9 Tips Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah, Penting untuk diketahui!

Tips menghilangkan bau badan dengan mudah
menghilangkan-bau-badan-via-merdeka-com

Memiliki bau badan yang tidak sedap pasti mengurangi kepercayaan diri seseorang. Bahkan bisa membuat seseorang membatasi aktivitasnya karena takut bau badan jika dia berkeringat berlebihan.

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah anda mempunyai bau badan tidak sedap?. Atau memang benar demikian. Sebenarnya bau badan adalah masalah yang dialami oleh banyak orang.

Terutama orang yang tinggal didaerah bercuaca panas dan penuh polusi. Tidak hanya laki-laki, wanita pun terkadang memiliki bau badan tak sedap.

Tahukah anda letak sumber bau badan manusia?. Dilansir dari medicalnewstoday.org ada beberapa titik ditubuh manusia menyebabkan bau badan tak sedap.

Titik di mana tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat dan lembab disitulah sumber bau badan tak sedap dimulai. Titik tersebut seperti ketiak, selangkangan, belakang leher, belakang telinga dan area bawah payudara pada wanita.

Tips menghilangkan bau badan dengan mudah yang bisa anda praktekan

Jika anda mengalami bau badan tak sedap dan membuat anda risau, tenang saja, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghilangkan bau badan. Dilansir dari berbagai sumber, simak beberapa cara menghilangkan bau badan dengan mudah

1. Jaga kebersihan diri Anda

Menjaga kebersihan diri untuk menghilangkan bau badan kurang sedap

Cara menghilangkan bau badan yang pertama yaitu menjaga kebersihan diri. Mandi setidaknya dua kali sehari, dengan mandi Anda akan menghilangkan keringat dan menyingkirkan beberapa bakteri di kulit Anda.

Keringat pada dasarnya tidak berbau. Tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit Anda bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Mencuci badan sampai bersih, terutama di area yang cenderung berkeringat, dapat membantu mengatasi bau badan.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Mencuci secara menyeluruh dengan sabun batangan antibakteri akan membantu menghilangkan beberapa bakteri, yang dapat membantu menghilangkan bau badan. Cari kata "antibakteri" pada kemasan sabun.

3. Mengeringkan badan Dengan Baik

Mengeringkan badan dengan baik adalah salah satu tips menghilangkan bau badan. Setelah Anda mandi, keringkan diri Anda sepenuhnya, perhatikan area di mana Anda banyak berkeringat.

Jika kulit Anda kering, bakteri penyebab bau badan lebih sulit berkembang biak di atasnya. Dan kemungkinan bau badan tak sedap pun akan semakin kecil.

4. Gunakan Antiperspiran

Deodoran untuk menghilangkan bau badan kurang sedap

Menggunakan antiperspiran juga merupakan salah satu tips mengjilangkan bau badan. Setelah Anda bersih dan kering, gunakan antiperspiran yang kuat pada ketiak Anda.

Bahan kimia ini mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang membantu menahan keringat, dan sering kali juga mengandung deodoran. Gunakan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Anda tidak memerlukan resep untuk mendapatkan antiperspiran yang kuat. Carilah yang mengatakan mereka lebih kuat.
Jika Anda merasa perlu bantuan lebih lanjut, tanyakan kepada dokter Anda tentang resep antiperspiran.

5. Jaga Kebersihan Pakaian Anda

Tips menghilangkan bau badan yang perlu diperhatikan ialah menjaga kebersihan pakaian. Ganti pakaian sesering mungkin saat Anda berkeringat banyak. 

Pakaian segar membantu mengurangi bau badan. Pastikan untuk mengganti kaus kaki Anda juga, terutama jika Anda cenderung memiliki bau kaki. 

Gunakan bubuk deodoran pada sepatu Anda, sering-seringlah mengganti sol dalam, dan bertelanjang kaki jika memungkinkan.

6. Kurangi Makanan atau Minuman pemicu bau badan 

Memperhatikan jenis makanan untuk menghilangkan bau badan kurang sedap


Apa yang Anda makan memengaruhi bau badan Anda. Makanan yang cenderung membuat Anda lebih banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, juga dapat menyebabkan bau badan. 

Dan aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa oleh keringat Anda. Minuman dengan kafeina atau alkohol juga dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat.

7. Konsumsi buah

Konsumsi buah untuk menghilangkan bau badan kurang sedap


Tips menghilangkan bau badan yang mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan. Konsumsi buah dapat memperlancar pencernaan, karena pencernaan yang kurang lancar bisa menimbulkan bau badan. Apa hubungannya?.

Dengan lancarnya pencernaan maka tidak akan terjadi tumpukan lemak dalam tubuh yang bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih. Oleh karena itu perbanyak konsumsi buah yang kaya serat dan vitamin agar terhindar dari bau badan tidak sedap.

8. Konsumsi daun kemangi

Konsumsi kemangi untuk menghilangkan bau badan kurang sedap


Mengkonsumsi daun kemangi menjadi salah satu tips menghilangkan bau badan yang du sukai banyak orang. Siapa sih yang tidak suka daun yang satu ini.

Daun yang sering kita jumpai dilalaban ternyata memiliki khasiat menghilangkan bau badan. Minyak atsiri yang terkandung di dalam daun kemangi berfungsi untuk menghilangkan bau badan tidak sedap.

Daun kemangi juga dikenal sebagai anti kuman dan bakteri, atau lebih dikenal sebagai antiseptik.

9. Memanfaatkan jeruk nipis

Tips menghilangkan bau badan yang murah yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis dikenal sebagai bahan pembersih kotoran dan noda.

Jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Ambil air perasan jeruk nipis, oleskan menggunakan kapas ke bagian tubuh yang mengeluarkan bau tak sedap.

Diamkan sekitar 15 menit, bilas dengan air hangat. Atau anda juga bisa mengaplikasikannya langsung dengan memotong jeruk nipis dan oleskan ke titik sumber bau badan.

Terapkan pola hidup sehat dan jaga kebersihan

Memiliki bau badan yang kurang sedap memang sangat mengganggu. Terlebih lagi jika anda memiliki banyak aktivitas.

Terapkan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan badan maupun pakaian, dengan begitu masalah bau badan dapat teratasi. Disarankan untuk menggunakan bahan alami yang tepat untuk menghilangkan bau badan.

Demikian beberapa referensi tips menghilangkan bau badan. Semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "9 Tips Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah, Penting untuk diketahui!"

  1. Terima kasih atas informasinya Mbak. Tentu sangat mengganggu kalau mengalami bau badan. Jadi minder kalau kumpul sama orang-orang

    BalasHapus

Posting Komentar