11 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan tahan panas

  

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat informasi menarik untuk anda pecinta tanaman hias.  Tanaman hias bisa menjadi solusi untuk mempercantik dan memperindah halaman rumah anda. Pemandangan halaman yang asri tentu bisa didapatkan dengan tanaman hias outdoor yang cantik dan menarik.

 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat tentu menjadi incaran dan koleksi banyak pecinta tanaman hias. Harga tanaman hias pun sangat beragam. Ada yang sangat murah hingga sangat fantastis alis mahal pake banget.

Jenis Tanaman Hias Outdoor yang mudah dirawat Untuk Percantik Halaman

 Ada banyak tanaman yang dapat dikatakan menjadi tanaman hias outdoor. Apa itu tanaman hias outdoor? akan dijelaskan di artikel ini, dimulai dari tanaman hias yang mempunyai bunga-bungaan, sampai tanaman hias yang tidak mempunyai bunga.

 Baik yang mempunyai bunga atau mungkin tidak, tetap tanaman yang akan dijelaskan ini dapat disebut menjadi tanaman hias ada pula info bagaimanakah cara perawatannya. 

Jenis tanaman hias outdoor yang mudah ditanam dan tahan panas

 Berikut beberapa referensi tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan tahan panas untuk mempercantik halaman rumah anda.

1. Kastuba

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Referensi tanaman hias outdoor yang mudah dirawat pertama yaitu kastuba. Termasuk dalam jenis tanaman hias luar ruang yang tidak mempunyai bunga tetapi masuk ke daftar tanaman hias.

 Kastuba benar-benar tidak mempunyai bunga, tetapi daun saja. apa yang unik dari kastuba sebagai tanaman? daun-daun dibagian bawah warna hijau, sedang yang dibagian atas warna merah.

 Warna merah pada daun kastuba ini kelihatannya benar-benar seperti bunga. Tetapi bila dilihat dengan seksama ternyata adalah daun warna merah.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan

2. Mandevilla Sanderi

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Beberapa ciri dari tanaman hias outdoor mandevilla sanderi yaitu sebagai tanaman yang mempunyai banyak bunga dengan ukuran sedang dan warna yang bervariasi. Variasi warna dalam satu pohon mandevilla sanderi sangat beragam, ada bunga yang warna putih, pink muda, pink, dan merah.

Anda tidak akan menyesal pilih mandevilla sanderi, walaupun perawatannya membutuhkan tenaga ekstra. Anda harus rajin membersihkannya karena daun atau bunganya kerap luruh.

 Mandevilla sanderi adalah tanaman yang tahan panas dan hujan, sebab ini anda tidak perlu cemas ketika cuaca begitu panas atau waktu hujan lagi mengguyur. Walau demikian, tanaman ini masih memerlukan penyiraman ya.

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

3. Geranium 

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Bunga geranium ialah tanaman  hias outdoor yang menjadi salah satu referensi untuk dipertimbangkan. Nama lain dari bunga geranium ialah bunga tapak dara. Tapak dara memiliki fungsi lain selain sebagai tanaman hias.

Baca juga : Membuat kebun sayur di lahan sempit

 Bunga dari tanaman seharusnya mempunyai aroma, tetapi ada beberapa dari tanaman berbunga yang bunganya tidak berbau. Bunga dari tapak dara mempunyai haruman dan bukan sebatas wewangian.

 Malah, aroma dari bunga ini dapat digunakan untuk menyingkirkan nyamuk. Karena itu, sangat lumrah bunga geranium diambil faedahnya oleh industri lotion pengusir nyamuk.

 Bila anda menanyakan bagaimanakah cara perawatannya, jawabannya benar-benar mudah. Tanaman yang tahan dengan cuaca panas ini, tidak memerlukan perawatan spesial seperti tanaman hias luar ruang pada umumnya.

4. Euphorbia

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Euphorbia sempat menjadi tanaman yang ngetren dan booming di pasaran. Harganya membumbung tinggi waktu itu dan memang benar-benar wajar. Karena euphorbia yang waktu itu ngetren mempunyai penampilan yang unik,menarik dan elok.

Pilihan euphorbia banyak sekali, ada yang berbunga merah, putih, warna yang lain, atau kuning. Perawatan tanaman hias outdoor yang satu ini terhitung mudah. Jangan lupa memberikan pupuk dan sirami sehari sekali saja, karena tanaman euphorbia tidak terlalu memerlukan banyak air untuk kelangsungan hidupnya.

Baca juga : Cara menanam pakcoy hidroponik

 Penyiraman harus betul-betul jadi perhatian, karena bila terlalu berlebih batangnya akan jadi membesar dan kemungkinan membusuk lebih besar. Daun dan bunganya cukup kerap rontok jadi anda harus ekstra tenaga untuk membersihkannya.

 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat ini tdak mempunyai akar yang cukup kuat, jadi jika anda berniat memnindahkannya kesuatu tempat, sebaiknya lebih berhati-hati lagi.

5. Tanduk Rusa 

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat


 Jika anda mencari tanaman hias outdoor yang mudah dirawat, dapat digantung dan memiliki bentuk tidak menjemukan, tanduk rusa menjadi pilihan tepat. Dibandingkan tanaman hias lain, tanduk rusa mempunyai keunikan dan kelebihan tersendiri.

