Cara Menanam Bunga Matahari Di Rumah Agar Cepat Tumbuh, Wajib Anda Ketahui!

 

cara menanam bunga matahari di rumah

 Cara menanam bunga matahari, informasi menarik terutama bagi anda yang hobi berkebun dan ingin menanam bunga matahari. Bunga matahari adalah salah satu bunga terbesar dan paling terang di sekitarnya. 

 Dengan kelopak kuning keemasan yang indah, bunga matahari menghadirkan perasaan bahagia dan percikan warna yang semarak ke taman. bunga matahari juga sangat mudah tumbuh, hingga anak-anak sekalipun bisa merawatnya. 

 Pertama kali ditemukan sekitar 3.000 SM, bunga matahari adalah sumber makanan untuk suku Indian Amerika, dipanen untuk dijadikan minyak dan biji-bijian yang kaya nutrisi yang sering ditumbuk dan digunakan sebagai tepung untuk memanggang roti.  

 Saat ini, selain menjadi bunga yang menambah keindahan taman dan kebun, bunga matahari juga bisa dipotong dan ditempatkan ke dalam vas di dalam ruangan, biji-bijian dan minyaknya masih populer untuk dimakan.

Cara menanam bunga matahari di rumah yang tepat

 Ingin tahu cara menanam bunga matahari di rumah? Panduan langkah demi langkah ini akan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan untuk menanam bunga matahari dari biji di kebun atau halaman rumah Anda sendiri.

Kapan waktu yang tepat untuk menanam bunga matahari

 Cara menanam bunga matahari di rumah yang pertama adalah menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pembenihan. Saat menanam bunga matahari, Anda biasanya dapat menanam benih dari awal Maret hingga pertengahan Mei, tetapi ini akan berbeda dengan varietas sehingga selalu periksa keterangan di paket benih yang anda beli. Untuk pembenihan terbaik, benih harus dilindungi sampai mereka berkecambah, dan bibit tingginya sekitar 5cm; yang terbaik adalah melakukan ini di dalam ruangan untuk menghindari kerusakan akibat udara yang terlalu dingin.

Menanam bunga matahari dari kuaci

cara menanam bunga matahari di rumah

Menabur bunga matahari di nampan benih  

Apa yang Anda perlukan untuk memulai:  
  • Biji bunga matahari 
  • Baki benih 
  • Kompos multiguna 
  • Label tanaman 
  • Marker untuk penanda
Langkah-langkah pembenihan:
  1. Isi baki benih dengan beberapa kompos serba guna hingga sekitar 1cm di bawah bagian atas. 
  2. Tambahkan satu biji per sel dan dorong ke bawah dengan lembut ke dalam kompos. 
  3. Isi setiap sel ke atas dengan lebih banyak kompos dan kemudian sirami dengan baik. 
  4. Terakhir, tambahkan label tanaman sehingga Anda tahu apa yang Anda tanam.  
  5. Posisikan baki benih yang diisi di tempat yang hangat dan cerah; ambang jendela yang cerah sangat ideal untuk ini.  
  6. Setelah bibit Anda berkecambah dan tumbuh sekitar 5cm (2 inci), mereka dapat dipindahkan ke pot individu dengan diameter sekitar 7,5cm (3 inci). 
  7. Tambahkan sedikit kompos multiguna ke setiap pot kemudian dengan hati-hati lepaskan bibit dari baki dan tempatkan ke dalam pot baru. Isi dengan kompos kemudian dorong kompos ke bawah untuk memadatkannya dan mengamankan bibit. 
  8. Siram dengan baik dan tambahkan label tanaman Anda. 
  9. Posisikan pot di tempat yang hangat dan cerah
cara menanam bunga matahari di rumah untuk pemula

Tip: Lakukan dengan perlahan saat mengeluarkan bibit dari sel mereka untuk menghindari kerusakan pada tanaman atau akar. Jika perlu, congkel dengan benda sempit dan rata seperti pisau makan atau bahkan label tanaman, di sekitar bagian dalam sel untuk melonggarkannya.
  
Tip: Jika sudah ditahap ini, Anda dapat mulai menggunakan pupuk cair untuk mendukung pertumbuhan bibit; pupuk harus diencerkan sebesar 50% dan digunakan dua kali seminggu. 

 Setelah tanaman Anda mencapai ketinggian 30cm (12 inci), Anda dapat menanamnya di kebun atau memindahkannya ke pot yang lebih besar. 

Menanam biji bunga matahari di tanah 

cara menanam bunga matahari di polybag

 Tahapan selanjutnya dari cara menanam bunga matahari di rumah adalah menanam biji bunga matahari di tanah. Sebelum memulai, Anda perlu memastikan bahwa tanah tempat Anda akan menabur benih adalah tekstur yang rapuh dan bebas gulma, pastikan Anda memilih area dengan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik.  

 Ada baiknya untuk menambahkan beberapa bahan organik ke area yang Anda tanam karena ini akan membantu memberi makan bunga matahari Anda.  Buat lubangan untuk setiap benih dengan jarak 10cm di antara masing-masing.  

 Tempatkan benih dengan hati-hati ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah. Saat bibit tumbuh, tipiskan tanaman sehingga terpisah sekitar 45cm (18 inci).  

 Setelah bunga matahari menjadi lebih tinggi, gunakan tongkat untuk menopang batang dengan mengikat batang secara longgar ke tongkat dengan beberapa tali. Ini akan membantu menjaga batang tetap kuat dan tanaman akan didorong untuk tumbuh lurus.

Pembuangan titik tumbuh bunga matahari

 Pinching adalah teknik yang digunakan untuk mendorong batang baru tumbuh pada tanaman.  
Jika Anda menanam bunga matahari untuk kompetisi dan ingin memaksimalkan ketinggian tanaman, maka Anda disarankan untuk tidak melakuakn pinching pada ujung yang tumbuh. 

 Ini karena ujung yang tumbuh adalah apa yang membuat tanaman tumbuh tinggi dan memberi Anda ketinggian ekstra yang Anda cari. Jika Anda menanam bunga matahari dengan tujuan untuk mengambil bunganya, membuang titik ujung yang tumbuh akan menghambat tanaman sehingga menghasilkan lebih banyak bunga.

 Untuk membuang titik tumbuh bunga matahari, lepaskan ujung tanaman yang tumbuh menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda; ini harus dilakukan setelah tanaman mencapai 20cm hingga 25cm (8 hingga 10 inci) tingginya.  Tanaman harus tumbuh setinggi 1,8 m - 2,2 m, tetapi Anda harus mengharapkan 4x jumlah bunga yang biasanya Anda lihat, memberi Anda banyak bunga indah untuk dipotong dan ditampilkan.

Berapa lama menanam bunga matahari sampai tumbuh? 

berapa lama menanam bunga matahari?

Ada berbagai jenis bunga matahari, dan masing-masing akan tumbuh pada tingkat yang berbeda. Namun, rata-rata dibutuhkan antara 80 dan 120 hari bagi tanaman untuk matang dan mengembangkan benih.

 Demikian beberapa cara menanam bunga matahari di rumah untuk pemula. Dengan mengetahui langkah-langkah dan berapa lama menanam bunga matahari, semoga anda berhasil dalam menanam bunga matahari di rumah. Anda bisa menanam bunga matahari langsung di tanah, atau di polybag sekalipun. Semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Matahari Di Rumah Agar Cepat Tumbuh, Wajib Anda Ketahui!"