9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Termudah

cara membasmi hama semut pada tanaman cabe

 Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe penting untuk anda ketahui. Semut adalah serangga termudah yang dapat dijumpai dan kerap ada disekitar manusia.

 Serangga yang ini umumnya bisa ditemui dimana saja, baik di pelataran, di rumah, di tempat pertanian, di kebun, sampai di dahan pohon atau tanaman lainnya. Secara umum semut memiliki spesies sekitaran lebih kurang 12.000 tipe, beberapa besarnya menguasai hidup di teritori tropical.

 Semut tipe apa saja sebagai serangga sosial yang biasanya membuat koloni dan mempunyai sarang-sarang teratur yang dengan anggota beberapa ribu semut tiap koloni.

 Bahkan juga satu koloni bisa membuat sekitaran lebih kurang 15-20% jumlah biomasa hewan-hewan besar. Hingga tidaklah aneh jika kita dapat menemui semut selalu berjejer dan berkerubung pada sebuah tempat. Seperti semut yang menyenangi hidup di tanaman cabe.

 Komunitas semut yang berada tinggal di tanaman cabe cukup menggelisahkan beberapa pembudidaya. Oleh karenanya, mereka berusaha untuk menangani atau bahkan juga membasmi serangga yang satu ini. 

Cara membasmi semut pada tanaman cabe itu tidak begitu susah, dapat dengan menggunakan bahan kimia atau bahan alamiah yang sederhana. Seperti keterangan berkenaan 9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Simpel yang penting anda ketahui

9 Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe dengan mudah

cara membasmi hama semut pada tanaman cabe

1. Memakai Sabun Detergen Atau Sabun cuci Piring

 Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe selanjutnya yang cukuplah sederhana dengan bahan yang gampang dijumpai adalah dengan memakai sabun. Sabun sebagai salah satu bahan surfaktan yang kerap digunakan sebagai pencuci dan pembersih tubuh atau benda lainnya.

 Selain sebagai pencuci benda sabun dapat dipakai untuk membasmi semut. Triknya benar-benar gampang, yakni dengan menyemprot larutan sabun ke pada tanaman yang terserang semut.

Baca juga : tanaman yang menjanjikan masa depan, simak jika ingin sukses

2. Memakai Buah Ketimun

 Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe dapat dilakukan dengan memakai bahan natural serta cukuplah sederhana, bahkan juga anda dapat mendapatinya di toko sayur. Ya buah ketimun, sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk menangani semut yang berada di tanaman cabe.

 Cara ini cukup termasuk aneh. Namun, realitanya ketimun salah satunya tipe buah yang memanglah tidak dicintai oleh semut. Anda dapat coba dengan cara menempatkan potongan buah ketimun disekitaran tanaman cabe atau di lokasi yang kerap dilaalui oleh semut. Triknya memang lumayan gampang, hingga anda dapat cobanya sekarang.

cara membasmi hama semut pada tanaman cabe

3. Menggunakan Cuka

 Cuka atau dikatakan sebagai asam aseta/asam cuka ialah senyawa kimia asam organic umumnya dipakai sebagai menambah rasa asam dan wewangian paada makanan. Cuka mempunyai rasa yang paling asam dengan aroma yang menyengat.

 Rasa dan berbau menusuk itu membuat serangga satu diantaranya semut tidak menyukai cuka. Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe dengan cuka yakni dengan cara menyemprot cuka pada tanaman yang dikerumuni semut.

Baca juga : Membuat kebun sayur di lahan sempit, penting untuk pemula!

4. Menggunakan Juice Lemon

 Dengan Cara Simpel berikutnya yakni dengan cara memakai juice lemon. Beberapa orang benar-benar menyukai juice lemon, namun selain digunakaan untuk menyegarkaan dahaga. Juice lemon bisa juga digunakan untuk membasmi semut yang serang tanaman cabe. Kenapa memakai juice lemon? Ya karena juice lemon memiliki rasa yang cukup asam, hingga membuat semut tidak menyenangi rasa itu.

5. Memakai Boraks

 Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe selanjutnya ialah menggunakan boraks. Boraks sebagai satu bahan yang dibuat dari kombinasi garam mineral dengan fokus yang paling tinggi. Di dunia industry bahan yang ini kerap dipakai sebagai pembersih, pengawet kayu, solder, pengatur kecoa dan antiseptic kayu.

 Sementara di dunia pertanian, boraks kerap digunakan sebagai pupuk pemroduksi sumber elemen boron. Bukan hanya berguna di dunia industry dan pertanian saja, sebetulnya boraks jugaa dapat dipakai sebagai bahan penghilang semut.

 Triknya lumayan gampang yaitu dengan cara menambah boraks dengan gula pasir, selanjutnya ditaburkan ke tanaman cabe yang diserang. Anda juga bisa meleburkan kombinasi borak dan gula pasir sama air bersih, selanjutnya disemprot pada tanaman yang terserang semut.

Baca juga : 3 pupuk cabe rawit agar buahnya lebat

6. Menggunakan Serbuk Kopi

 Bubuk kopi dipercayai bisa membasmi hama semut pada tanaman cabe atau satu lokasi yang kerap dilalui oleh semut. Walau belumlah diketahui pemicu tentu argumen semut membenci bahan yang satu ini. Anda dapat memakai bahan ini dengan menaburkan bubuk kopi pada tempat yang terserang semut. Karena itu semut sendirinya akan menjauhi tempat itu.

7. Menggunakan Bubuk Lada

 Selain memakai bubuk kopi, cara membasmi hama semut pada tanaman cabe lainnya yaitu menggunkan buuk lada. Bahan dapur yang lain seperti bubuk lada bisa juga anda coba untuk membasmi koloni semut.

 Lada umumnya dipakai sebagai bahan menambah cita-rasa masakan dan dapat dipakai sebagai bahan alamiah penghilang semut. Triknya lumayan gampang, taburkaan bubuk lada di bagian tanaman yang terserang atau juga bisa menyemprot langsung ke tanaman yang terserang keramaian semut.

8. Menggunakan Garam Dapur

 Bahan dapur yang lain yang bisa dipakai sebagai pembasmi semut yakni garam dapur. Bahan yang ini benar-benar gampang diketemukan, bahkan juga semuanya orang tentu memiliki di dapur.

 Garam bisa dipakai dengan melarutkannya menggunakan air selanjutnya disemprot langsung pada tempat atau tanaman yang terserang semut.

baca juga : Cara menanam bonggol aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak

9. Menggunakan Tanah Diatom

 Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe yang terakhir yaitu menggunkan tanah diatom. Tanah diatom yang mempunyai nama lain diatomaceous eart sebagai tipe batu sedimen siliki (kiesegur).

 Yang kerap digunakan untuk membasmi kutu pada hewan piaraan. Tetapi, jika ingin memakainya anda perlu merogoh kantong sedikit dalam, karena harga cukup mahal.

 Demikian pembahasan mengenai Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe yang dapat anda coba di dalam rumah untuk menangani semut yang serang tanaman. Mudah-mudahan bisa menambahkan wawasan, semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Termudah"