6 Tanaman Sayuran Dalam Pot Yang Mudah Tumbuh, Penting Diketahui!

 

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh, informasi menarik terutama untuk anda yang ingin menanam sayuran tapi terhalang lahan sempit atau bahkan tidak memiliki lahan sama sekali. Banyak referensi tanaman sayuran yang bisa anda tanam, baik untuk sekedar hobi maupun untuk memenuhi kebutuhan dapur anda.

 Sangat mudah untuk menanam sayuran seperti tomat, selada, labu, stroberi, dan lainnya dalam pot atau wadah. Namun ada beberapa hal yang harus anda ketahui, seperti memperhatikan ukuran pot Anda dan juga tanaman Anda.

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh, cocok untuk pemula

 Hampir semua tanaman buah atau sayuran bisa ditanam di dalam pot, asalkan pot Anda cukup besar. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya tanaman sayuran dalam pot pun mudah tumbuh, sama seperti dilahan pada umumnya. 

 Anda dapat dengan mudah menanam herba, paprika, tomat, bawang, labu, kacang-kacangan, dan terong, serta brokoli, kubis, selada, dan sayuran lainnya. Sebelum anda memulai menanam tanaman sayuran dalam pot anda perlu mengetahui beberapa hal.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum bertanam sayuran dalam pot

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

1. Pilih Varietas yang Lebih Kecil

 Hal pertama yang perlu diperhataikan dalam menanam tanaman sayuran dalam pot ialah memilih tanaman sayuran varietas kecil. Ini membantu untuk memilih varietas yang dikembangbiakkan secara khusus untuk ruang kecil.  

 Carilah berbagai nama dan deskripsi termasuk kata-kata berikut: semak, kurcaci, patio, trailing, compact dan miniatur.  Wadah atau pot ini diisi dengan tomat Tumbling Tom, varietas trailing kompak yang indah yang cocok untuk pot.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan

2. Masalah Ukuran pot/wadah

 Kebanyakan tanaman sayuran dalam pot membutuhkan wadah yang cukup besar untuk tumbuh dengan baik.  Wadah terbaik untuk sayuran berukuran lebar 12-18 inci dan kedalaman 18-24 inci.  Sebagai aturan praktis: Semakin besar ukuran tanaman, semakin besar pot yang Anda butuhkan.  Varietas tomat Roma ini disebut Little Napoli, dan meskipun merupakan tanaman kompak, ia masih mendapat manfaat dari wadah yang dalam di mana akar dapat meregang.

Baca juga : cara menanam melon dengan sistem fertigasi

Jenis tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

1. Selada

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Tanaman sayuran dalam pot yang pertama yaitu selada. Selada adalah pengecualian dari aturan ukuran.  Karena memiliki akar yang dangkal, selada tumbuh dengan baik di hampir semua wadah, termasuk yang hanya sedalam 6-8 inci.  Selada tumbuh paling baik dalam cuaca dingin dan sejuk.

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

2. Paprika

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Referensi tanaman sayuran dalam pot yang kedua yaitu paprika. Karakter Paprika yaitu panas dan manis, mudah tumbuh di dalam wadah atau pot.  

 Cobalah menanamnya sendirian atau dikelilingi bunga dalam pot yang lebih besar. Anda juga bisa menjadikan paprika sebagai tanaman hias di halaman anda.

Baca juga : cara menanam pakcoy hidroponik

3. Tomat

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Tomat termasuk dalam salah satu tanaman sayuran dalam pot yang mudah sekali tumbuh. Tomat yang tegak akan tumbuh dengan baik di pot yang lebih besar dengan sangkar atau tiang, tetapi Anda juga dapat mencoba varietas ceri tumbling kecil di keranjang gantung atau kotak jendela.  

4. Stroberi

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Refersnsi lain dari tanaman sayuran dalam pot yaitu stroberi. Stroberi tumbuh sangat baik di dalam wadah sehingga mereka memiliki potnya sendiri.  

 Pot dan pekebun stroberi khusus memiliki kantong di sisi tempat buah dapat tumbuh dan mengalir tanpa menyentuh tanah, yang dapat menyebabkan buah membusuk.  Seperti namanya, pot stroberi ideal untuk menanam stroberi.

Baca juga : membuat kebun sayur dilahan yang sempit

5. Labu kuning

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Labu musim panas dan zucchini akan tumbuh dengan baik di dalam pot. Tanaman ini menjadi besar tetapi tidak menghasilkan tanaman merambat yang panjang seperti labu musim dingin, yang lebih cocok untuk tumbuh di tanah atau di bedengan.

6. Anda Bahkan Bisa Mencoba Jagung

Tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh

 Meskipun ini bukan sayuran termudah untuk ditanam dalam pot, tetapi itu pasti masih mungkin untuk dilakukan.  Sekali lagi, kami merekomendasikan mencari varietas kerdil.  

 Demikian beberapa referensi tanaman sayuran dalam pot yang mudah tumbuh. Selain bisa dijadikan sebagai penyaluran hobi, berkebun juga dapat memenuhi kebutuhan sayuran anda sendiri. Selamat mencoba, semoga berkah dan manfaat.



Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Tanaman Sayuran Dalam Pot Yang Mudah Tumbuh, Penting Diketahui!"