Cara Menanam Buah Strawberry Agar Cepat Berbuah, Dijamin sukses!

 

cara menanam buah strawberry

 Cara menanam buah strawberry, informasi menarik untuk anda yang berniat menanam strawberry. Strawberry terbaik yang pernah Anda rasakan jelas strawberry yang berasal dari kebun sendiri, karena strawberry yang matang sepenuhnya memiliki rasa aromatik yang kaya.

 Menikmati segar jus buah strawberry yang baru dipetik adalah salah satu alasan untuk menanamnya  sendiri. Cara menanam buah strawberry bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti ditanam di bedengan atau baris yang disiapkan dengan benar.  

Baca juga : tanaman yang menjanjikan masa depan, yakin gak mau tau?

 Anda dapat membuatnya sebagai hiasan yang dapat dimakan atau membiarkannya tergeletak di atas dinding. Strawberry dapat  tumbuh dalam pot dan keranjang gantung juga.

Cara menanam buah Strawberry supaya cepat tumbuh

Berikut ini ringkasan cepat cara menanam strawberry agar cepat berbuah

  • Cara menanam buah strawberry yang pertama yaitu strawberry dapat di tanam di dalam tanah, di bedengan, dan polybag  adalah area pertumbuhan yang sangat baik.
  • Berikan jarak strawberry untuk tumbuh dengan menanamnya terpisah 18 inci. Strawberry dapat ditanam dengan berbagai cara, tetapi pastikan strawberry mendapatkan 8 jam atau lebih matahari dan ditanam di tanah yang sedikit asam dengan pH 5,5 hingga 6,8.
  • Pupuk tanah anda dengan mencampurkan beberapa kompos  atau bahan organik kaya lainnya. Pertimbangkan campuran pot kantong premium untuk tumbuh dalam wadah.
  • Berikan tanaman 1 hingga 1,5 inci air setiap minggu, dan hindari membasahi daun.
  • Pupuk secara berkala agar mendapatkan hasil panen strawberry yang maksimal.
  • Panen strawberry matang di pagi hari yang sejuk dan dinginkan segera.

Cara menanam buah strawberry dari tanah, penanaman dan perawatan

 Intensitas sinar matahari merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam cara menanam strawberry agar mendapatkan hasil maksimal. Strawberry membutuhkan setidaknya 8 jam sinar matahari penuh setiap hari, dan mereka lebih suka tanah yang sedikit asam dengan pH antara 5,5 dan 6,8.

 Jika tanah di daerah Anda bersifat basa alami, yang terbaik adalah menanam strawberry dalam setengah barel atau wadah besar lainnya yang diisi dengan tanah yang dicampur kompos. Setelah mencampur kompos 4 inci atau lebih, garu tanah liat menjadi gundukan yang ditinggikan untuk lebih meningkatkan drainase. Jika tanah Anda berpasir, cukup tanam untuk menghilangkan gulma, dan campur dalam lapisan kompos kaya 1 inci atau kotoran busuk.

 Banyak varietas strawberry yang bisa menghasilkan banyak buah, jadi yang terbaik adalah menempatkan mereka 18 inci terpisah. Ada beberapa varietas, yang menghasilkan sedikit jika banyak sulur/anakan, untuk varietas  ini dapat berjarak 6 inci. (Periksa tag pabrik untuk detail yang tepat tentang jarak.)

 Cara menanam buah strawberry yang perlu diperhatikan yaitu Pastikan untuk mengatur tanaman sehingga akarnya tertutup dengan baik dengan tanah tetapi kuncup tumbuh sentral, atau mahkota, terkena udara ringan dan segar. Ini sangat penting Jika Anda mengubur mahkota, tanaman dapat dengan mudah membusuk.

 Sirami  tanaman strawberry dengan baik. Semua jenis mulsa  dari plastik hitam hingga jerami pinus akan menjaga tanah tetap lembab dan tanaman bersih.

Baca juga : Penyebab kegagalan hidroponik yang wajib and tahu!

 Usahakan bunga-bunga harus dikunjungi oleh lebah dan serangga penyerbuk lainnya sebelum mereka dapat menghasilkan buah. Dalam cuaca yang hangat dan cerah, buah strawberry matang sekitar 30 hari setelah bunga dibuahi.

cara menanam buah strawberry

Pemecahan masalah

cara menanam buah strawberry dalam pot


Dalam salah satu cara menanam buah strawberry yang tak kalah penting yaitu pemecahan masalah, salah satu masalahnya yaitu hama. Salah satu hama tanaman strawberry yaitu siput. 

 Siput sering mengunyah lubang di strawberry tepat saat mereka mulai matang. Mulsa organik seperti jerami mendorong  munculnya siput, jadi di mana siput menjadi masalah, mulsa plastik membantu.

 Dicuaca panas, beberapa penyakit jamur menyebabkan bintik-bintik gelap terbentuk pada daun. Memotong atau memotong dedaunan strawberry dan menyapu di musim panas dapat mengganggu siklus hidup beberapa hama dan penyakit strawberry.

 Sejauh ini hama strawberry terburuk adalah burung. Untuk menjaga agar burung, dan pemakan buah lainnya tidak mencuri buah strawberry  Anda, tutupi tanaman dengan kelambu burung ringan ketika buah mulai matang. 

 Terkadang buah strawberry Anda mungkin kecil karena panas dan kekeringan. Setelah Anda mulai menyiram dan cuaca membaik, buah strawberry baru harus berukuran normal.  Potong sulur sehingga tanaman pokok terus memfokuskan energi pada produksi strawberry.

 Tanaman strawberry muda ini mengirimkan sulur (tunas ke kiri). Anda harus menjepit sebagian besar sulur untuk memungkinkan tanaman induk menghasilkan lebih banyak buah.

 Lindungi tanaman strawberry dari embun beku dan dari burung dengan membuat lingkaran yang dapat ditutupi dengan kain penutup baris atau jaring burung. Lengkungan yang terbuat dari pagar kawat dapat mendukung penutup baris untuk perlindungan embun beku di musim semi dan kelambu kemudian ketika buah datang.

 Buang  penutup baris bila memungkinkan untuk mendorong kunjungan oleh lebah yang membantu penyerbukan. Strawberry yang tampak aneh dapat disebabkan oleh penyerbukan yang buruk.

 Ini terjadi pada tanaman strawberry dalam cuaca dingin dan basah. Jika tanaman strawberry Anda menghasilkan buah beri cacat, cuaca mungkin yang harus disalahkan. Lebah cenderung tinggal di sarang mereka selama hujan dan suhu dingin, yang dapat menghambat penyerbukan.

Panen dan Penyimpanan buah strawberry

cara menanam strawberry hidroponik


 Panen buah strawberry di pagi hari, ketika buahnya dingin, dan segera masukkan ke dalam lemari es. Cuci buah strawberry sebelum dikonsumsi. Strawberry ekstra dapat dibekukan, dikeringkan, atau dibuat menjadi selai atau diawetkan.

 Demikian cara menanam buah strawberry, dari penanaman, perawatan, penanganan masalah sampai panen. Semoga berkah dan manfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Buah Strawberry Agar Cepat Berbuah, Dijamin sukses!"