5 Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar Penting Diketahui!

 

cara menanam lidah buaya agar cepat besar

 Lidah buaya memang mempunyai banyak faedah untuk tubuh kita, tetapi tahukah kamu cara menanam lidah buaya agar cepat besar? Yuk, baca artikel berikut ini!

 Lidah buaya atau aloe vera ialah tanaman asli wilayah tropis. Namun, walau kamu tinggal di wilayah daratan tinggi atau dingin, kamu bisa juga menanam tanaman lidah buaya yang cantik dan sehat dalam ruangan. Di wilayah dingin, umumnya lidah buaya ditanam dalam pot dengan media tanam berbentuk kombinasi tanah khusus yang dibuat untuk tanaman sukulen.

 Tanaman sukulen sebagai tanaman yang komunitas aslinya ada di wilayah kering dan hangat, hingga lidah buaya cukup disiram saat tanahnya benar-benar kering. Lidah buaya mempunyai lebih dari 300 tipe, tetapi salah satunya tipe yang paling sering digunakan untuk berkebun ialah tipe Aloe barbadensis.

 Tanaman lidah buaya yang sehat akan tumbuh subur dan hasilkan ‘anakan' yang dapat dipisah dari induknya dan dapat kamu tanam di pot lain.

 Menanam lidah buaya agar cepat besar tidak dapat dikatakan terlalu susah dan terlalu gampang. Maka kamu harus ketahui dengan pasti cara menanam  lidah buaya agar cepat besar, tumbuh subur dan dapat diambil manfaatnya.

5 Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar

cara menanam lidah buaya agar cepat besar

 Kemungkinan kamu terpikirkan untuk coba menanam lidah buaya di pelataran rumah, tetapi karena keterbatasan tempat kamu jadi malas untuk menanamnya karena cemas tanaman tidak bertahan lama. Nach, berikut berbagai cara menanam lidah buaya agar cepat besar.

baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, penting diketahui!

1. Persiapkan Pot dan Tanaman

 Cara menanam lidah buaya agar cepat besar yang pertama yaitu mempersiapkan pot dan bibit tanaman lidah buaya. Taruh lidah buaya ke pot yang mempunyai drainase baik. Pakai pot dengan diameter dari 1 sampai 2 inch lebih besar dari akar lidah buaya.

2. Tanam Bibit Lidah Buaya

 Galilah tempat tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Seharusnya, kamu tidak boleh terlampau dalam mengeruk karena lidah buaya mempunyai akar yang lebih pendek dan menebar disekitaran tempat dekat sama permukaan.

baca juga : Cara menanam bonggol aglaonema agar cepat tumbuh dan subur

3. Yakinkan Lidah Buaya Mendapatkan Cahaya Matahari yang Cukup

 Cara menanam lidah buaya agar cepat besar selanjutnya dengan memastikan lidah buaya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jaga tanaman lidah buaya supaya tidak terkena cahaya matahari langsung karena bila tanaman lidah buaya terkena cahaya matahari langsung, tanaman akan berbeda warna jadi putih sampai cokelat muda secara tiba-tiba.

 Lidah buaya sebagai tanaman peka pada peralihan temperatur yang dratis. Oleh karenanya, jauhi lidah buaya dari sirkulasi atau pintu, khususnya saat musim dingin.

cara menanam lidah buaya agar cepat besar

4. Siram Lidah Buaya Satu Kali dalam 2-3 Minggu

 Penyiraman yang tepat  juga termasuk dalam cara menanam lidah buaya agar cepat besar. Lidah buaya terhitung tanaman sukulen seperti kaktus.

 Walau tanaman ini bisa simpan air dalam saat yang lumayan lama, tapi kamu tetap harus menyiraminya. Siram tanaman lidah 1x di dalam 2-3 minggu dan yakinkan lebih dulu tempat tanam lidah buaya betul-betul kering saat sebelum disiram air.

 Saat menyirami tanaman, yakinkan tanah seutuhnya basah dan air bisa mengucur bebas dari tanah karena bila terjadi terjadi penimbunan atau kebanyakan air, lidah buaya bisa mati dan menguning.

Pakai jemari atau tusukan kayu untuk ketahui kelembapan tanah saat sebelum menyirami tanaman.

baca juga : 7 sayuran mahal cepat panen, sebulan bisa cuan!

 5. Beri Pupuk

 Cara menanam lidah buaya agar cepat besar yang terakhir yaitu pemberian pupuk. Walau lidah buaya biasanya tidak memerlukan pupuk, tetapi tidak ada kelirunya untuk memberi pupuk supaya percepat perkembangan tanaman dan jaga lidah buaya supaya tetap sehat dan elok.

 Beri pupuk organik sekali saja dalam satu tahun dengan ukuran yang tepat. Perkembangan dari tanaman lidah buaya benar-benar lamban. Bila merencanakan memetik daun lidah buaya untuk memperoleh gel, kamu dapat bisa menanam lidah buaya yang memiliki ukuran 6 sampai 8 inch dengan mempunyai 10 daun lebih.

baca juga : Manfaat lidah buaya, bisa untuk obat diabetes loh!

 Pilih daun yang ada di bawah bila ingin memetiknya karena memiliki kandungan gel yang lebih banyak. Kandungan dalam tanaman lidah buaya banyak memiliki faedah untuk kecantikan kulit dan kesehatan. Beberapa faedah lidah buaya diantaranya:

  • Menyembuhkan jerawat
  • Menyembuhkan cedera bakar
  • Tingkatkan kesehatan mulut
  • Tingkatkan pencernaan
  • Menahan keriput muka

 Demikian cara menanam lidah buaya agar cepat besar? Beberapa langkah di atas dapat kamu praktikkan langsung supaya tanamanmu bisa tumbuh subur dan cepat besar. Semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "5 Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar Penting Diketahui!"