9 Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap, dijamin berhasil

Cara menghilangkan bau mulut kurang sedap dalam sekejap
menghilangkan-bau-mulut-via-99co

Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap, informasi menarik untuk anda yang kurang percaya diri karena memiliki bau mulut kurang sedap. Bau mulut sendiri bukan sebuah masalah medis yang perlu di takutkan. 

Tapi saat kita memiliki bau mulut yang kurang sedap pasti membuat kita minder untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain. Tapi tenang, banyak cara untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut yang kurang sedap.

Cara ampuh menghilangkan bau mulut dalam sekejap

Mulut dan gigi yang kotor adalah penyebab utama bau mulut tak sedap terjadi. Setelah makan, biasanya sisa-sisa makanan menempel di sela-sela gigi.

Sisa makanan tersebut lah yang akan di hinggapai bakteri jika anda tidak membersihkannya secara rutin. Bakteri tersebut mengeluarkan sulfur yang menyebabkan mulut berbau kurang sedap.

Bukan hanya sisa makanan yang dihinggapi bakteri, masih banyak faktor lain penyebab bau mulut kurang sedap. Diantaranya merokok, makan makanan yang berbau tajam seperti petai, jengkol dan durian atau bisa jadi pertanda kondisi medis yang lebih serius. Berikut beberapa referensi cara menghilangkan bau mulut

1. Minum air putih

Minum air putih cara menghilangkan bau mulut
Minum-air-putih-via-istock

Mulut yang kering menjadi penyebab bau mulut dan produksi air liur menurun. Jumlah air liur yang sedikit menyebabkan perkembangan bakteri dalam mulut semakin cepat.

Bakteri yang berkembang dalam mulut akhirnya mengeluarkan senyawa sulfur. Pada akhirnya Aroma tidak sedap dari mulut akan tercium saat kamu membuka mulut.

Oleh karena itu perbanyaklah minum air untuk menjaga mulut dan tubuh terhidrasi sempurna. Dengan mulut yang selalu lembab dan segar, bau mulut yang kurang sedap pun bisa dielakkan.

2. Sikat gigi

Sikat gigi untuk menghilangkan bau mulut

Penyebab paling umum bau mulut kurang sedap yaitu gigi dan mulut yang tidak bersih. Pencegahan bau mulut kurang sedap paling efektif yaitu dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

Sikatlah gigi sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam. Pilih pasta gigi yang mengandung flourida, karena flourida melindungi gigi dari kerusakan.

3. Flossing gigi

Flossing gigi salah satu cara menghilangkan bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut kurang sedap lainnya yaitu flossing gigi. Lakukan flossing gigi setiap kali setelah anda menyikat gigi. 

Tahukah anda flossing gigi?. Flossing gigi yaitu membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

Benang gigi berfungsi membersihkan celah-celah yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukan perlahan, jangan ditarik atau digesek terlalu keras, karena bisa menyebabkan luka di gusi.

4. Memakai obat kumur

Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap yaitu dengan menggunakan obat kumur. Fungsi dari obat kumur yaitu membersihkan rongga mulut dan menghilangkan bau mulut kurang sedap. 

Selalu perhatikan cara penggunaan dan komposisi yang terkandung didalamnya. Pilihlah obat kumur bebas alkohol, karena alkohol justru menyebabkan mulut kering.

Tapi tetap saja walaupun memakai obat kumur, menyikat dan flossing gigi tetap harus dilakukan. 

5. Membersihkan lidah

Membersihkan lidah salah satu cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap

Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap yang kelima yaitu dengan membersihkan lidah. Tahukah anda bahwa lidah adalah tempat plak dan bakteri penyebab bau mulut bersarang. 

Menyikat gigi dan berkumur tidak serta merta menghilangkan bakteri yang bersarang di lidah. Anda perlu menyikat lidah atau membersihkannya dengan scarper, yaitu alat khusus untuk membersihkan lidah.

Scraper ini sangat bermanfaat karena bisa mengangkat sel mati pada lidah, menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkan lidah setelah menyikat gigi. flossing dan berkumur menggunakan obat kumur.

6. Berkumur dengan soda kue

Soda kue menghilangkan bau mulut dalam sekejap

Natrium bikarbonat atau soda kue adalah bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut dalam sekejap. Penelitian membuktikan bahwa natrium bikarbonat dapat bekerja dengan baik untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Pemakaian rutin soda kue untuk berkumur juga dapat menghilangkan plak dan bakteri yang menempel di gigi dan lidah. Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap dengan soda kue yaitu dengan melarutkan dua sendok teh soda kue dengan air hangat.

Gunakan air soda kue untuk berkumur-kumur secara merata dalam mulut sekitar 30 detik dan buang air bekas kumuran tersebut. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan ini secara rutin.

7. Hindari makanan berbau tajam

 
Makanan berbau tajam penyebab bau mulut kurang sedap

Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap yang lainnya yaitu dengan menghindari makanan berbau tajam. Bahan makanan berbau tajam menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Contohnya durian, jengkol, petai dan bawang putih. Memang bahan makanan ini sangat nikmat, tapi bahan makanan ini mengandung senyawa penyebab bau mulut. Dan senyawa ini dapat bertahan di mulut anda, jadi ketika anda membuka mulut, aroma kurang sedap tercium.

8. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat menghilangkan bau mulut

Merokok menyebabkan bau mulut kurang sedap dan beraroma kuat. Sebagian besar perokok akan mengalami masalah mulut dan gigi.

Menurut penelitian perokok lebih rentan terkena penyakit gusi, dan penyakit inilah penyebab bau mulut kurang sedap. 
Berhenti merokok menjadikan anda lebih sehat, resiko terkena penyakit gusi lebih rendah dan pastinya bau mulut menjadi segar.

9. Konsultasi ke dokter

Konsultasi dokter cara menghilangkan bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut yang terakhir yaitu dengan berkonsultasi ke dokter. Bau mulut yang kurang sedap juga bisa menjadi pertanda anda terkena penyakit yang lebih serius seperti ginjal dan diabetes. 

Apabila cara-cara di atas telah anda lakukan tetapi bau mulut masih ada dan anda tidak bisa menghilangkannya, segera konsultasi ke dokter. Dengan begitu dokter akan melakukan pengecekan mulut dan riwayat penyakit lainnya.

Selain cara menghilangkan bau mulut kurang sedap di atas, usahakan untuk mengkonsumsi makanan penghilang bau mulut. Diantaranya yaitu permen karet, buah apel, yoghurt dan makanan kaya vitamin C. Disarankan untuk mengecek kesehatan gigi dan mulut sekurang-kurangnya 6 bulan sekali.

Semoga bermanfaat.

Sumber : hallosehat





Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "9 Cara menghilangkan bau mulut dalam sekejap, dijamin berhasil"