Cara Menanam Bonggol Aglonema Agar Cepat Tumbuh Dan Subur, Pantang Gagal!

 

Cara menanam bonggol aglonema

 Cara menanam bonggol aglonema agar cepat tumbuh dan subur, penting sekali untuk anda ketahui. Anda pecinta tanaman hias? Jenis aglonema apa yang menjadi favorit anda?. 

 Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang tidak lekang dimakan oleh waktu. Dari sejak kemunculannya sampai sekarang aglonema tetap menjadi tanaman hias yang harganya cukup tinggi, bahkan untuk jenis tertentu harganya bisa selangit.

 Selain warna dan bentuk aglonema yang menarik dan beragam, cara pembudidayaan dan perawatan aglonema pun terbilang cukup mudah. Anda bisa memperbanyak aglonema dari bonggolnya. Dilansir dari berbagai sumber berikut cara menanam bonggol aglonema agar cepat tumbuh subur dan terhindar dari kebusukan.

Baca juga : Penyebab kegagalan pertanian hidroponik yang perlu anda ketahui

Cara menanam bonggol aglonema agar cepat tumbuh dan tidak busuk

Cara menanam bonggol aglonema


 Untuk anda yang ingin memperbanyak aglonema dengan cara menanam bonggolnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pastikan kondisi bonggol 

 Cara menanam bonggol aglonema yang pertama yaitu dengan mengecek kondisi bonggol tersebut, baik bonggol milik sendiri maupun bonggol yang anda beli di toko online. Pastikan keadaan bonggol sehat dan tidak rusak. 

 Apabila anda menemukan akar atau bonggol yang rusak sebaiknya potong bagian tersebut, pastikan bahwa semuanya sehat dan tidak busuk.

2. Bersihkan akar dan bonggol aglonema

 Sebelum anda menanam bonggol aglonema, sebaiknya bersihkan dari kotoran-kotoran, siram atau semprot dengan air  sampai bersih.

Mau belanja di Bukalapak Klik disini

3. Pemberian fungisida pada bonggol aglonema

 Cara menanam bonggol aglonema agar cepat tumbuh yang ketiga yaitu dengan memberikan fungisida pada ujung bonggol aglonema agar bonggol tidak terkena jamur. Ada juga sebagian orang yang memberikan cairan seperti betadine yang bertujuan menghindarkan bonggol dari bakteri dan kuman sehingga bonggol tidak mudah membusuk.

4. Menyemprotkan cairan perangsang akar

 Gunakan cairan perangsang akar dan tunas, biasanya orang-orang memaki B1 untuk menyemprot bonggol aglonema dan akarnya. Pastikan sebelum menyemprot bonggol dalam keadaan bersih, mata tunas dan mata akarnya tidak tertutup oleh tangkai daun yang mengering atau mati.

 Usahakan untuk menyemprot bonggol aglonema sampai basah supaya akar dan tunasnya cepat tumbuh.
Cara menanam bonggol aglonema

5. Siapkan media tanam aglonema

 Media tanam untuk aglonema sebaiknya tanah yang dicampur dengan sekam, dengann perbandingan tanah dan sekam 1 : 2. Jumlah sekam lebih banyak dimaksudkan agar media tanam aglonema tidak terlalu padat, sehingga memudahkan akar dan tunas untuk tumbuh.

6. Menanam bonggol aglonema

 Cara menanam bonggol aglonema dimedia tanam yaitu dengan menanamnya sebagian bonggolnya saja, jangan penuhi pot dengan media tanam, cukup setengah pot saja. Pastikan ujung bonggol aglonema tidak tertutup, atau sisakan sekitar 2-3 cm di atas permukaan media tanam.

 Anda juga bisa memberikan furadan anti semut dibawah media tanam sebelum menanam bonggol aglonema, agar bonggol terhindar dari semut, atau anda juga bisa menyiramkan cairan fungisida ke media tanam agra media tanam terhindar dari jamur yang membahayakan aglonema anda.

7. Bungkus dengan plastik

 Setelah semua langkah dilakukan, yang terakhir yaitu membungkusnya dengan plastik bersih. Setelah sekitar satu minggu tunas akan mulai muncul. Jangan memindahkan tabung aglonema baru sampai benar-benar tumbuh dan sehat agar aglonema tidak stres. 

 Demikian cara menanam bonggol aglonema agar cepat tumbuh dan subur. Dengan memperhatikan media tanam aglonema, cara menjaga aglonema semoga pembiakan aglonema dengan cara ini memudahkan anda dan berhasil . Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

sumber : kompas



 
 
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bonggol Aglonema Agar Cepat Tumbuh Dan Subur, Pantang Gagal!"