Cara Merawat daun aglaonema agar mengkilap, Dijamin semakin menarik!

 
Cara Merawat daun aglaonema agar mengkilap

 Cara merawat daun aglaonema agar mengkilap untuk menambah nilai keindahan aglaonema. Mempunyai tanaman hias di dalam rumah tentu saja menjadi satu diantara langkah untuk mempercantik rumah. Bunga aglaonema, atau umum disebut sebagai Sri Rezeki, atau ratu tanaman.

 Disamping memiliki bentuk  elok dan anggun, nilai usaha tanaman hias ini ternilai lumayan tinggi. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara budidaya bunga aglaonema tentu saja akan memberikan keuntungan untuk anda pecinta tanaman hias.

cara merawat daun aglaonema agar mengkilap


Agar aglaonema cepat beranak dan Cara merawat daun aglaonema agar mengkilap

 Sebagai salah satu langkah menjaga bunga aglaonema ialah langkah penanaman bunga itu sendiri agar tanaman subur dan memiliki daun yang mengkilap. Ada 4 sistem berlainan yang bisa dilaksanakan untuk mengawali proses penanaman bunga aglaonema ini, yakni seperti berikut:

Penanaman dan Cara agar aglaonema cepat beranak

1. Lewat Biji

 Cara agar aglaonema cepat beranak anda dapat melakukan penanaman lewat biji sebagai proses penanaman secara kawin atau generative. Agar bisa menanam bunga ini dari biji, seharusnya tentukan biji yang dari induk yang telah cukup tua atau berusia.

Saat sebelum ditanamkan, biji seharusnya dipendam sekitaran 2 atau 3 jam agar bisa percepat timbulnya kecambah.

Baca juga : Usaha tanaman yang bisa menjanjikan untuk masa depan, yuk cek apa saja!

2. Lewat Stek

 Menanam tanaman ini dengan cara stek sebagai salah satunya proses penanaman tidak kawin atau vegetative. Triknya cukup dengan menanam puncak indukan aglaonema.

 Seharusnya pilih indukan yang mempunyai tangkai yang kuat dan mempunyai minimum 4 daun yang masih ada sesudah puncaknya diambil. Ini dilaksanakan agar tanaman indukan masih tetap hidup sesudah dipotong puncaknya.

 Sesudah diputuskan indukannya, potong puncaknya kurang lebih 6 sampai 7 batas daun. Tanam puncak pada tempat tanam dan tempatkan pada tempat teduh. Menanam tanaman ini dengan stek mempunyai kekurangan, yakni ialah indukannya yang diambil puncaknya akan tumbuh bercabang nantinya.

Cara Merawat daun aglaonema agar mengkilap

3. Lewat Cangkok

 Menanam aglaonema lewat cangkok tidak terlampau susah, tapi membutuhkan kecermatan apabila sukses, tanaman akan berkembang secara cepat. Tapi bila gagal, indukan yang dicangkok akan alami pembusukan batang. Langkah penanaman tanaman dengan cangkok bermula dari penyeleksian indukan. Beberapa ciri tanaman yang siap jadi indukan untuk cangkok ialah mempunyai tangkai yang warna cokelat dan kuat. Indukan dengan ciri-ciri ini biasanya telah luruh atau mudah luruh saat disentuh.

 Saat telah mendapati tangkai yang pas, kelupas sedikit tangkai tanaman sampai kelihatan sisi dalam batangnya yang simak dan putih. Lalu, lapisi sisi ini dengan gabungan tanah sekam, pasir malang, humus, dan pakis dengan perbedaan 1:5:2:2, lalu buntel sisi itu dengan plastik. Sesudah terbungkus secara baik dan rapat, berikan beberapa lubang kecil pada plastik agar ada perputaran udara sekalian sebagai lubang pengakaran. Lalu, semprot plastic pembungkus sekitar 2x dalam satu hari dan tanaman akan siap dalam 3 - 4 minggu. 

Baca juga : Melon fertigasi, sistem hidroponik yang mudah dipraktekan

4. Lewat Pembelahan Anakan

  Langkah menanam dengan sistem pembelahan anakan bisa dilaksanakan dengan menggunting akar ikat di antara anakan dan indukan. Anakan yang dipisah ialah anakan yang sudah mempunyai daun mekar dan tidak tergulung. Tapi, saat sebelum menggunting akar ikatan, yakinkan jika indukan mempunyai akar yang kuat. Ciri-ciri akar indukan yang kuat diikuti dengan warna yang gendut dan putih.

