9 Keunggulan Cara Tanam Dengan Sistem Hidroponik, Simak Jika Ingin Sukses!

 

Keunggulan Cara Tanam Dengan Sistem Hidroponik

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik menjadi penting untuk dibahas. Saat kita memperkenalkan budidaya tanaman hidroponik, banyak warga yang selalu menanyakan, "Kenapa harus Hidroponik ? walau sebenarnya Tanah kita kan subur ?."

Itu sebuah pertanyaan yang selalu terlempar dilapisan warga umum, khusus nya beberapa petani konservatif. Tidak dapat kita sangkal, tanah kita Indonesia sebagai tanah yang paling benar-benar subur dengan begitu banyak kelebihannya.

Sekarang ini sistem bertanam hidroponik sedang disukai banyak orang. Sistem ini diputuskan karena banyak memiliki keunggulan.

Buat anda yang belum pernah coba bertanam dengan sistem hidroponik, kemungkinan mulai bisa menimbangnya. Terutama bila anda ketahui keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik.

Apa keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik yang menguntungkan petani?

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik memang banyak sekali. Sistem Hidroponik jadi sebuah jalan keluar untuk kamu semuanya yang ingin bercocok tanam tetapi terhambat oleh tempat yang tidak subur dan sempit.

 Budidaya Tanaman secara Hidroponik merupakan sebuah tehnik budidaya tanaman yang manfaatkan air sebagai media tumbuh tanaman, hingga benar-benar tidak menggunakan tanah.

 Untuk penuhi keperluan pupuk tanaman, karena itu pupuk diberi dalam bentuk cairan. Hingga gizi yang diperlukan tanaman bisa dengan mudah diserap dan diteruskan oleh akar tanaman.

Kelebihan budidaya tanaman secara hidroponik yang bisa anda dapatkan

Keunggulan Cara Tanam Dengan Sistem Hidroponik
hidroponikpedia-com

1. Tidak bergantung dengan cuaca dan keadaan tanah

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik yang pertama ialah tidak bergantung dengan cuaca dan keadaan tanah.  Oleh karena itu sistem hidroponik dapat dilaksanakan di wilayah manapun. Terhitung di wilayah yang tanahnya susah ditanam atau tandus.

Hidroponik kurangi keterikatan pada keadaan cuaca micro dengan pemakaian rumah green house atau tanam. Dengan green house ini dampak temperatur, kelembapan, dan curahan hujan dapat disamakan dengan keperluan tanaman

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, simak apa saja itu!

2. Tidak memerlukan tanah

Satu segi keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah tidak memerlukan tanah, Hingga siapa dan dimanapun kamu ada, kamu masih tetap dapat bercocok tanam.

Ini menjadi sebuah jalan keluar yang pas, terutamanya untuk kamu yang menetap diwilayah perkotaan yang padat permukiman. Hingga tidak terdapatnya tanah yang lumayan luas untuk bercocok tanam, karena itu sistem budidaya tanaman secara hidroponik bisa saja jalan keluarnya.

Baca juga : 6 kelebihan dan kekurangan hidroponik yang wajib anda ketahui

3. Irit penggunaan air

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik lainnya yaitu irit penggunaan air. Budidaya tanaman hidroponik condong memiliki sistem yang tertutup dan rapi, hingga air sebagai media tanam tidak mudah menguap oleh sinar matahari (penguapan).

 Berlainan hal dengan pertanian konservatif, air yang diserahkan ke tanaman akan semakin banyak menguap dibanding dengan air yang digunakan oleh akar tanaman.

4. 30-50% tingkat perkembangan bisa lebih cepat

 Sistem hidroponik sanggup bertambah perkembangan tanaman 30-50% bisa lebih cepat dibanding dengan tehnik pertanian konservatif. Ini dikuasai dari tersedianya gizi dalam bentuk larutan, hingga lebih mudah digunakan oleh tumbuhan.

 Di lain sisi, sistem hidroponik bisa sediakan keperluan gizi tanaman secara terus menerus. Hingga tanaman dapat tumbuh 30-50% bisa lebih cepat. Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik ini bisa sangat kamu rasakan loh.

Baca juga : Budidaya melon hidroponik dengan sistem fertigasi, mudah hasil melimpah

5. Tidak ada gizi kebuang

Sistem hidroponik sebagai sistem yang terutup dan rapi, hingga tidak ada larutan gizi yang kebuang percuma. Air dalam sistem hidroponik terus digunakan, jika kondisinya sudah terlampau jemu, karena itu dapat dilaksanakan filtrasi ulang. Hingga semakin lebih menghemat ongkos dan air.

6. Mudah dan effisien

Berlainan hal dengan pertanian konservatif yang memerlukan banyak tenaga kerja, sistem pertanian hidroponik tidak memerlukan banyak tenanga kerja. Karena sistem pertanian hidroponik lebih rapi dan terancang, sehigga kerjanya lebih effisien. Ini menjadi salah satu keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik.

Keunggulan Cara Tanam Dengan Sistem Hidroponik, Simak Jika Ingin Sukses!

7. Hama dan penyakit yang sedikit.

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik berikutnya yaitu minimalnya hama dan penyakit yang akan menyerang. Pada budidaya tanaman hidroponik, lingkungan tumbuh bakal menjadi terbangun dan bersih. Hingga ini segera dapat tekan tingkat perkembangan dan gempuran hama penyakit pada tanaman. Dengan kurangnya gempuran hama dan penyakit tanaman, maka hasilkan panen yang optimal dan berkualitas.

8. Penggunaan pestisida dapat ditekan

Saat lingkungan bersih bisa tekan perkembangan dan gempuran hama penyakit, maka berpengaruh pada kurangnya penggunaan pestisida. Ini akan hasilkan sebuah produk sayur yang sehat, higenis dan bebas pestisida, itulah mengapa banyak sekali keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik.

9. Hasil panen yang maksimal

Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik rupanya bisa memberi hasil panen yang maksimal. Ini karena gizi yang diperlukan oleh tanaman langsung ada di media tanamnya. Ini memberi keuntungan tertentu dibanding sistem tanam biasa.

 Demikian ulasan mengenai keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik, mulai dari ketidakbergantungan dengan cuaca dan tempat, menghemat air, perkembangan tumbuhan lebih cepat, minimalnya serangan hama dan penyakit sehingga tidak memerlukan pestida yang membuat tanaman lebih sehat untuk dikonsumsi. Semoga Informasi di atas bermanfaat.

 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "9 Keunggulan Cara Tanam Dengan Sistem Hidroponik, Simak Jika Ingin Sukses!"