Kenali 5 superfood dalam Al Qur'an


Kurma salah satu superfood dalam Al Qur'an
Manfaat-kurma-via-blibli-com

Assalamu'alaikum

Superfood dalam Al qur'an, informasi menarik untuk anda yang penasaran dengan superfood yang Allah SWT tunjukan dalam Al qur'an.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْـقُرْاٰ نِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَا رًا
"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 82)

Berdasarkan firman Allah SWT, Al Qur'an obat terbaik untuk manusia. Terlebih lagi Allah SWT telah menyediakan berbagai bahan untuk dijadikan obat didunia ini. Kita sering mencari berbagai bahan sedangkan superfood ini bisa kita temukan dalam Al Qur'an. 

Makanan yang baik (superfood) dalam Al qur'an


Superfood dalam al'quran yang dimaksud yaitu Semua bahan makanan yang mengandung vitamin, mineral, protein dan lain-lain, yang tidak hanya memberikan kesehatan yang maksimal tetapi juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kenali superfood dalam Al Qur'an yang berguna untuk kesehatan

1. Kurma di dalam Al qur'an

Superfood dalam Al Qur'an yang pertama yaitu buah kurma. Kurma merupakan buah yang tidak asing lagi untuk kita, terutamanya saat ramadhan. Kurma menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa. Kurma atau phoenix dactyloferal, sejenis tumbuhan yang mempunyai banyak sekali khasiat untuk tubuh kita.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَهُزِّيْۤ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا ۖ 

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."
(QS. Maryam 19: Ayat 25)

Kurma termasuk salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Dalam kurma terkandung kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, B, B1, B2, B3, vitamin C dan E. Selain itu kurma sebagai superfood juga mengandung unsur bebas lemak dan kolesterol, asam amino triptofan, glukosa dan sukrosa.

Kurma mempunyai banyak khasiat. Para ahli mengatakan mengkonsumsi kurma setiap hari mampu mengurangi resiko penyakit kronis seperti jantung dan kencing manis, karena kurma mengandung kalium, kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan sel darah merah. Tentunya komsumsi superfood kurma dengan porsi yang seimbang dengan baham makanan lainnya.

2. Madu

Madu

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَا سْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَا بٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَا نُهٗ فِيْهِ شِفَآءٌ لِّلنَّا سِ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰ يَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

"kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan, lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir."
(QS. An-Nahl 16: Ayat 69)
* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Madu menjadi salah satu superfood dalam Al Qur'an. Madu kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, D, E dan K, bahan karbohidrat seperti glukosa, fruktosa dan sakarin. Unsur mineral yang terkandung dalam madu yaitu kalsium, natrium, kalium, fosforus, magnesium, klorin, sulfur, zat besi, karbon, iodin, kuprum, mangan dan silika. Selain itu madu juga mengandung beta karotena.

Madu memiliki khasiat sebagai toksik atau pembersih, menyembuhkan, menetralkan racun dan lain-lain. Vitamin yang terkandung dalam madu bermanfaat untuk kesehatan kulit juga menguatkan tulang dan gigi. Dengan banyaknya nutrisi yang dikandung menjadikan madu termasuk kategori superfood.

3. Bawang putih



Bawang putih

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاِ ذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نَّصْبِرَ عَلٰى طَعَا مٍ وَّا حِدٍ فَا دْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْبِۢتُ الْاَ رْضُ مِنْۢ بَقْلِهَا وَقِثَّـآئِهَا وَفُوْمِهَا وَعَدَسِهَا وَ بَصَلِهَا ۗ قَا لَ اَتَسْتَبْدِلُوْنَ الَّذِيْ هُوَ اَدْنٰى بِا لَّذِيْ هُوَ خَيْرٌ ۗ اِهْبِطُوْا مِصْرًا فَاِ نَّ لَـکُمْ مَّا سَاَ لْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَا لْمَسْکَنَةُ وَبَآءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ بِاَ نَّهُمْ كَا نُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰ يٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَـقِّ ۗ ذٰلِكَ بِمَا عَصَوا وَّكَا نُوْا يَعْتَدُوْنَ

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas, dan bawang merah. Dia (Musa) menjawab, Apakah kamu meminta sesuatu yang buruk sebagai ganti dari sesuatu yang baik? Pergilah ke suatu kota, pasti kamu akan memperoleh apa yang kamu minta. Kemudian, mereka ditimpa kenistaan dan kemiskinan dan mereka (kembali) mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 61)
* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Bawang putih merupakan tumbuhan berumpun yang bersiung-siung. Kita sering memanfaatkan nya untuk menambah cita rasa masakan. Bawang menjadi salah satu superfood yang disebutkan dalam Al Qur'an.

Kandungan yang dimiliki bawang putih ialah kalsium, sativine, lemak, sulfur, protein, kalium, karbohidrat, besi, fosforus, allicin, vitamin A, B, C, scordinin dan lain-lain.

Bawang putih terkenal sebagai antibiotik. Bahan kimia utama dalam bawang putih sativine dan allicine berperan sebagai agen antikuman, dan zat aktif yang mempunyai daya antibiotik tinggi.

4. Buah zaitun 


Manfaat buah zaitun untuk kesehatan



Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَا لتِّيْنِ وَا لزَّيْتُوْنِ ۙ 

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,"
(QS. At-Tin 95: Ayat 1)
* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Jelas sekali kalo buah zaitun termasuk superfood dalam Al Qur'an. Buah zaitun atau olea europea, buah yang memiliki kandungan kalsium, antioksidan , beta karotena dan lain-lain. Pakar kesehatan Institut Sains Kesehatan, Oxford University melihat kaitan antara kanker dan makanan seseorang.

Ditemukana bahwa negara dengan konsumsi daging tinggi dan rendah sayuran berpotensi tinggi terkena penyakit kanker. Pakar sains mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun, mengurangi resiko kanker payudara karena kandungan asid oleik yang terdapat pada buah zaitun.

Minyak zaitun merupakan antioksidan tinggi yang dapat mencegah proses radang dan pembekuan darah. Superfood sekali bukan?. Kurangi konsumsi minyak sawit, dan gantilah dengan minyak zaitun.

5. Buah Anggur dalam Al qur'an


Anggur sebagai superfood

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَاَ نْشَأْنَا لَـكُمْ بِهٖ جَنّٰتٍ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّ اَعْنَا بٍ ۘ لَـكُمْ فِيْهَا فَوَا كِهُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَ ۙ 
"Lalu dengan (air) itu, Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur; di sana kamu memperoleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari (buah-buahan) itu kamu makan,"
(QS. Al-Mu'minun 23: Ayat 19)
* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Referensi superfood dalam Al Qur'an yang terakhir yaitu anggur. Buah anggur atau vitis vinifera, merupakan buah yang kaya akan manfaat. Kandungan nutrisi dalam anggur yaitu mineral ( kalium dan fosfor), vitamin A dan B, Gula (glukosa dan fruktosa).

Anggur sebagai antioksidan dan meningkatkan kecerdasan otak. Buah yang satu ini mudah kita dapatkan, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Demikian beberapa superfood yang disebut dalam Al Qur'an, sebenarnya masih banyak lagi superfood dalam al qur'an lain yang juga disebutkan. Semua yang Allah SWT ciptakan pastilah membawa manfaat, tapi alangkah baiknya jika kita mengutamakan bahan makanan yang Allah SWT sebutkan dalam Al Qur'an.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Kenali 5 superfood dalam Al Qur'an"