 Agar proses tumbuhnya tunas bisa lebih cepat sesudah lakukan pembelahan anakan, potong puncak indukan sampai sisa satu daun saja. Langkah ini benar-benar berperan untuk menggairahkan tanaman agar membuat tunas baru. Dan agar tanaman indukan selalu terlindungi, dianjurkan untuk memoles cairan antiseptik khusus tanaman di bagian yang telah dipotong dan padatkan pada wilayah sekitaran akar tanaman induk.

Cara merawat daun aglaonema agar mengkilap, wajib anda diketahui

 Ada beberapa cara merawat aglaonema agar mengkilap yang perlu anda perhatikan yaitu sebagai berikut

1. Media Tanam

 Untuk mendukung pertumbuhan dan perawatan daun aglaonema agar mengkilap media tanam menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Ada banyak tipe media tanam yang bisa dipakai untuk mendukung perkembangan tanaman ini:

  • Sekam Bakar : mempunyai ketahana n lama dan memiliki sifat steril, tetapi daya serapnya kurang baik.
  • Pakis : mempunyai mekanisme drainase, daya serap air, dan ketahanan yang baik untuk perubahan akar.
  • Pasir Malang : menahan media yang paling basah atau berlangsungnya kubangan air
  • Cocopeat : hasil olahan sabut kelapa yang bisa meredam air

2. Penyiraman Tanaman

 Penanaman tanaman aglaonema harus disamakan dengan situasi keadaan dan keadaan tempat tanam itu sendiri. Penyiraman umumnya dilaksanakan dengan sesuaikan dalam jumlah tempat tanam dan air. 

 Penyiraman seharusnya memakai air bersih tanpa memiliki kandungan zat beresiko seperti kaporit. Akan lebih bagus bila pakai air sumur dibanding air PDAM karena memiliki kandungan kaporit. Makin lama bila disiram sama air kaporit, bisa memengaruhi tingkat kecemerlangan tanaman. Silahkan baca juga langkah menjaga tanaman kentang pada musim hujan.

3. Pemupukan

 Pemberian pupuk sebagai aktivitas yang perlu agar tanaman berkembang pesat. Beri pupuk sekitar sekali dalam dua minggu dengan teratur yang nanti akan mendukung perkembangan tanaman ini. Pupuk yang umum dipakai sebagai pupuk NPK, Gandasil D, Vitabloom, Hyponex, dan Growmore seperti langkah mengawetkan bunga mawar supaya tidak layu.

Baca juga : Cara menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat

4. Lihat Penyakit dan Hama

 Penyakit dan hama ialah poin utama yang perlu jadi perhatian karena bisa mengusik perkembangan tanaman. Penyakit umum yang kerap serang tanaman ini ialah jamur fusarium. 

 Pakailah fungisida untuk memberantas jamur ini ibarat langkah menjaga semangka pada musim hujan. Tapi tidak boleh kebanyakan memakai zat kimia karena ada karena pemakaian pestisida dan herbisida yang terlalu berlebih untuk tanah.

  Sedang hama yang kerap serang tanaman ialah ulat. Langkah menanganinya dengan singkirkannya dengan manual dari batangnya. Pakai air sabun bila ingin menangani hama seperti kutu kebul tapi tidak boleh terlampau pekat dalam pembikinan air sabunnya.

 5. Perawatan Musim Kemarau

 Musim kemarau sebagai musim yang beresiko untuk tanaman ini dan memerlukan perawatan spesial agar daun aglaonema berwarna merah dan daun masih tetap cantik. Karena berlangsungnya peralihan temperatur yang mencolok pada musim kemarau, daun tanaman ini condong luruh. Poin utama untuk menahan ini dengan jaga kelembapan media tanam.

6. Pengkilap daun aglaonema

 Cara merawat daun aglaonema agar mengkilap lumayan gampang, yakni dengan memakai susu, ampas air, dan kelapa. Kombinasi seluruh bahan itu bisa dipakai dengan menggunakan spon yang lembut lalu diterapkan pada daun. Langkah ini termasuk efisien dan gampang untuk dilaksanakan dalam jaga kemilau daun tanaman aglaonema.

 Demikian cara agar aglaonema cepat beranak dan cara merawat daun aglaonema agar mengkilap, mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda yang ingin menjaga tanaman aglaonema di rumah. Semoga bermanfaat.

Sumber : ilmubudaya,com

 

 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Merawat daun aglaonema agar mengkilap, Dijamin semakin menarik!"