5 Akibat kurang tidur untuk kesehatan dan sistem tubuh, apa saja itu?

Akibat kurang tidur untuk kesehatan dan sistem tubuh
lelah-akibat-kurang-tidur-via-sehatq-com

Akibat kurang tidur untuk kesehatan dan sistem tubuh kita. Informasi menarik untuk anda yang ingin mengetahui akibat apa saja yang akan terjadi ketika tubuh kita kurang tidur.

Jika Anda pernah menghabiskan malam dengan begadang atau tidak bisa tidur karena suatu alasan. Anda sudah tahu bagaimana perasaan Anda keesokan harinya lelah, rewel, dan tidak enak badan.

Melewatkan 7 sampai 9 jam tidur malam yang disarankan membuat Anda merasa pusing dan kesal dikesokan harinya. Akibat kurang tidur untuk kesehatan dalam jangka panjang itu nyata sekali.

Kurang tidur menguras kemampuan mental dan menimbulkan resiko kesehatan fisik yang nyata. Sains telah mengaitkan kurang tidur dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari penambahan berat badan hingga sistem kekebalan yang melemah.

Penyebab kurang tidur dan bagaimana akibatnya terhadap kesehatan, fungsi dan sistem tubuh tertentu.

Penyebab kurang tidur

Singkatnya, kurang tidur disebabkan oleh kurangnya waktu tidur yang konsisten atau kualitas tidur yang menurun. Tidur kurang dari 7 jam secara teratur pada akhirnya dapat menimbulkan kondisi kesehatan yang memengaruhi seluruh tubuh Anda. Ini juga dapat disebabkan oleh gangguan tidur yang lain.

Baca juga : 5 makanan terbaik penurun gula darah pengontrol diabetes

Tubuh Anda membutuhkan tidur, seperti juga membutuhkan udara dan makanan agar berfungsi dengan baik. Pemulihan keseimbangan kimia dalam tubuh Anda terjadi saat Anda tidur. Otak Anda membentuk koneksi pemikiran baru dan membantu retensi memori.

Akibat Kurang tidur membuat fungsi otak dan sistem tubuh berfungsi dengan kurang normal dan juga dapat menurunkan kualitas hidup Anda secara drastis.

Sebuah tinjauan studi pada 2010 Trusted Source menemukan bahwa tidur terlalu sedikit di malam hari meningkatkan risiko kematian dini.

Tanda-tanda akibat kurang tidur yang terlihat meliputi:

  • kantuk berlebihan
  • sering menguap
  • sifat lekas marah
  • kelelahan siang hari

Stimulan, seperti kafein, tidak cukup untuk menggantikan kebutuhan tubuh Anda yang sangat besar untuk tidur. Faktanya, hal ini dapat membuat kurang tidur menjadi lebih buruk dengan membuatnya lebih sulit untuk tidur di malam hari.

Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan siklus insomnia di malam hari yang diikuti dengan konsumsi kafein di siang hari untuk memerangi kelelahan yang disebabkan oleh hilangnya jam-jam menutup mata.

Di balik layar, akibat kurang tidur kronis dapat mengganggu sistem internal tubuh Anda dan menyebabkan lebih dari sekadar tanda dan gejala awal yang disebutkan di atas.

Akibat yang akan terjadi ketika kurang tidur untuk kesehatan dan sistem tubuh kita

7 ancaman akibat kurang tidur untuk kesehatan
Akibat-kurang-tidur-via-p2ptm-kemenkes-go-id

1. Sistem syaraf pusat

Akibat kurang tidur untuk kesehatan yang pertama yaitu mempengaruhi sistem saraf pusat. Sistem saraf pusat Anda adalah jalan raya informasi utama tubuh Anda. Tidur diperlukan agar sistem saraf tetap berfungsi dengan baik, tetapi insomnia kronis dapat mengganggu cara kerja tubuh Anda untuk mengirim dan memproses informasi.

Jalur akan terbentuk di antara sel saraf (neuron) di otak Anda selama anda tidur. Jalur inilah yang berfungsi untuk mengembalikan memori tentang informasi yang telah anda pelajari. Kurang tidur membuat otak Anda kelelahan, sehingga tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Baca juga : 8 Makanan Bernutrisi Tinggi Yang Penting Untuk Otak Anak, Penting untuk diketahui!

