranting atau cabang yang telah terlampau panjang dan mempunyai daun yang lebat. Daun yang banyak bisa menghalangi perkembangan bunga karena nutrisinya akan disalurkan ke daun-daun itu.

5. Cara Menjaga Tanaman Bunga Kertas

 Aspek terpenting yang memengaruhi perkembangan tanaman bunga kertas ialah intensif air yang cukup. Maknanya, kamu harus teratur menyirami tanaman ini secara cukup dan teratur untuk jaga kelembapannya saja.

 Tetapi, ada periode di mana tanaman ini tidak memerlukan air dan keadaan ini diikuti saat kuncup bunga mulai berkembang. Periode itu dikenali dengan periode kering yang durasi waktunya berjalan sekitaran empat hari.

Baca juga : 11 Tanaman hias outdoor yang midah dirawat dan tahan panas

6. Pemupukan

 Cara menanam bunga bougenville selanjutnya yaitu pemupukan. Kerjakan pemupukan dengan teratur untuk jaga tanaman ini masih tetap tumbuh subur. Pupuk yang dipakai dapat berbentuk pupuk organik atau pupuk kompos dengan ukuran secukupnya. Jauhi pemakaian pupuk non-alami atau buatan karena buruk untuk perkembangan tanaman ini.

7. Penangkalan Hama

 Bila terjadi serangan hama, biasanya jamur, kamu wajib melakukan perawatan intens dengan memakai fungisida. Penangkalan hama merupakan hal penting dalam cara menanam bunga bougenville.

 Kutu putih merupakan salah satu hama yang sering serang tanaman ini. Untuk membasminya kamu dapat membuat ramuan rumahan dari cabe rawit atau bisa juga memakai kapur ajaib.

 Demikian ulasan mengenai cara menanam bunga bougenville di rumah. variasi warna yang sangat beragam membuat bunga bougenville di gemari banyak orang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "7 Cara Menanam Bunga Bougenville di Rumah, Membuat Rumah Jadi Cantik"