10 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan, Mulai dari Kulit Sampai Organ Dalam.

Manfaat mentimun untuk kesehatan
benefit-of-cucumber-via-webMD-com


Anda sedang mencari artikel tentang manfaat mentimun untuk kesehatan?, tepat sekali, artikel ini akan membahas lengkap tentang berbagai manfaat timun untuk kesehatan tubuh kita.

Mentimun menjadi buah yang wajib untuk disajikan ketika makan, sebagi pelengkap atau lalapan. Mentimun juga sering kita jumpai dalam rujak dan acar.

Mentimun atau Cucumis Sativa L memiliki manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari kulit sampai organ dalam. Berbagai kandungan mentimun seperti vitamin seperti A, B, dan C; serta mineral yaitu, magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Disamping harganya yang relatif murah, mentimun juga kaya akan kandungan air dan nutrisi. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 3 liter (12 gelas) air setiap hari. Seperempat dari sumber air untuk tubuh berasal dari makanan yang kiat makan. Mentimun adalah sumber yang sangat baik.

Semua air dalam mentimun tidak hanya melembabkan sel-sel Anda. Tetapi juga membuat anda kenyang lebih lama dan itu dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

Secangkir mentimun yang diiris hanya mengandung 16 kalori. Itu artinya mentimun memiliki "kepadatan energi" yang sangat rendah. Orang yang makan lebih banyak makanan dengan kepadatan energi rendah, akan lebih mudah menurunkan berat badan.

Manfaat mentimun untuk kesehatan, mulai dari kecantikan kulit sampai menurunkan gula darah

Penelitian telah membuktikan bahwa memtimun kaya akan manfaat seperti potensi antidiabetes, antioksidan, sebagai pembersih racun dan limbah, melembabkan kulit dan mengatasi sembelit. Berikut beberapa penjelasan lengkap tentang manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh kita.

1. Kaya akan nutrisi

Mentimun kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh
mentimun-kaya-nutrisi-via-webMD-com

Mentimun memiliki rendah kalori tetapi banyak vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B dan C dan mineral seperti tembaga, fosfor, kalium, dan magnesium.

Dalam 300 gram mentimun terkandung nutrisi  sebagai berikut
  • Kalori: 45
  • Total lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14% dari RDI
  • Vitamin K: 62% dari RDI
  • Magnesium: 10% dari RDI
  • Kalium: 13% dari RDI
  • Mangan: 12% dari RDI
Sebaiknya konsumsi mentimun beserta kulitnya. Karena dalam kulitnya terdapat serat, vitamin dan mineral tertentu. Untuk memaksimalkan nutrisi yang bisa kita ambil dari mentimun. 

2. Menurunkan gula darah

Manfaat mentimun untuk menurunkan gula darah
Manfaat-mentimun-via-webMD-com

Manfaat mentimun untuk kesehatan yang kedua ialah dapat berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Kandungan nutrisi dalam mentimun dipercaya dapat  menurunkan gula darah atau mengontrol tingkat gula darah agar tidak terlalu tinggi.

Sebuah teori mengatakan bahwa cucurbitacins dalam mentimun membantu mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati, hormon utama dalam pemrosesan gula darah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kulit mentimun membantu mengelola gejala diabetes pada tikus. Ini mungkin karena kandungan antioksidannya.

Serat juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2, menurut American health association (AHA).

Mentimun memiliki skor rendah pada indeks glikemik (GI). Ini berarti mentimun memberikan nutrisi penting tanpa menambahkan karbohidrat yang dapat meningkatkan glukosa darah.

3. Kesehatan tulang

Manfaat mentimun untuk kesehatan tulang
menjaga-kesehatan-tulang-via-sehatq-com

Vitamin K membantu pembekuan darah, dan dapat mendukung kesehatan tulang. Segelas mentimun mentah cincang 142 gram (g) memberikan 10,2 mikrogram (mcg) vitamin K, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Rekomendasi dari Pedoman diet 2015-2020 orang Amerika tentang asupan sebagai beriukt:
  • 90 mcg sehari untuk wanita berusia 19 tahun ke atas
  • 120 mcg untuk pria dengan usia yang sama
Mentimun juga mengandung 19,9 miligram (mg) kalsium. Orang dewasa membutuhkan 1.000-1.200 mg kalsium sehari, tergantung jenis kelamin dan usia.

Vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Penggabungan nutrisi ini dapat berkontribusi untuk kesehatan tulang yang baik.

Vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang. 

4. Perawatan kulit

Manfaat timun untuk kesehatan kulit
manfaat-masker-timun-via-womantalk-com

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa nutrisi mentimun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Menerapkan irisan mentimun langsung ke kulit dapat membantu mendinginkan dan menenangkan kulit serta mengurangi pembengkakan dan iritasi. 


Mentimun dapat meringankan kulit yang terbakar. Jika mentimun diletakan pada mata dimalam hari, ia dapat membantu mengurangi bengkak di pagi harinya.

Tips kecantikan mentimun lainnya termasuk:

  1. Sebagai Toner : Blender dan saring mentimun untuk mendapatkan jus yang bisa anda gunakan sebagai toner alami. Sapukan pada kulit, biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Mentimun mungkin memiliki sifat astringen, dan dapat membantu membersihkan pori-pori.
  2. Masker wajah: Campurkan jus mentimun dan yogurt dengan takaran  yang sama, untuk membuat masker wajah yang membantu mengurangi kulit kering dan komedo.

Mentimun aman bagi kebanyakan orang untuk digunakan pada kulit. Cobalah sedikit dulu, jika kulit tidak mengalami reaksi yang merugikan, mungkin aman digunakan.

5. Sebagai Antioksidan

Manfaat mentimun sebagai antioksidan
mentimun-sebagai-antoksidan-via-webMD-com

Bahan kimia kecil yang disebut antioksidan ini membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan, karena zat-zat yang terbentuk dalam tubuh Anda yang disebut "radikal bebas". Mentimun memiliki kandungan  antioksidan yang kompleks, diantaranya ialah flavonoid, lignan, dan triterpen.

Mereka tidak hanya melindungi sel tetapi juga mengurangi peradangan yang terkait dengan radang sendi dan kondisi jangka panjang lainnya. Banyak sekali manfaat mentimun untuk kesehatan.

6. Hidrasi

Manfaat mentimun untuk menjaga hidrasi tubuh
hidrasi-tubuh-via-kompas-com

Mentimun mengandung 95 persen air, ini membuat mentimun buah yang tepat untuk dikonsumsi supaya tubuh tetap terhidrasi, dan membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Secangkir irisan mentimun "hampir memuaskan dahaga seperti segelas air," menurut majalah Eating Well.

Mereka mengatakan kita bisa mendapatkan 20-30 persen dari kebutuhan cairan kita melalui diet kita sendiri, dan makanan seperti mentimun tentu saja sangat membantu. Tidak hanya kandungan airnya tinggi, mereka juga mengandung nutrisi penting yang berperan dalam hidrasi seperti magnesium dan kalium.

Mentimun mengandung senyawa anti-inflamasi yang berfungsi menghilangkan limbah dari tubuh dan mengurangi iritasi kulit. Penelitian juga mengatakan bahwa mentimun mengandung zat anti-keriput dan anti-penuaan, menurut sebuah artikel di jurnal Filoterapia.

7. Kesehatan jantung

Nutrisi dalam mentimun untuk kesehatan jantung
Kenapa-mentimun-baik-untuk-jantung?-via-webMD-com

Makan berbagai buah dan sayuran dari segala jenis dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan obesitas. Kandungan kalium mentimun mungkin sangat membantu dalam hal ini. 

Satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung sekitar 4 persen dari kebutuhan potassium harian tubuh. Tetapi ia hadir dengan kalori yang jauh lebih sedikit daripada kebanyakan makanan kalium tinggi seperti pisang. 

Potasium adalah bagian penting dari kesehatan jantung. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi 4.069 mg potasium setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung iskemik.

Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi mentimun dengan mengurangi hipertensi. Banyak penelitian mengaitkannya dengan tekanan darah rendah karena mempromosikan vasodiliasi (pelebaran pembuluh darah), menurut Today's Dietitian. 