Anda mungkin juga merasa lebih sulit untuk berkonsentrasi atau mempelajari hal-hal baru. Sinyal yang dikirim tubuh Anda mungkin juga tertunda, menurunkan koordinasi Anda dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Akibat Kurang tidur juga berdampak negatif pada kemampuan mental dan kondisi emosional. Anda mungkin merasa lebih tidak sabar atau cenderung mengalami perubahan suasana hati. Itu juga dapat membahayakan proses pengambilan keputusan dan kreativitas.

Jika akibat kurang tidur berlanjut cukup lama, Anda bisa mulai mengalami halusinasi - melihat atau mendengar hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Kurang tidur juga bisa memicu mania pada orang yang mengalami gangguan mood bipolar. Risiko psikologis lainnya termasuk:

  • perilaku impulsif
  • kegelisahan
  • depresi
  • paranoia
  • pikiran untuk bunuh diri

Anda mungkin juga akan mengalami tidur mikro di siang hari. Selama episode ini, Anda akan tertidur selama beberapa hingga beberapa detik tanpa menyadarinya.

Microsleep di luar kendali Anda dan bisa sangat berbahaya jika Anda sedang mengemudi. Ini juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap cedera jika Anda mengoperasikan alat berat di tempat kerja dan mengalami episode tidur mikro.

2. Sistem imun

Akibat kurang tidur sistem imun melemah
Akibat-kurang-tidur-pengaruhi-imun-tubuh

Akibat kurang tidur yang kedua akan mempengaruhi sistem imun tubuh. Antibodi dan sitokin merupakan zat pelindung yang berfungsi melawan infeksi. Zat tersebut dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh saat kita tidur. Ia menggunakan zat ini untuk memerangi penjajah asing seperti bakteri dan virus.

Baca juga : Kenali 5 superfood dalam Al Qur'an

Sitokin tertentu juga membantu Anda tidur. Sehingga sistem kekebalan Anda lebih efisien untuk mempertahankan tubuh Anda dari penyakit.

Akibat yang ditimbulkan saat Kurang tidur juga akan mencegah sistem kekebalan Anda membangun kekuatannya. Jika Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda mungkin tidak dapat menangkis penyerang.

Dan mungkin juga membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari penyakit. Penyakit kronis seperti diabetes melitus dan penyakit jantung juga dipengaruhi oleh kualitas tidur.

3. Sistem pernapasan

Penyakit pernapasan bisa memburuk akibat kurang tidur
sistem-pernapasan-bisa-dipengaruhi-kualitas-tidur

Akibat kurang tidur untuk kesehatan yang kedua yaitu mempengaruhi sistem pernapasan. Tidur dan sistem pernafasan memiliki hubungan yang sangat erat. Gangguan pernapasan malam hari yang disebut obstructive sleep apnea (OSA) dapat mengganggu tidur Anda dan menurunkan kualitas tidur.

Baca juga : Pola Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Berbagai Jenis Penyakit

Imfeksi saluran pernapasan lebih sering terjadi pada seseorang yang kurang tidur pada malam hari. Lebih buruknya lagi akibat kurang tidur juga bisa memperburuk kondisi penyakit paru-paru.

4. Sistem pencernaan

Akibat kurang tidur untuk kesehatan yang ketiga yaitu mempengaruhi sistem Pencernaan. Selain makan terlalu banyak dan tidak berolahraga, kurang tidur merupakan faktor risiko lain untuk menjadi kelebihan berat badan dan obesitas. Tidur memengaruhi tingkat dua hormon, leptin dan ghrelin, yang mengontrol perasaan lapar dan kenyang.

Dilansi dari Healthline fungsi dari Leptin yaitu memberi informasi ke otak bahwa Anda tidak perlu makan lagi atau sudah cukup makan. Tanpa tidur yang cukup, otak Anda mengurangi leptin dan meningkatkan ghrelin, yang merupakan perangsang nafsu makan. Fluks hormon menyebabkan anda ingin ngemil di malam hari.

Akibat Kurang tidur menyebabkkan tubuh menjadi lemah dan lelah sehingga malas untuk berolahraga. Seiring waktu, aktivitas fisik yang berkurang dapat membuat berat badan bertambah karena Anda tidak cukup membakar kalori dan tidak membangun massa otot.

Insulin yang didapatkan setelah makan akan lebih sedikit dilepaskan ketika Anda kurang tidur. Insulin membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa) Anda.

