8 Macam Macam Sayuran Hijau Bergizi dan Perawatannya

  

Sayuran hijau

 Macam macam sayuran hijau bergizi yang bisa anda tanam dirumah, menjadi informasi menarik terutama untuk anda yang hobi berkebun. Selain tanaman hias, sayuran hijau juga bisa mempercantik taman di halaman rumah anda.

 Sayuran hijau tidak pernah terlepas dari kehidupan sehari-hari. Sayuran hijau memberikan berbagai manfaat yang penting untuk tubuh kita. 

 Kandungan dari berbagai macam sayuran hijau seperti vitamin, mineral dan zat lainnya, sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu penting sekali untuk mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari.

Macam macam sayuran hijau yang bergizi dan mudah ditanam di rumah

 Ada berbagai macam macam sayuran hijau yang bisa anda tanam, dari selada, kale, kobis dan masih banyak lagi. Selain memperindah halaman rumah, sayuran hijau juga bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda.

Berikut beberapa referensi macam macan sayuran hijau yang mudah ditanam walaupun dipekarangan rumah.

Aneka sayuran hijau yang bergizi dan cara menanamnya

1. Selada



 Referensi Sayuran hijau yang mudah ditanam pertama yaitu selada. Pilih jenis selada favorit Anda: iceberg, butterhead, loose-leaf atau romaine.  

 Ada ratusan hibrida yang bisa Anda masukkan ke dalam salad, dipotong menjadi irisan atau taburi dengan udang atau ayam.  Selada (Lactuca sativa) sebagian besar mengandung air, tetapi mengandung vitamin A, C, K, dan mineral seperti kalsium folat dan kalium.  

 Sangat mudah untuk menanam sendiri di rumah di tanah yang dikeringkan dengan baik dengan banyak bahan organik.  Sebuah pH antara 6,0 dan 7,0 sangat ideal.   Dibutuhkan waktu penuh untuk berpisah dari sinar matahari dan lambat untuk melesat (membentuk biji dan menjadi pahit).

Baca juga : Cara menanam melon dengan sistem fertigasi

2. Kubis - Brassica oleracea

macam macam sayuran hijau

 Kubis termasuk aneka sayuran hijau yang bergizi dan mudah ditanam. Tidak seperti kebanyakan kubis, 'Murdoc' membentuk kepala berbentuk kerucut.  

 Daun hijau sedang lembut dan renyah, kaya vitamin C, antioksidan dan antosianin, yang memiliki sifat anti-inflamasi.  

 Taburkan benih kubis di dalam ruangan, 6-8 minggu, perlahan-lahan biarkan mereka terkena suhu luar ruangan dan sinar matahari selama seminggu sebelum memindahkannya.  

 Kubis membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah liat atau berpasir. Sirami secara teratur agar kepala tidak pecah dan membuahi seperti yang diarahkan pada label produk Anda.  

 Panen ketika kepala sudah terasa kencang dan mencapai ukuran dewasa (seperti yang ditunjukkan pada paket benih Anda).  Daunnya enak saat digoreng, direbus atau digunakan dalam selada dr kubis, sup, atupun tumis.  Gunakan daun besar untuk kubis gulung.

macam macam sayuran hijau bergizi

3. Lobak - Brassica rapa

macam macam sayuran hijau

 Tahukah anda lobak juga termasuk dalam aneka sayuran hijau?. Lobak adalah tanaman dua dalam satu karena Anda bisa memakan bagian atas yang berdaun dan akarnya.  

 Cara menanamnya sangat sederhana, cukup taburkan benih di tanah yang dikerjakan dengan baik dan tutupi sedalam 1/2 inci.  Saat sudah tumbuh, tipiskan tanaman setiap empat inci untuk memberi ruang pada akar untuk terbentuk.  

 Tanam ulang setiap 10 hari untuk panen berkelanjutan.  Bacalah paket benih Anda untuk mengetahui berapa hari lobak itu matang jika Anda ingin mencabutnya untuk diambil akarnya.  

 Aturan praktis: gunakan akarnya seperti Anda akan menggunakan kentang, jadi panggang, rebus atau tumbuk.  Sayuran hijau baik dikukus, ditumis atau ditambahkan ke pasta, semur dan sup.

Baca juga : Cara menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat

4. Mizuna - Brassica rapa nipponsincia

macam macam sayuran hijau

 Mizuna yang termasuk dalam macam macam sayuran hijau bergizi ini juga disebut mustard Jepang. Mizuna berhubungan dengan lobak dan memiliki rasa yang ringan dan pedas. 

