Menurunkan Berat Badan Dengan Cuka Sari Apel dan Baking soda, Benarkah?

Cuka sari apel untuk menurunkan berat badan
benefit-of-apple-cider-vinegar-via-healthline-com


Apakah cuka sari apel dicampur dengan soda kue baik untuk menurunkan berat badan? Para ahli menyatakan keraguan atas efektivitas resep yang sedang tren ini.

Apple cider vinegar atau cuka sari apel, yang memiliki asam asetat sebagai komponen aktif utama, diketahui mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, juga mengatur lonjakan gula darah.

Penurunan berat badan tidak mudah dilakukan. Semua orang tahu dan memahami ini. Tetapi meskipun demikian, banyak orang dengan mudah tertarik pada cara dan trik yang tampaknya mudah.

Contohnya dengan mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan lemak, dan meminimalkan upaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.

Tetapi pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri, setiap kali Anda menemukan tren penurunan berat badan adalah "apakah itu aman untuk saya?" dan "akankah lebih banyak ruginya daripada kebaikannya?"

Tren penurunan berat badan terbaru yang ramai di dunia maya adalah campuran cuka sari apel dan soda kue. Ya, rupanya Anda harus mencampur kedua bahan dan meminumnya, untuk menurunkan berat badan. Tetapi haruskah Anda mencobanya? 

Ayo cari tahu.

Apa yang dikatakan tren

Ternyata mudah sekali. Campurkan dua sendok teh cuka sari apel dengan satu sendok teh soda kue dalam gelas, dan tambahkan air untuk mengencerkannya. 

Cuka sari apel yang memiliki asam asetat sebagai komponen aktif utama, diketahui mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, juga mengatur lonjakan gula darah. Banyak juga yang percaya bahwa ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan, meskipun beberapa ahli mengklaim tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung hal ini.

Soda kue, di sisi lain, dikenal sebagai antasid alami yang dapat membantu mencegah masalah terkait pencernaan. Kandungan soda kue ini a agen alkali yang dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih, meningkatkan fungsi ginjal dan meningkatkan kinerja olahraga. 

Manfaat penurunan berat badannya, sekali lagi, dikatakan kemungkinan manfaat yang didapat, karena memang belum bisa dipastikan.

Apa kata sains dan pakar

"Secara nutrisi, mengkonsumsi cuka sari apel dan baking soda secara individual memang memiliki manfaatnya," kata Akanksha Mishra, seorang ahli nutrisi dan kesehatan. “Penelitian mengenai manfaat penurunan berat badan dari bahan-bahan ini yang digabungkan bersama belum tersedia, jadi kami tidak dapat mengatakan secara meyakinkan apakah ini dapat membantu menurunkan berat badan atau tidak. Yang harus diperhitungkan adalah jumlah masing-masing minuman dan frekuensi Anda mengkonsumsinya. ”

Kedua faktor ini lebih penting karena mereka terkait langsung dengan kemungkinan efek samping yang mungkin dimiliki bahan-bahan ini. "Satu sendok teh soda kue dalam kue tidak sama dengan satu sendok teh soda yang dikonsumsi mentah," kata Mishra. "Tidak ada proses memasak yang terlibat, sehingga reaksi dalam tubuh Anda mungkin sangat berbeda."

Ini selaras dengan apa yang kita ketahui tentang soda kue - terlalu banyak mengonsumsi soda dapat menyebabkan alkalosis metabolik, suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak lagi dapat mengendalikan tingkat pH Anda, yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani.

Namun, ketika berbicara tentang kesehatan mulut, kedua bahan ini cenderung memiliki efek negatif daripada yang positif.

"Asam asetat dalam cuka sari apel dapat menurunkan lapisan luar gigi, yang disebut enamel," Dr Sonia Bhatt, seorang ahli bedah gigi, mengatakan. “Enamel melindungi saraf dan vena yang ada di dalam gigi, ketika lapisan ini rusak, gigi mengalami sensitivitas dan bahkan menimbulkan rasa sakit. 

Namun, cuka sari apel dalam jumlah sedikit atau encer tidak membahayakan "

Demikian pula, ada kesalahpahaman bahwa menggunakan soda kue dapat menyebabkan gigi lebih putih. Kenyataan yang benar adalah, soda kue bertindak sebagai abrasif yang mengikis lapisan atas gigi secara perlahan. Pengikisan enamel ini sulit untuk segera diketahui tetapi dirasakan ketika sensitivitas muncul "

Para ahli tidak menyarankan untuk mengkonbinasikan kedua bahan ini, dan menggunakannya dalam jangka waktu panjang.

Ramuan yang terbuat dari kedua bahan ini dapat mengikis enamel, sehingga menghasilkan sensitivitas dan gigi berlubang. Kontak gigi yang lama dengan keduanya, baking soda dan cuka sari apel juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Apa yang harus Anda lakukan

Seperti yang Anda inginkan, keberadaan "tonik" atau trik penurunan berat badan yang sempurna mungkin tidak pernah didukung oleh sains atau bahkan terbukti 100 persen aman atau berkelanjutan. 

Anda pasti dapat menyesuaikan diet Anda untuk meningkatkan metabolisme dan kemampuan menurunkan berat badan, dan ada beberapa diet efektif untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda pilih.


Anda harus rajin berolahraga, cukup tidur dan menjaga stres untuk kesehatan secara keseluruhan. Tetapi, sejauh tren cuka sari apel dan baking soda berjalan, yang terbaik adalah mengonsumsi jumlah yang ditentukan dari bahan-bahan ini secara individual, dengan persetujuan dokter, daripada menggabungkan keduanya.

Sampai penelitian membuktikan manfaatnya secara tegas. Sayangi tubuh anda, pilihlah program diet yang aman, jelas keberhasilannya dan tidak membahayakan diri sendiri.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Menurunkan Berat Badan Dengan Cuka Sari Apel dan Baking soda, Benarkah?"