Pola Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Berbagai Jenis Penyakit


pola-hidup-sehat-via-doktersehat-com

Setiap orang mendambakan hidup sehat tanpa penyakit. Tapi terkadang kesibukan membuat kita lupa untuk memikirkan kesehatan tubuh kita sendiri.

Seringkali kita terlalu sibuk dengan pekerjaan, sampai akhirnya tubuh kita menjadi rentan dengan berbagai jenis penyakit. Kalau sudah sakit, kita sendiri yang rugi, kegiatan yang biasa dilakukan menjadi terhalang karena sakit.

Mungkin bahkan kita harus  berobat ke dokter, dan pastinya dibutuhkan biaya untuk itu. Yuk jaga pola hidup yang sehat. 

Pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang bisa anda terapkan

Minum air putih yang banyak



Minum-air-putih-via-harapan-rakyat

Sering sekali kita mendengar anjuran untuk minum air putih yang banyak. Air putih sangat penting untuk tubuh, bahkan kita dianjurkan untuk minum 8 gelas air putih dalam sehari.

Kenapa 8 gelas? , karena 8 gelas air putih itu setara dengan 2000 ml atau 2 liter, kadar air rata-rata yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan air anda dalam sehari.

Akibat kurang minum air putih bisa berdampak besar bagi tubuh anda. Misalnya dari dehidrasi, stres, sakit, dan banyak lagi. Gejala awalnya adalah haus berlebih hingga merasa lemas.

Perlu anda ketahui, minum air hangat lebih baik dibandingkan air dingin. Air hangat kaya akan manfaat seperti, melancarkan pencernaan, melegakan hidung tersumbat, hingga menurunkan berat badan.

Biasakan minum air hangat mulai sekarang ya.

Istirahat yang cukup


Istirahat yang cukup
istirahat-cukup

Dengan beristirahat berarti kita sedang mengistirahatkan tubuh dan organ-organ kita. Salah satu cara untuk istirahat yang baik yaitu dengan tidur yang cukup. 

Untuk orang dewasa, 8-9 jam adalah waktu tidur yang ideal. Banyak hal akan kita rasakan jika kita tidak cukup tidur seperti hilangnya konsentrasi dan masih banyak lagi seperti gambar berikut.

Bahaya-kurang-tidur-via-p2ptm-kemenkes-co-id

Usahakan untuk memenuhi waktu rata-rata yang dibutuhkan seseorang untuk beristirahat. Tapi jangan berlebihan juga ya. Menurut penelitian, tidur lebih dari 8 jam secara terus menerus dapat menurunkan konsentrasi seseorang. Atur waktu tidur anda sebaik mungkin.

Olahraga teratur


Senam bersama mahasiswa
senam-bersama-mahasiswa-via-kompas-com

Olahraga secara teratur terbukti bisa menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan imunitas, dan menurunkan resiko terkena penyakit. Pilihlah olahraga yang ringan tapi konsisten.

Misalnya saja, luangkan waktu pagi atau sore hari untuk lari-lari kecil disekitar komplek. 15-30 menit untuk berolahraga berarti anda telah menerapkan pola hidup yang sehat.

Anda juga bisa membuat grup senam kecil-kecilan, ajaklah grup anda untuk berolahraga senam secara rutin misalnya tiap pagi atau sore hari.

Dengan berolahraga secara teratur anda telah membantu tubuh anda terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi


Makanan bergizi
contoh-makanan-bergizi-via-tokopedia-com

Selain memenuhi kebutuhan cairan, pola makan sehari-hari juga harus kita jaga. Asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari sangat mempengaruhi kerja tubuh kita.

Seperti apa contoh asupan makanan yang sehat? 

Yang pertama makanan yang sehat harus memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna dan seimbang. Pastikan makanan yang anda konsumsi mengandung  karbohidrat, protein, vitamin dan juga lemak.

Bukan sembarang lemak yang dimaksud disini, tentu lemak yang baik seperti lemak yang berasal dari ikan, alpukat dan biji-bijian. Kurangi makanan yang mengandung pengawet dan gula.

Penuhi kebutuhan vitamin anda dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Disarankan oleh para ahli untuk mengkonsumsi 5-7 porsi buah dan sayur setiap harinya. Namun jika anda keberatan untuk melakukan hal tersebut, paling tidak sediakan tempat di piring anda untuk sayur. Konsumsi minimal satu jenis buah setiap harinya.

Hindari alkohol dan rokok


Dampak negatif alkohol
dampak-negatif-alkohol-via-p2ptm-kemenkes-go-id

Alkohol dan rokok, dua hal yang harus kita hindari. Ada informasi yang mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit mampu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Akan tetapi efek dari zat yang terkandung dalam alkohol berbahaya bagi tubuh kita. Seperti telah dijelaskan oleh kemenkes pada gambar di atas. Lebih baik konsumsi makanan lain yang lebih menyehatkan ya.

Dampak negatif rokok
dampak-negatif-rokok-via-p2ptm-kemenkes-go-id

Bagi anda yang masih merokok, pertimbangkan kembali kebiasaan yang satu ini. Karena jelas sekali zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Penelitian telah membuktikan, bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti stroke, serangan jantung, kanker paru-paru bahkan kanker mulut. Selain membahayakan diri sendiri, seorang perokok juga membahayakan orang lain di sekelilingnya yang menjadi perokok pasif.

Penyakit yang menghantui perokok aktif juga bisa juga berlaku untuk perokok pasif. Sayangi diri dan orang sekeliling anda dengan mengurangi atau berhenti merokok.

Demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjalankan pola hidup yang sehat, agat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kesehatan anda sangatlah mahal harganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?. Perhatikan kesehatan anda mulai saat ini. 😉


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Pola Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Berbagai Jenis Penyakit"