 Makan daun segar, atau tumis, kukus atau acar.  Sayuran dua tahunan ini membutuhkan sinar matahari penuh untuk naungan parsial dan tanah yang dikeringkan dengan baik yang kaya akan bahan organik. 

 Mizuna adalah tanaman "potong dan datang lagi", jadi Anda bisa memanen daunnya dan mereka akan tumbuh kembali dengan cepat.  Varietas ini, 'Miz America,' memiliki daun bergigi merah tua.

Baca juga : Cara mengatasi hama tikus dengan oli bekas

5. Kale - Brassica oleracea var.

macam macam sayuran hijau

 REferensi macam macam sayuran hijau bergizi lainnya yaitu kale. KAle memang belum terlalu dikenal di Indonesia seperti sayuran hijau lainnya. 

 Tapi ternyata kale adalah sayuran hijau yang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Kale juga termasuk dalm kategori superfood loh.

 Karakteristik kale renyah, daunnya keriting.  Daun kecilnya cukup empuk untuk dinikmati dalam salad.  Buang iga dari daun yang lebih besar dan masak, atau buat menjadi keripik kale.  

 Kale dapat disimpan dalam kantong plastik di lemari es dan bisa bertahan sekitar satu minggu. 

Baca juga : Cara menanam pakchoy hidroponik

6. Arugula - Eruca vesicaria ssp.  sativa

macam macam sayuran hijau

 Arugula merupakan salah satu aneka sayuran hijau yang belum ramai di Indonesia. Sayuran hijau ini biasa dijadikan salad. 

 Tanam arugula di tempat yang cerah di awal musim semi, sebelum suhu naik, atau tunggu hingga akhir musim panas dan panen daunnya yang seperti dandelion di musim gugur.  Hijau bergizi dan rindang ini menyukai cuaca yang sejuk dan tanah yang diperkaya dengan kompos.  

 Ini menambahkan rasa tajam pada salad tetapi juga bisa ditumis atau dikukus seperti bayam.  Beri makan tanaman dengan pupuk pelepasan waktu seperti yang ditunjukkan pada label produk Anda dan panen sampai rasa daun menjadi terlalu kuat untuk selera Anda.  Arugula, dikemas dengan vitamin A dan K, 

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, apa saja itu?

7. Bayam - Spinacia oleracea

macam macam sayuran hijau

 Referensi aneka sayuran hijau yang bergizi lainnya yaitu bayam. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin, mangan, folat dan kalsium, menjadikan bayam termasuk dalam kategori superfood.

 Sebelum Anda menanam bayam, tambahkan pupuk kandang tua ke tanah Anda yang sudah dikerjakan dengan baik.  Taburkan benih segera setelah tanah mencair, atau di musim gugur jika Anda tinggal di tempat yang musim dinginnya ringan.  

 Tanam di bawah sinar matahari untuk berpisah, dan taburkan kembali setiap dua minggu untuk panen berkelanjutan.  Panen daunnya kapan saja;  yang kecil dan lembut lebih enak dari daun besar, yang bisa berubah menjadi pahit.  Bayam dapat bertahan hidup serendah 15 derajat Fahrenheit.  Masukkan daun ke dalam sup, salad, dan semur atau tambahkan ke dalam telur, pasta, wrap, dan sandwich.  

Baca juga : Cara membuat kebun sayur di lahan yang sempit

8. Mustard Greens - Brassica juncea

macam macam sayuran hijau

 Seperti kebanyakan sayuran hijau, mustard greens adalah tanaman cuaca dingin yang paling baik ditanam di awal musim semi atau musim gugur.  Seperti kerabatnya, sawi dan kale, rasanya juga lebih manis setelah dibekukan sedikit.  

 Tanam benih Anda di tanah yang dikerjakan dengan baik dengan banyak bahan organik dikerjakan, dan di tempat yang mendapat sinar matahari penuh untuk teduh.  Jaga agar tanaman tetap mulsa dan lembab, dan bersiaplah untuk mulai memetik, karena mustard greens tumbuh dengan cepat.  

 Pupuk sesuai petunjuk pada produk yang Anda gunakan, dan tabur setiap beberapa minggu untuk panen yang lebih lama.  Jangan sampai tanaman menjadi terlalu kering, karena bisa membuat daun terasa pahit.  Anda bisa memanennya kapan saja,  petik daunnya saat masih muda agar empuk dan memiliki rasa yang lembut.

 Demikian beberapa referensi macam macam sayuran hijau bergizi yang bisa anda coba tanam di pekarangan rumah. Selain untuk memenuhi kebutuhan dapur, anda juga bisa menjadikannya penghias taman bukan?.

 Selamat mencoba, semoga berkah dan manfaat. 





Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "8 Macam Macam Sayuran Hijau Bergizi dan Perawatannya"