Cara Menanam Tomat Dari Biji Untuk Pemula, Dijamin Berhasil!

 

cara menanam tomat dari biji

 Apakah anda hobi bercocok tanam? informasi cara menanam tomat dari biji mungkin akan menjadi artikel menarik untuk anda baca. Mengapa memulai menanam dari biji tomat jika Anda sendiri bisa membeli benih di tempat pembenihan setempat dan membeli bibit yang siap ditanam?.

 Alasan terbesar adalah variasi! Pembibitan lokal Anda mungkin memiliki selusin jenis tomat, tetapi menanam tomat sendiri dari biji memungkinkan Anda memilih dari ribuan varietas terbaik, hibrida, dan berbagai jenis tomat sesuai dilabel benih tomat yang anda miliki. Ditambah lagi menanam tomat Anda sendiri dapat menghemat uang, terutama jika Anda memiliki taman besar.

Cara menanam tomat dari biji

cara menanam tomat dari biji


 Jika anda berniat menanam tomat dari biji, anda pasti akan mencari tahu jenis tomat apa yang terbaik dan cocok untuk ditanam di taman maupun kebun anda. Berikut beberapa referensi jenis tomat berdasarkan jenis/tipe tumbuh:

1. Tomat tipe determinate

 Karakteristik yang dimiliki tomat tipe determinate :
  • Pertumbuhan batang dan waktu panen yang relatif cepat
  • Pertumbuhan tanaman akan terhenti setelah munculnya bunga dan buah
  • Banyak dikembangkan di negara berkembang (Mementingkan kuantitas daripada kualitas karena mengejar harga jual)
  • jenis tomat tipe determinate seperti Lentana, Servo, Loyal, Betafilla dan lain-lain.
  • Tomat determinate cocok ditanam di daerah dataran tinggi.

2. Tomat tipe semideterminate

Karakteristik yang dimiliki tomat tipe semideterminate :
  • Tinggi tanaman sekitar 1-2 meter, sehingga tandan buah lebih banyak dari tomat tipe determinate
  • Lebih cocok ditanam di pekarangan atau lahan yang terbatas
  • Jenis tomat semideterminate seperti Royal 58, Fortuna 23 dan lain-lain
  • Jenis tomat semideterminate lebih cocok ditanam di dataran rendah atau menengah hingga tinggi

3. Tomat Indeterminate

Karakteristik yang dimiliki tomat tipe Indeterminate :
  • Batang akan terus tumbuh walaupun bunga dan buah sudah muncul
  • Umur panen tomat jenis inderminate relatif lebih lama dan pertumbuhan batang relatif lambat
  • Tinggi tanaman bisa mencapai 2,5 meter sampai 3,2 meter
  • Bisa ditanam dimedia hidroponik maupun greenhouse
  • Memerlukan lanjaran untuk menegakan batang tumbuhan
  • Jenis tomat indeterminate seperti Cherry dan beef, tomat yang sering dibudayakan di negara Eropa dan Amerika

Langkah-langkah menanam tomat dari biji

 Ikuti langkah-langkah berikut untuk menanam tomat dari biji berikut ini:

1.Taburkan benih pada waktu yang tepat

 Cara menanam tomat dari biji yang pertama yaitu menaburkan benih diwaktu yang tepat. Menanam tomat dari biji membutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan minggu dari menabur hingga transplantasi. Memulai benih di dalam ruangan terlalu dini menghasilkan bibit berkaki panjang dan tumbuh terlalu banyak. 

2. Gunakan wadah bersih

cara menanam tomat dari biji

 Cara menanam tomat dari biji yang kedua yaitu anda harus menyiapkan wadah yang bersih untuk tempat persemaian bibit tomat. Anda bisa menggunakan baki plastik, pot plastik ataupun karton susu daur ulang. 

3. Gunakan campuran awal benih berkualitas tinggi 

 Berikan tomat Anda awal yang tepat dengan media tumbuh yang ringan dan berdrainase baik seperti Pro-Mix Seed Starting Mix. Basahi campuran sebelum mengisi pot atau kemasan sel untuk menghindari pembasahan yang tidak merata.
cara menanam tomat dari biji untuk pemula

4. Tanam benih di kedalaman yang tepat 

 Langkah selanjutnya dalam cara menanam tomat dari biji yaitu menanam benih tomat dengan kedalaman yang tepat. Biji tomat cukup kecil dan jika Anda menanamnya terlalu dalam, Anda tidak akan pernah melihatnya lagi. 

 Taburkan sekitar seperempat inci, tutupi dengan ringan dengan campuran pot yang dibasahi. Beri label setiap varietas dengan label plastik atau kayu dan nama yang ditulis dalam spidol permanen (percayalah, Anda tidak akan ingat yang mana jika Anda tidak memberi label).

5. Berikan banyak cahaya 

cara menanam tomat dari biji


 Bibit yang kuat dan sehat membutuhkan banyak cahaya. Tempat yang ideal untuk memulai benih adalah di bawah cahaya tumbuh, di mana Anda mengontrol jumlah cahaya. Pastikan bibit mendapatkan cahaya yang cukup untuk pertumbuhan mereka, jika intensitas cahaya di tempat anda sulit, anda bisa menggunakan grow light sesuai aturan yang dianjurkan untuk usia bibit tertentu. 

6. Pertahankan kelembaban 

 Cara menanam tomat dari biji selanjutnya yaitu mempertahankan kelembaban media tanam. Overwatering adalah salah satu cara tercepat untuk membunuh bibit halus, jadi awasi kelembaban tanah. Seharusnya sedikit lembab, tetapi tidak basah kuyup. Setelah biji ditaburkan, gunakan kubah plastik bening atau selembar bungkus plastik di atas nampan dan wadah untuk menjaga kelembaban. Setelah perkecambahan terjadi, lepaskan semua penutup agar udara dapat bersirkulasi.

7. Pupuk bibit secara berkala

 Pupuk menjadi hal penting dalam cara menanam tomat dari biji. Sebaiknya tambahkhan pupuk organik yang larut dalam air. Berikan jarak sekitar 12-14 hari secara berkala atau ikuti petunjuk yang tertera pada label pupuk organik jika anda membelinya di toko pertanian.

8. Memindahkan ke media tanam/tanah

cara menanam tomat dari biji


 Cara menanam tomat dari biji yang terakhir ialah memindahkan bibit yang sudah cukup umur ke tanah atau media tanam lainnnya.  Beri jarak sekitar 60 cm tiap untuk tiap tanaman tomat anda. Tutupi tanah dengan jerami, lapisan mulsa atau potongan rumput supaya tidak tumbuh gulma. Tambahkan kompos saat buah pertama telah matang, agar mempercepat pertumbuhan tomat baru.

 Demikian cara menanam tomat dari biji, selamat mencoba, semoga berkah manfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Tomat Dari Biji Untuk Pemula, Dijamin Berhasil!"