 Tanaman outdoor yang satu ini enak sekali dipandang mata dan tidak membosankan. Warna daunnya hijau muda fresh, dan daunnya berbentuk seperti tanduk rusa. Bagaimanakah dengan perawatannya?Termasuk tidak susah atau bisa dibilang gampang.

 Tanaman tanduk rusa menjadi slah satu tanaman yang terkenal di Indonesia loh, karena bentuk yang unik dan tidak sama dengan tanaman lain pada umumnya.

6. Bunga Kamboja

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat


 Bunga kamboja termasuk jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat juga. Tanaman ini dapat menghiasi kebun atau halaman rumah anda yang luas. Malah, dengan tanaman ini anda dapat munculkan kesan-kesan kekinian sekaligus tradisionil.

 Anda dapat membenahi dekor taman rumah dengan batu-batuan sama seperti yang berada di halaman candi dan tambahkan bunga kamboja untuk mengoptimalkan keelokan dan keunikannya

Baca juga : cara menanam melon dengan sistem fertigasi

 Bunga kamboja tidak selalu dapat menghiasi dengan kondisi pohon yang telah besar saja. anda bisa juga memelihara kamboja dalam ukuran kecil, misalkan dengan memasukkan ke dalam pot- polybag atau pot.

 Perawatan tanaman hias yang satu ini cukup mudah, anda hanya akan memerlukan pupuk dan lakukan pemupukan tiap satu atau dua bulan sekali. Penyiramannya tidak perlu banyak-banyak, sebab jika terlalu banyak malah akan mati.

7. Bunga Thunbergia


 Bunganya hampir serupa dengan bunga terompet, namun saja tanaman tersebut adalah dua spesies tanaman yang berbeda. Bunga ini benar-benar pas buat anda yang menginginkan tanaman hias yang menggantung.

 Jadi, bila anda berniat menghiasi carport, kanopi, atau sebatas hiasan saja, anda dapat menambah bunga ini agar kesannya makin segar. Warna dari bunga thunbergia ada yang putih, kuning, bahkan juga ungu.

8. Bunga Portulaca

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Seperti negeri dongeng, tanaman hias outdoor ini sangat tepat untuk anda pilih ketika anda ingin mengoptimalkan kesan-kesan taman yang elok di rumah. Ukuran dari tanaman hias ini kecil dan ringkas, dan warna bunga yang berbeda-beda. Ada yang putih, pink, orange, warna lain, dan kuning.

Tanaman hias outdoor yang satu ini memberi kesan segar. Tidak seperti bunga lain, yang malah terkesan kering atau gersang.

9. Jengger Ayam

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Jengger ayam merupakan salah satu tanaman hias outdoor yang tidak asing lagi. Sudah pasti tanaman jengger ayam mempunyai beberapa ciri yang masuk ke persyaratan tanaman hias luar ruang. Diantaranya ialah mempunyai wujud yang unik.

 Kekhasan dari jengger ayam berada pada bunganya. Tanamannya terlihat tidak seperti tanaman hias pada umumnya. Dibagian atas tanamannya ada sisi yang seperti jengger ayam, berwarna dapat berbentuk merah juga bisa kuning.

10. Pohon Cemara

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

 Anda berniat mengusung tema rumah yang minimalis? Jangan cuman lihat exterior rumah saja, lihat taman dari rumah anda juga. Pohon cemara bisa menjadi pilihan tanaman outdoor yang bisa anda pili kali ini.

 Dibanding dengan pohon lain, pohon cemara dapat mengoptimalkan kesan minimalis pada halaman rumah. Kemungkinan besar selama ini pohon cemara tinggi dan besar yang anda lihat. Walau sebenarnya ada juga pohon cemara yang kecil dan dapat ditanam dalam pot untuk menghiasi rumah.

11. Bambu Hias


 Referensi lainnya ada bambu hias yang merupakan tanaman hias luar ruang yang dapat dipilih. Bambu hias benar-benar mempunyai karakter seperti bambu pada umumnya. Namun ada banyak hal yang membuat tanaman hias luar ruangan ini cocok untuk halaman rumah.

 Tangkai dari bambu hias tidak besar, tingginya juga tidak tinggi sekali seperti bambu yang berada di hutan. Ukuran daunnya lebih kecil dibandingkan daun pada bambu yang liar.

Perawatannya terbilang gampang, tetapi dapat disebutkan ribet. Daunnya akan cepat luruh dan anda harus rajin membersihkannya. Tetapi anda tidak harus menyirami setiap waktu, apa lagi memberikan pupuk.

 Ada sebelas referensi tanaman hias outdoor yang sudah anda kenali sekarang. Tanaman hias outdoor yang mana akan kamu tentukan? Tanaman apa bebas anda tentukan, karena semua mempunyai kekhasan yang berbeda.

 Dari penjelasan tentang jenis tanaman hias luar ruangan yang telah dijelaskan diatas, anda pasti sudah mengetahui bagaimanakah cara menjaga beberapa tanaman tersebut. Ada yang tahan panas dan hujan, ada yang tidak memerlukan air terlalu banyak dan masih banyak lagi.

 Untuk itu penting untuk mengetahui lebih lanjut tentang car merawat tanaman hias luar ruangan, agar tanaman hias anda tumbuh dan berkembang dengan baik dan sesuai harapan. Demikian tentang tanaman hias outdoor yang mudah dirawat, semoga berkah dan manfaat.




Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "11 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan tahan panas"