10 Cara Menanam Sayuran Di Kebun, Mudah sekali dipraktekan!

  

Cara menanam sayuran di kebun

 Cara menanam sayuran di kebun, informasi menarik sekali terutama bagi anda yang berencana menanam sayuran di kebun sendiri. Akhir-akhir ini menanam sayuran organik menjadi sangat populer dikalangan ibu rumah tangga. 

 Banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika anda menanam sayur di rumah. Selain bisa mendapatkan sayuran segar, berkualitas, sehat bebas pestisida juga anda akan mendapatkan pengalaman menanam sayuran di rumah.

 Anda juga bisa menjadikan kegiatan menanam sayuran di kebun menjadi penyalur hobi dan kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama anak dan anggota keluarga lainnya. Berikut cara menanam sayuran di kebun yang bisa anda praktekan bersama keluarga.

Cara menanam sayuran di kebun, mudah dan simpel untuk dilakukan. 

 Ada berbagai cara menanam sayuran di kebun yang akan dijabarkan, Tapi tenang bahan dan caranya sangat mudah sekali untuk dipraktekan. Walaupun anda tidak memiiliki kebun yang luas, anda masih tetap bisa menanam sayuran di rumah.
 

 Selalu disarankan untuk menerapkan cara menanam sayuran di kebun dengan cara organik, alias bebas pestisida. Sehingga anda dan keluarga bisa mendapatkan sayuran kualitas terbaik.

Cara menanam sayuran organik di pekarangan rumah

1. Mempersiapkan media tanam/tanah terbaik 

Cara menanam sayuran di kebun


 Cara menanam sayuran di kebun yang pertama ialah dengan mempersiapkan media tanam terbaik. Pada dasarnya semua tanaman memerlukan media tanam terbaik untuk bisa tumbuh dan berkembang. Jika media tanam baik maka hasil tanam pun akan baik, maka dari itu persiapkan tanah yang mengandung banyak bahan organik seperti pupuk organik, kompos, dan lain-lain yang bersifat organik.

2. Memilih lahan yang tepat 

 Cara menanam sayuran di kebun yang kedua yaitu memilih lahan yang tepat. Maksudnya disini ialah lahan yang terkena sinar matahari. 

 Untuk mendapatkan hasil maksimal ketika menanam sayuran di rumah ada baiknya di lakukan di temapat yang terkena sinar matahari penuh. Setidaknya lahan sayur anda terkena sinar matahari selama 6-10 jam setiap harinya.

3. Menentukan sayuran yang tepat

 Menetukan sayuran yang tepat merupakan cara menanam sayuran di kebun yang penting. Melakukan riset tanaman perlu dilakukan agar anda bisa mengetahui tanaman apa sesuai untuk kebun anda.
 
 Pertimbangan dari jenis sayuran, varietas yang cocok, perawatan, jumlah sinar matahari yang diperlukan hingga proses tumbuh sayuran sangat menentukan keberhasilan kebun anda.

4. Menanam bunga di kebun

Cara menanam sayuran di kebun


 Menanam bunga di kebun menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan. Pertumbuhan sayuran bergantung pada proses dan sifat alam seperti saat penyerbukan yang dilakukan oleh lebah atau insect lainnya.

 Proses penyerbukan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, untuk itu tanamlah bunga di sekitar sayuran anda, supaya lebah datang dan melakukan penyerbukan.
Cara menanam sayuran di kebun mudah di praktekan

5. Memilih bibit berkualitas

 Cara menanam sayuran di kebun dijamin berhasil adalah dengan menggunakan bibit berkualitas, bersertifikat, bebas pestisida dan organik.

6. Membuat pupuk organik sendiri

 Salah satu hal terbaik cara menanam sayuran di kebun adalah dengan menyiapkan pupuk organik sendiri seperti kompos. Fungsi kompos sangat baik untuk menjaga kelembaban, menjadi nutrisi sayuran  dan memperbaiki kualitas tanah. Kompos organik bisa anda buat menggunakan campuran daun, potongan rumput, sisa potongan sayur, kulit telur bahkan bubuk kopi.

7. Melindungi tanaman dari angin kencang

Cara menanam sayuran di kebun


 Melindungi tanaman dari angin kencang bisa anda lakukan dengan membangun pagar, atau lainnya agar tanaman anda selamat dari terpaan angin kencang dan bisa tumbuh dengan baik tanpa gangguan angin.

8. Menanam tanaman pendamping

 Cara menanam sayuran di kebun yang kedelapan yaitu dengan menanam tanaman pendamping di kebun sayur anda. Kombinasi sayuran dan tanaman lain juga bisa meningkatkan hasil produksi tanaman. Mengkombinasikan tanaman juga bisa mencegah serangga untuk datang, sehingga tanaman anda terbebas dari hama.

9. Membuat bedengan

Cara menanam sayuran di kebun


 Cara menanam sayuran di kebun yang tak kalah penting yaitu dengan membuat bedengan. Bedengan berfungsi sebagai tempat sayuran anda tumbuh dan bisa memperpanjang masa tanam sayuran.

10. Menggunakan tehnik vertikal garden

Cara menanam sayuran di kebun


 Tehnik vertikal garden cocok digunakan jika anda memiliki lahan yang sempit. Tehnik berkebun ini dapat memaksimalkan proses tanam sayuran anda. 

 Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan cara menanam sayuran di kebun dengan tehnik vertikal garden ini. Diantaranya yaitu menjaga sayuran dari tanah, meningkatkan sirkulasi dan menambah nilai estetik dari kebun itu sendiri.

 Demikian beberapa cara menanam sayuran di kebun yang bisa anda praktekan. Berkebun merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, juga bisa menjadi time bonding dengan anak-anak. Selamat mencoba semoga berkah dan manfaat.


 
 
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "10 Cara Menanam Sayuran Di Kebun, Mudah sekali dipraktekan!"