Cara Menanam Bunga Mawar dalam Pot Agar Berhasil, Penting Untuk Diperhatikan!

cara menanam bunga mawar dalam pot
merawat-mawar-parapuan-co

 Cara menanam bunga mawar dalam pot akan menjadi informasi menarik untuk dibahas. Mawar merupakan salah satu bunga yang paling indah dari semua tanaman kebun. Akan tetapi bunga mawar dapat mengambil banyak ruang di taman anda.

Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot Yang Bisa Anda Praktekan Di Rumah

 Salah satu pilihan terbaik untuk menanam bunga mawar adalah dalam pot, yang memungkinkan Anda bisa memanfaatkan ruang di balkon, atau teras. Menanam bunga mawar dalam pot juga membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengontrol tingkat kelembaban, tanah, dan paparan sinar matahari.

 Pada akhirnya, menanam bunga mawar dalam pot adalah pilihan yang terbaik jika tanah kebun lokal Anda buruk dan tidak cocok untuk menanam mawar yang baik. 

Memilih Bunga Mawar Yang Tepat Untuk Ditanam Dalam Pot

cara menanam bunga mawar dalam pot

  Memilih bunga mawar yang tepat untuk ditanam di pot harus menjadi pertimbangan utama dalam cara menanam bunga mawar dalam pot. Tidak semua mawar akan bekerja dengan baik ketika ditanam dalam pot.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, simak apa saja itu penting!

Jenis Mawar grandiflora cenderung berada di sisi yang lebih tinggi dengan bunga yang mekar besar, dan mereka cenderung terbalik atau berhembus ketika ditanam dalam wadah. Mawar semak, mawar spesies, dan kultivar mawar yang lebih tua mencapai dimensi yang membuatnya sulit untuk tumbuh di ruang yang terkandung juga. 

Baca juga : Cara menanam bonggol aglaonema agar cepat tumbuh

 Yang terbaik adalah tidak memilih mawar teh hibrida untuk kebun Anda, karena biasanya jenis mawar ini tidak tumbuh dengan baik dalam pot. Namun, ada empat jenis mawar yang sangat cocok untuk ditanam dalam pot:

  • Penutup tanah: Jenis bunga mawar Ini tetap rendah dan terlihat indah ketika mereka tumpah di tepi wadah. Tergantung pada ukuran pot Anda dan variasi penutup tanah naik, mungkin juga untuk menggunakannya sebagai batas di sekitar tanaman yang lebih besar. 
  • Miniatur: Jenis-jenis mawar ini telah dibudidayakan untuk tetap berada di sisi kecil, sehingga secara alami cocok untuk tumbuh dalam pot. 
  • Teras: Jika Anda menginginkan mawar yang lebih besar dari mawar miniatur tetapi tidak sebesar mawar standar, cobalah jenis mawar teras . Ini adalah jenis floribunda, dibesarkan dalam skala yang lebih kecil. 
  • Polyantha: Jenis ini mengandung kelompok mawar kecil di tanaman yang lebih pendek. Periksa tag untuk memastikan Anda tidak membeli jenis polyantha yang menjalar tinggi.

Langkah-langkah menanam bunga mawar dalam pot

1. Pilih dan Siapkan pot 

 Cara menanam bunga mawar dalam pot yang pertama ialah memilih dan menyiapkan pot. Pilih pot yang relatif besar dan tinggi saat menumbuhkan semak mawar. Banyak ahli merekomendasikan pot dengan diameter tidak kurang dari 15 inci.
 Mawar menurunkan akar yang dalam, sehingga semakin tinggi potnya akan semakin baik untuk pertumbuhan bunga mawar itu sendiri. Tanah dalam pot memanas lebih cepat dari tanah kebun, sehingga pot tanah liat umumnya lebih baik daripada  pot plastik karena tanah liat lebih lambat untuk memindahkan panas dari matahari ke tanah.
 Jika Anda harus menggunakan pot plastik, gunakan plastik berwarna lebih terang, yang tidak akan memanas secepat plastik gelap.  Pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup di bagian bawah.
cara menanam bunga mawar dalam pot agar berhasil

2. Siapkan Media Tanam

 Cara menanam bunga mawar dalam pot yang kedua yaitu dengan menyiapkan media tanam dalam pot. Ada keseimbangan halus yang harus dipertahankan ketika Anda menanam mawar (atau tanaman lain) dalam wadah. Gunakan media pot yang cukup mengalir dengan baik untuk mengurangi kemungkinan busuk akar sementara cukup berat untuk menahan kelembaban.
 Media tanam yang terkuras terlalu cepat akan mengering sebelum akar dapat mengambil kelembaban, dan tanah yang terlalu berat dalam bahan organik bisa menjadi basah, dan membuat akar menjadi busuk. 
 Buat campuran tanah pot yang terdiri dari sepertiga tanah pot komersial berkualitas, sepertiga kompos taman, dan sepertiga pupuk kompos. Tambahkan secangkir perlite untuk meningkatkan drainase.

3. Menanam bunga Mawar dalam pot

cara menanam bunga mawar dalam pot


Cara menanam bunga mawar dalam pot yang ketiga yaitu menanam bunga mawar kedalam pot. Isi pot sekitar dua pertiga penuh campuran tanah yang disiapkan.
 Jika menanam akar mawar, gundukan tanah di tengah, maka letakkan mawar di atas gundukan dan sebarkan akarnya ke atasnya. Jika menanam mawar pot, buat saja lekukan sedikit, lalu lepaskan mawar dari wadah pembibitan dan letakkan di dalam pot.
 Longgarkan akarnya jika tanaman terikat akar. Isi sekitar mawar menggunakan tanah pot yang tersisa, tekan dengan kuat di sekitar akar. Permukaan tanah harus sedikit di bawah mata tunas — titik di mana mawar dicangkokkan ke batang bawah.
 Tempatkan pot mawar Anda di lokasi yang mendapat setidaknya tujuh jam sinar matahari langsung setiap hari. Di teras dan geladak, ini bisa berarti menggerakkan pot di sekitar sepanjang hari untuk menjaga mereka di bawah sinar matahari. Jika Anda menumbuhkan kelompok mawar pot, jaga jaraknya setidaknya 2 kaki terpisah untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.