Sebuah studi tahun 2017 yang dipublikasikan di Public Health of Indonesia menemukan bahwa partisipan lansia dengan hipertensi melihat penurunan tekanan darah yang signifikan setelah mengonsumsi jus mentimun selama 12 hari. Selain itu, tinjauan tahun 2009 di Indian Academy of Clinical Medicine menunjukkan bahwa penderita hipertensi memasukkan mentimun ke dalam makanan mereka karena kandungan natrium buah yang rendah.

8. Melancarkan pencernaan

Mentimun mengatasi sembelit
benefit-of-cucumber-via-webMD-com

Sebuah tinjauan tahun 2013 di Fitoterapia mencatat bahwa mentimun dapat membantu meringankan sembelit karena kandungan  serat dan air. Terutama mentimun yang difermentasikan menjadi sebuah acar.

Acar mentimun mengandung bakteri probiotik yang meningkatkan pencernaan yang sehat dan membudidayakan flora usus yang bermanfaat. Perlu diperhatikan, biasanya acar yang ada di toko-toko sudah direbus, jadi tidak ada kandungan bakteri baik di dalamnya.

Untuk memfermentasi mentimun, Anda dapat mencampurkan mentimun dalam larutan garam sampai bakteri mulai memfermentasikannya. Dari hasil proses tersebut akan didapatkan tekstur yang renyah dan rasa asam yang khas. 

Fermentasi mentimun juga menciptakan "bakteri baik" (probiotik) yang berfungsi membantu tubuh melawan kuman, menyerap nutrisi, dan mencerna makanan. Tetapi berhati-hatilah jika membeli acar timun di supermarket karena biasanya hanya berupa mentimun dalam larutan cuka, jadi lebih baik buat sendiri di rumah.

9. Pencegahan kanker

Pencegahan kanker dengan mentimun
Ilustrasi-kanker-via-merdeka-com

Mentimun mengandung dua senyawa fitonutrien yang terkait dengan manfaat anti kanker: lignan dan cucurbitacins. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan farmasi telah memberikan perhatian khusus pada cucurbitacins, berharap untuk menggunakannya dalam obat kanker baru. 

Menurut tinjauan penelitian 2010 yang diterbitkan dalam Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan bahwa cucurbitacin dapat membantu memblokir jalur pensinyalan yang penting untuk proliferasi dan kelangsungan hidup sel kanker.

Cucurbitacins juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas, menurut penelitian tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Cancer Research mengamati cucurbitacin B (yang mengandung mentimun) pada sel kanker pankreas manusia dan menemukan bahwa suplemen cucurbitacin menghambat pertumbuhan tujuh sel kanker pankreas baris sebesar 50 persen, dan juga peningkatan apoptosis, atau "kematian karena bunuh diri," sel kanker pankreas.

Menurut World Healthiest Foods, lignan dapat melindungi dari kanker melalui bekerja dengan bakteri di saluran pencernaan. Bakteri mengambil lignan dan mengubahnya menjadi senyawa seperti enterodiol dan enterolakton, yang dapat mengikat reseptor estrogen dan mungkin mengurangi risiko kanker terkait estrogen, seperti kanker ovarium, payudara, endometrium, dan prostat. Penelitian ini belum jelas apakah lignan benar-benar menegaskan manfaat anti kanker.

Sebuah meta-analisis 2009 yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer menemukan sedikit atau tidak ada hubungan antara asupan lignan dan pengurangan risiko kanker payudara. Demikian pula, sebagian besar studi belum menemukan korelasi yang signifikan antara asupan lignan dan pengurangan risiko kanker prostat, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, meskipun satu studi terhadap pria Skotlandia yang lebih tua yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi enterolactone yang mengandung serum mengurangi risiko kanker prostat.

Di sisi lain, sebuah studi Journal of Nutrition dari hampir 800 wanita Amerika menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan lignan tertinggi memiliki risiko kanker ovarium terendah. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute mengamati hampir 1.000 wanita di wilayah San Francisco dan menemukan bahwa wanita pascamenopause dengan asupan lignan tertinggi memiliki risiko kanker endometrium yang paling rendah. Selalu terapkan Pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

10. Penurunan berat badan

Manfaat mentimun untuk diet
diet-dengan-mentimun-via-webMD-com

Mentimun adalah makanan rendah kalori karena itu mentimunmenjadi bahan makanan yang populer untuk diet. Sebuah studi 2011 di jurnal Obesity menemukan bahwa konsumsi air yang lebih besar berkorelasi dengan lebih banyak penurunan berat badan di usia paruh baya dan orang dewasa yang lebih tua. 

