9 Cara memunculkan Warna Merah Pada Aglaonema, Penting Untuk Pemula!

cara memunculkan warna merah pada aglaonema

 Cara memunculkan warna merah pada aglaonema akan menjadi hal menarik untuk dibahas, terutama untuk anda pecinta tanaman hias yang satu ini. Ingin tahu bagaimana menjaga Aglaonema Anda tetap hidup dan semakin menarik? Ikuti Tips Perawatan Aglaonema ini untuk Tetap Merah dan Mengkilap sepanjang tahun!

 Red Aglaonema adalah salah satu tanaman hias terbaik yang bisa Anda tanam, karena dedaunannya yang merah dan mengkilap. Untuk memastikannya tetap memukau sepanjang waktu, kami memiliki beberapa cara memunculkan warna merah pada aglaonema agar tetap menarik dan mengkilap.

Cara memunculkan warna merah pada aglaonema agar lebih menarik

1. Pilih Varietas yang Tepat

cara memunculkan warna merah pada aglaonema

 Cara memunculkan warna merah pada aglaonema yang pertama tentunya dengan melilih varietas yang tepat. Yah, tidak ada ilmu instan di balik warna merah mengkilap aglaonema! Untuk menikmati warna cerah, tumbuhkan varietas yang menawarkan daun paling merah! Pilih Red Emperor, Red Zircon, Siam Aglaonema, Ultra Pink, Red Emerald, dan Super Red Star.

baca juga : Cara menanam bonggol aglaonema agar cepat tumbuh dan subur

2. Menyiram dengan Hati-hati

 Menyiram menjadi salah satu cara memunculkan warna merah pada aglaonema. Aglaonema lebih menyukai tanah yang lembab tetapi tidak boleh terlalu basah. Menyiram tanaman terlalu sering akan membuatnya kehilangan kilau dan warna daun. Biarkan tanah lapisan atas mengering sebelum penyiraman berikutnya tetapi jangan biarkan tanaman mengering sepenuhnya.

Baca juga : Cara merawat daun aglaonema agar mengkilap, Penting diketahui!

3. Bersihkan Dedaunan

Cara terbaik untuk memastikan dedaunan merah mengkilap terlihat memukau adalah dengan menyekanya dengan kain lembut yang lembab sekali dalam 5-7 hari. Ini akan menjaga debu dari daun, membuat tanaman selalu terlihat menarik dengan warna yang dalam!. 

cara memunculkan warna merah pada aglaonema agar tetap merah dan mengkilap sepanjang waktu

4. letakkan di tempas yang pas

 Meletakan aglaonema di tempat yang pas juga menjadi salah satu cara memunculkan warna merah pada aglaonema. Aglaonema adalah tanaman cahaya rendah yang populer tetapi untuk mempertahankan rona merah tua pada daun, penting untuk mendapatkan sedikit sinar matahari pagi selama 2-4 jam setiap hari. Pastikan tidak terkena sinar matahari sore yang terik.

baca juga : 5 Media tanam aglaonema agar akar tidak mudah busuk

5. Awasi Suhu

cara memunculkan warna merah pada aglaonema

 Jangan memaparkan tanaman pada suhu di bawah 50 F (10 C) karena dapat menyebabkan bercak gelap pada dedaunan, yang akan merusak tampilan warna merah. Ingat bahwa paparan suhu dingin menghasilkan tepi coklat atau melengkung pada dedaunan. 

 Suhu ideal untuk pertumbuhan halus aglaonema adalah 60-80 F (15-27 C). Oleh karena itu suhu menjadi hal penting dalam cara memunculkan warna merah pada aglaonema.

6. Perhatikan Kelembaban

 Menjadi tanaman tropis, aglaonema tumbuh dengan baik dalam suasana lembab dan hangat. Anda dapat meniru kondisinya dengan menyimpannya di nampan berisi kerikil dan air. Pastikan ketinggian air tidak di atas kerikil. Tanaman akan memiliki warna merah yang indah antara kelembaban 50%-60%.

Tip: Kelompokkan tanaman secara berdekatan untuk meningkatkan kelembapan di udara sekitar. Trik ini juga berguna jika berada jauh dari rumah selama beberapa hari.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk simak apa saja itu!

7. Beri pupuk yang tepat

 Cara memunculkan warna merah pada aglaonema dengan memberikan pupuk yang tepat. Soal pupuk, Aglaonemas tidak menuntut sama sekali. Anda dapat meningkatkan pertumbuhan dan warna merah dedaunan dengan memberi makan tanaman dengan campuran 19:19:19. Lihat label untuk dosis.

Dosis emulsi ikan atau rumput laut juga akan membantu dalam menghasilkan warna yang cerah.

Baca juga : Cara mengatasi hama tikus dengan oli bekas, dijamin ampuh!

8. Garam Epsom

 Garam epsom baik sekali untuk memunculkan warna merah pada aglaonema. Gunakan garam Epsom sebagai pupuk untuk tanaman aglaonema Anda sehingga dapat menyerap nutrisi dengan baik.

 Garam epsom mengandung magnesium, yang meningkatkan penyerapan nutrisi dasar yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan warna merah tua. Ini juga mencegah keriting daun dan dedaunan kuning yang terjadi karena kekurangan magnesium.

9. Gunakan Pot yang Tepat

Aglaonema suka sedikit terikat akar, jadi jangan pindahkan ke wadah besar. Selalu pilih tanaman satu ukuran lebih besar saat pot ulang.

 Demikian ulasan mengenai cara memunculkan warna merah pada aglaonema. Mungkin masih banyak lagi cara lain untuk memunculkan warna merah pada aglaonema, anda bisa mengaplikasikannya pada tanaman hias kesukaan anda. Semoga bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "9 Cara memunculkan Warna Merah Pada Aglaonema, Penting Untuk Pemula!"