4. Siram Bunga mawar dengan teratur

 Menyiram bunga mawar dengan teratur merupakan cara menanam bunga mawar dalam pot yang harus diperhatikan. Segera setelah menanam bunga mawar dalam pot, sirami tanaman dengan saksama sehingga semua tanah tersiram dengan baik.
 Setelah tanam, awasi mawar Anda sehingga Anda tahu kapan harus menyiram. Aturan umum yang baik adalah menyiram ketika inci atas permukaan tanah terasa kering.
 Simpan mawar pot di tanah yang lembab, tidak basah — idealnya, tanah harus memiliki kelembapan spons yang sudah diperas.   Anda akan lebih sukses jika Anda tidak menyiram antara pukul 10 pagi dan 6 malam. Ini biasanya bagian terpanas hari itu, dan penguapan dipercepat selama waktu ini.
 Sebisa mungkin, cobalah untuk menjaga air dari daun. Daun basah dapat menyebabkan jamur tepung dan infeksi jamur lainnya serta penyakit tanaman.  Irigasi tetes bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat mawar kontainer Anda bahagia. Sistem ini dirancang untuk mengirimkan air langsung ke zona akar alih-alih menyemprotkan dedaunan.

5. Pupuk sesuai Kebutuhan 

 Memupuk bunga mawar sesuai dengan kebutuhan merupakan cara menanam bunga awar dalam pot yang benar-benar harus diperhatikan agar tanaman bunga mawar anda tumbuh dan berbunga dengan baik. Ketika Anda menempatkan mawar dalam jumlah terbatas tanah dalam pot, ia dapat dengan cepat menggunakan semua nutrisi yang tersedia.
 Mawar adalah pengumpan berat dalam situasi apa pun, tetapi ketika ditanam dalam pot mereka membutuhkan lebih banyak makanan daripada ketika ditanam di kebun. Berikan pupuk seimbang yang dirancang untuk mawar setiap minggu untuk memastikan bahwa tanaman Anda memiliki akses ke semua makanan yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan yang tepat dan mekar yang kuat.
 Setiap pupuk seimbang berfungsi baik untuk mawar; yang dipasarkan sebagai "pupuk mawar" atau "perawatan mawar sistemik" mungkin memiliki bahan tambahan yang ditujukan untuk mencegah penyakit jamur atau hama.  Ikuti petunjuk pupuk dengan hati-hati, karena pemupukan berlebih bisa sama buruk atau lebih buruk daripada tidak memberi makan sama sekali.
 Berikan pupuk ke tanah dan bukan daun (kecuali jika petunjuk memerintahkan Anda untuk melakukannya) karena dedaunan dapat dibakar oleh garam dalam pupuk.

5. Repot Setiap Beberapa Tahun

 Kecuali untuk mawar mini, sebagian besar mawar yang ditanam dalam pot perlu direpotkan setiap dua atau tiga tahun, karena mereka adalah pengumpan berat yang dengan cepat menghabiskan tanah pot. Menggunakan tanah pot yang baru disiapkan setiap kali Anda merepotkan akan menjaga tingkat nutrisi pada tingkat yang dapat diterima.
 Seiring waktu, garam dan mineral dari pupuk juga dapat menumpuk di tanah. Ini berpotensi merusak mawar, tetapi mengubah tanah secara teratur harus mencegah hal itu. Tanah pot yang habis dapat ditambahkan ke tempat sampah kompos.

7. Penanggulangan Hama dan Penyakit

 Cara menanam bunga mawar dalam pot agar berhasil ialah dengan menjaganya dari hama dan penyakit yang menyerang. Mawar pot rentan terhadap banyak hama dan penyakit yang sama yang dapat mengganggu mawar yang ditanam di kebun.
 Serangga paling umum yang akan Anda temukan pada mawar Anda adalah kutu daun. Kutu daun biasanya berkumpul pada kuncup dan meninggalkan tempat mereka menyedot jus, membuat bagian yang terkena layu. Saat pertama kali melihat kutu daun, gunakan selang untuk menyemprotkannya dari tanaman. Lakukan ini di pagi hari sehingga mawar memiliki waktu untuk mengering sebelum suhu turun, yang dapat menyebabkan penyakit jamur dan membusuk. Atau, Anda juga dapat mengambil kutu daun dengan tangan, meskipun ini bisa menjadi tugas yang membosankan jika tanaman itu dipenuhi serangga kecil.
  Mawar pot rentan terhadap berbagai penyakit jamur, termasuk jamur bubuk dan bintik hitam. Meskipun ada fungisida yang dapat mengobati penyakit jamur pada mawar, strategi terbaik adalah pencegahan — untuk memastikan mawar memiliki sirkulasi udara yang baik, yang mengurangi kemungkinan infeksi jamur.

 Demikian penjelasan mengenai cara menanam bunga mawar dalam pot agar berhasil. Mulai dari pemilihan jenis mawar, menyiapkan pot, media tanam, menanamnya, menyirami dan mencegah hama yang menyerang. Semoga informasi di atas bermanfaat.

sumber : thespruce.com

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Mawar dalam Pot Agar Berhasil, Penting Untuk Diperhatikan!"