Partisipan yang mengkonsumsi 1 liter (500 mililiter) air sebelum makan, akan kehilangan rata-rata 4 lbs. (2 kilogram) lebih dari peserta yang tidak. mengkonsumsi mentimun sebagai cemilan adalah car ayang efektik untuk menjaga asupan air untuk tubuh.

Tapi jangan terlalu mengandalkan makanan padat air seperti mentimun. Kita tahu bahwa orang yang mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang lebih tinggi biasanya memiliki berat badan yang lebih sehat. Namun, tidak dianjurkan hanya makan mentimun. Makanlah dengan berbagai variasi buah dan sayur.


Mentimun adalah tambahan yang menyegarkan, bergizi dan sangat serbaguna untuk diet apa pun.Mereka rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting, serta kadar air yang tinggi. Makan mentimun dapat menyebabkan banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk penurunan berat badan, hidrasi seimbang, keteraturan pencernaan dan menurunkan kadar gula darah.

Tips memilih mentimun

Pilih mentimun yang renyah dan keras, hindari yang ujungnya layu. Simpan di lemari es hingga seminggu. 

Beberapa produsen menerapkan lapisan lilin pada mentimun setelah dipetik. Jangan dicuci sebelum disimpan, tetapi bilas hingga bersih atau kupas sebelum dikonsumsi.

Tips mengonsumsi mentimun

Orang biasanya mengonsumsi mentimun mentah. Rasanya yang ringan dan kerenyahan yang menyegarkan membuatnya cocok untuk menambahkan ke salad atau sandwich.

Di indonesia sendiri mentimun selalu disajikan untuk lalapan, acar ataupun dibuat minuman seperti jus mentimun dan jeruk nipis. Contoh hidangan dari mentimun yang bisa anda coba selain lalap san acar :
  1. Campur irisan mentimun, tomat, zaitun, dan keju untuk hidangan pendamping ala Yunani. 
  2. Minuman segar, buat minuman dengan menambahkan daun mint dan mentimun.
  3. Iris mentimun menjadi irisan tebal dan celupkan ke dalam hummus favorit Anda.
  4. Campurkan mentimun sendirian atau sayuran lain, seperti wortel dan seledri, untuk membuat jus.
  5. Buat sup gazpacho dengan mencampurkan tomat, pimentos, bawang putih, bawang merah, dan remah roti lalu dinginkan.

Risiko

Mentimun aman dikonsumsi kebanyakan orang, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Masalah pencernaan

Beberapa orang menganggap beberapa jenis mentimun sulit dicerna. Satu sumber menunjukkan bahwa mentimun besar yang tersedia di sebagian besar rak grosir mudah dicerna oleh kebanyakan orang.

Pembekuan darah

Mentimun relatif tinggi vitamin K. Makan terlalu banyak mentimun dapat memengaruhi pembekuan darah seseorang.

Orang yang menggunakan warfarin (Coumadin) atau obat pengencer darah serupa tidak boleh meningkatkan asupan mentimun secara dramatis atau tiba-tiba tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Alergi

Beberapa orang telah melaporkan reaksi alergi terhadap mentimun. Siapa pun yang memiliki alergi diketahui harus menghindari semua kontak dengan mentimun.

Gejala reaksi meliputi:

gatal-gatal
pembengkakan
sulit bernafas
Jika seseorang mengalami masalah pernapasan, mereka membutuhkan perhatian medis segera. Anafilaksis adalah reaksi alergi parah yang dapat mengancam nyawa.

Terlepas dari resiko yang mungkin sebagian orang dapatkan dari mengonsumsi mentimun, tetap bahan makanan yang satu ini memiliki lebih banyak manfaat daripada resiko yang ditimbulkan. 

Jaga keshatan anda dengan selalu memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, cukupi kebutuhan air setiap hari, istirahat yang cukup dan tetap bahagia,,,cheeerrrsss,,,,.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "10 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan, Mulai dari Kulit Sampai Organ Dalam."

Posting Komentar