7 Tips Ampuh meningkatkan kualitas tidur yang baik, penting untuk diketahui!

Tips ampuh meningkatkan kualitas tidur
kualitas-tidur-lebih-baik-via-merdeka-com

Tidur anda kurang berkualitas?, tips ampuh meningkatkan kualitas tidur lebih baik akan menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda. Sebagian banyak orang mengalami kesulitan tidur di malam hari. 

Alih-alih tidur nyenyak dan bermimpi indah, mereka malah berguling-guling di tempat tidur mencoba untuk tertidur. Akibatnya biasanya orang tidak cukup istirahat di pagi hari dan merasa kelelahan sepanjang hari. 

Hal ini menyebabkan stres dan kinerja yang berkurang di tempat kerja ataupun di rumah. Kurang tidur juga mengurangi konsentrasi, dan berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa tips ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur yang bisa anda coba

Tips ampuh meningkatkan kualitas tidur yang penting untuk diketahui

1. Suhu kamar

Mengatur suhu kamar untuk meningkatkan kualitas tidur

Tips ampuh meningkatkan kualitas tidur yang pertama yaitu mengatur suhu kamar. Direkomendasikan untuk menjaga suhu kamar tidur Anda pada 70 derajat Fahrenheit atau lebih rendah. 

Kamar tidur yang terlalu panas menyebabkan masalah tidur. Studi ilmiah menunjukkan bahwa tubuh bisa lebih rileks dengan suhu di 70 derajat atau sedikit di bawahnya.

2. Kurangi kafein. 

Mengurangi kafein untuk meningkatkan kualitas tidur

Mengurangi konsumsi kafein juga merupakan tips ampuh meningkatkan kualitas tidur yang harus dipertimbangkan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kafein tidak dimetabolisme secara cepat dan efisien di malam hari. 

Efek kafein bertahan lebih lama dari perkiraan kebanyakan orang. Akibatnya kesulitan untuk tidur dimalam hari. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola tidur yang lebih baik jika tidak ada lagi kafein yang dikonsumsi setelah pukul 18.00. Pertimbangkan kembali untuk mengkonsumsi kafein jika anda ingin mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. 

3. Hindari alkohol. 

Menghindari alkohol untuk meningkatkankan kualitas tidur

Tips ampuh meningkatkan kualitas tidur ialah dengan menghindari konsumsi alkohol. Alkohol akan mencegah tubuh mencapai tahap tidur yang lebih dalam.

Di mana tubuh melakukan sebagian besar penyembuhan dan istirahat saat ia tidur lebih dalam (deep sleep). Hasil minum alkohol bisa berupa tidur yang sangat ringan atau sulit tidur secara umum.

4. Perhatikan Tempat tidur 

Memperhatikan tempat tidur anda adalah salah satu cara meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Jika Anda terbiasa menonton TV di tempat tidur atau bahkan bekerja saat berada di tempat tidur, Anda mungkin akan lebih sulit untuk rileks dan tertidur dengan nyenyak.

Rubah kebiasaan tersebut, lepaskan TV dan jangan bekerja di tempat tidur. Tidur membutuhkan otak untuk isstirahat secara perlahan dan gangguan apa pun akan menyebabkan masalah tidur dan mengurangi kualitas tidur yang baik.

5. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari. 

Tips ampuh meningkatkan kualitas tidur yaitu dengan rutin pergi tidur pada waktu yanng sama setiap harinya. Jangan terlalu sering mengubah waktu tidur Anda. 

Dengan mengembangkan jadwal tidur di waktu tertentu, akan lebih mudah untuk tertidur pada waktu yang sama setiap hari. Jadwal yang berulang akan membantu tubuh Anda mengatur pola tidur dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur.

6. Hindari tidur siang berlebihan

Jika anda memiliki gangguan tidur di malam hati, tidur siang bisa memperburuk masalah tidur anda. Tetapi jika anda ingin tidur siang usahakan sebentar saja, sekitar 15-20 menit. Tidur siang yang berlebih akan memperburuk kualitas tidur anda di malam hari.

7. Makan baik, kualitas tidur pun baik

Tips ampuh meningkatkan kualitas tidur yaitu dengan memperhatikan konsumsi makanan. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan terlalu berat saat malam hari, atau perut kosong di malam hari. 

Minum air terlalu banyak di malam hari juga tidak bagus untuk kualitas tidur anda, karena kandung kemih yang penuh menyebabkan anda terbangun dan ingin pergi ke kamar mandi. Makanan yang baik untuk membantu kualitas tidur menjadi lebih baik diantaranya susu rendah lemak, ikan tuna, alpukat, pisang, kacang almond dan kentang. 

Demikian beberapa referensi tips ampuh meningkatkan kualitas tidur lebih baik yang dilansir dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "7 Tips Ampuh meningkatkan kualitas tidur yang baik, penting untuk diketahui!"

  1. Tidur siang harus diperhatikan, karena malamnya tidak akan mengantuk sama sekali

    BalasHapus
  2. Benar sekali, untuk saya sendori konsumsi kafein sangat mempengaruhi

    BalasHapus

Posting Komentar