Akibat Kurang tidur juga menurunkan toleransi tubuh terhadap glukosa dan dikaitkan dengan resistensi insulin. Gangguan tersebut dapat menyebabkan diabetes melitus dan obesitas.

5. Sistem kardiovaskular

Akibat kurang tidur untuk kesehatan yang kelima yaitu mempengaruhi sistem kardiovaskular. Tidur memengaruhi proses yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Termasuk yang memengaruhi gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan.

Penyakit kardiovaskular lebih mungkin akan terjadi pada orang yang tidak cukup tidur . Insomnia berhubungan erat dengan meningkatnya risiko serangan jantung dan stroke. Banyak sekali akibat yang ditimbulakan ketika kita kurang tidur.

6. Sistem endokrin

Akibat kurang tidur untuk kesehatan yang keenak yaitu mempengaruhi sistem endokrin. Produksi hormon tergantung pada tidur Anda. Untuk produksi testosteron, Anda membutuhkan setidaknya 3 jam tidur tanpa gangguan, yang merupakan waktu R.E.M. episode. Produksi hormon dapat dipengaruhi oleh tidur malam Anda.

Pada anak-anak dan remaja pengaruh kualiyas tidur sangat besar terhadap produksi hormon. Hormon-hormon ini membantu tubuh membangun massa otot dan memperbaiki sel dan jaringan, selain fungsi pertumbuhan lainnya.

Kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan sepanjang hari, tetapi tidur dan olahraga yang cukup juga membantu pelepasan hormon ini.

Perawatan untuk kurang tidur

Bentuk perawatan kurang tidur yang paling dasar adalah mendapatkan waktu tidur yang cukup, biasanya 7 hingga 9 jam setiap malam. Hal ini sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama jika Anda tidak dapat menutup mata selama beberapa minggu atau lebih.

Setelah tahap ini, Anda mungkin memerlukan bantuan dari dokter atau spesialis tidur yang, jika diperlukan, dapat mendiagnosis dan mengobati kemungkinan gangguan tidur.

Gangguan tidur dapat membuat Anda sulit mendapatkan kualitas tidur di malam hari. Mereka juga dapat meningkatkan risiko efek kurang tidur di atas pada tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan tidur yang paling umum:

  • apnea tidur obstruktif
  • narkolepsi
  • sindrom kaki gelisah
  • insomnia
  • gangguan ritme sirkadian

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter Anda mungkin memesan studi tidur. Ini biasanya dilakukan di pusat tidur formal, tetapi sekarang ada pilihan untuk mengukur kualitas tidur Anda di rumah juga.

Jika Anda didiagnosis dengan gangguan tidur, Anda mungkin diberi obat atau alat untuk menjaga jalan napas tetap terbuka di malam hari (dalam kasus apnea tidur obstruktif) untuk membantu memerangi gangguan tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak secara teratur.

Pencegahan

Akibat kurang tidur untuk kesehatan sangat mempengaruhi cara kerja sistem tubuh kita. Oleh karena itu perlu pencegahan.

Cara terbaik untuk mencegah kurang tidur adalah dengan memastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup. Ikuti pedoman yang disarankan untuk kelompok usia Anda, yaitu 7 hingga 9 jam untuk kebanyakan orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun.

Cara lain untuk kembali ke jadwal tidur yang sehat meliputi:

  1. membatasi tidur siang hari (atau sama sekali menghindarinya)
  2. menahan diri dari kafein lewat tengah hari atau setidaknya beberapa jam sebelum waktu tidur
  3. Menentukan waktu yang sama untuk tidur setiap malam
  4. bangun pada waktu yang sama setiap pagi
  5. berpegang pada jadwal waktu tidur Anda selama akhir pekan dan hari libur
  6. menghabiskan satu jam sebelum tidur untuk melakukan aktivitas santai, seperti membaca, bermeditasi, atau mandi
  7. menghindari makan berat dalam beberapa jam sebelum tidur
  8. tidak menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur
  9. berolahraga secara teratur, tetapi tidak pada malam hari menjelang waktu tidur
  10. mengurangi asupan alkohol

Jika Anda terus mengalami masalah tidur di malam hari  bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat menguji kondisi kesehatan mendasar yang mungkin mengganggu jadwal tidur Anda.

Semoga bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "5 Akibat kurang tidur untuk kesehatan dan sistem tubuh, apa saja itu?"