Membuat kebun sayur di lahan sempit, dijamin berhasil!

 

Membuat kebun sayur di lahan sempit

Membuat kebun sayur di lahan sempit, sepertinya menarik untuk dibahas lebih lengkap.

 Berkebun merupakan hobi menyenangkan karena bisa mempercantik halaman rumah dan menguntungkan karena bisa menghasilkan secara ekonomis. Halaman rumah yang sempit tidak hanya bisa ditanami bunga saja, tapi anda juga bisa menanam sayuran, tanaman herbal bahkan buah-buahan.

 Jika kebun anda yang terdiri dari berbagai sayuran, bunga dan buah dikemas dengan baik, tentunya akan menambah nilai estetika halaman rumah anda. Menikmati kebun di halaman rumah Bisa dijadikan pelipur penat setelah seharian bekerja.

 Selain menyenangkan karena indah dipandang, memiliki kebun dengan berbagai tanaman juga menguntungkan, dengan tidak langsung anda sudah memenuhi kebutuhan sayur anda sendiri, tanaman herbal bisa anda manfaatkan untuk menjaga imunitas tubuh keluarga anda.

Baca juga : kisah adi pramudya menjadi petani rempah sukses

Membuat kebun sayur di lahan sempit

 Membuat kebun sayur di lahan sempit kini menjadi trend diperkotaan. Lahan bukan lagi menjadi halangan untuk berkebun.

 Banyak jalan menuju roma, begitu juga berkebun, banyak tehnik digunakan untuk berkebun walaupun di lahan sempit.

 Berikut beberapa tips membuat kebun sayur di lahan sempit yang bisa anda praktekan :

1. Menentukan lokasi 

Kebun sayur modern


 Tips membuat kebun sayur di lahan sempit pertama yaitu menentukan lokasi sesuai jenis tanaman yang akan anda tanam. Ada beberapa jenis tanaman tidak memerlukan cahaya matahari penuh untuk bertahan hidup dan berkembang. 

 Tetapi pada umumnya tanaman sayuran dan buah memerlukan sinar matahari paling tidak 6 jam per hari. Oleh karena itu sebelum anda membuat kebun sayur dilahan sempit sebaiknya perhatikan lokasi agar anda tahu tanaman apa yang cocok untuk lokasi kebun anda tersebut.
Membuat kebun sayur di lahan sempit dengan vertical garden

2. Berkebun di lahan sempit dengan vertical garden

Membuat kebun sayur di lahan sempit


 Tehnik verticultur adalah tehnik berkebun dimana cara meletakan tanaman disusun dengan posisi vertikal. Tehnik berkebun ini paling cocok diterapkan untuk lahan yang sempit.

 Kreatifitas sangat diperlukan dalam tehnik vertical garden. Semakin anda kreatif semakin banyak pula tanaman yang bisa anda tanam, dan semakin indah kebun anda tentunya.

 Sebagai contoh anda bisa menggunakan pipa paralon sebagai media utamanya. Setelah itu anda bisa menyusun pot-pot secata vertical di pipa paralon tersebut.

 Anda juga bisa memanfaatkan tembok atau pagar anda untuk menggantungkan pot-pot bunga atau sayuran, atau juga bisa dengan cara merangkai beberapa pot dan kemudian digantung menggunakan tali.

3. Membuat kebun sayur di rumah dengan lahan sempit menggunakan polybag dan pot

 Walaupun halaman rumah anda sempit, anda masih bisa berkreasi untuk membuat kebun sayuran modern. Salah satu contohnya adalah dengan berkebun menggunakan pot dan polybag.

 Berkebun menggunakan polybag dan pot memiliki banyak keuntungan. Selain mudah dibuat juga mudah untuk dipindah-pindah jika suatu saat anda menginginkan suasana berbeda.
 
 Disarankan untuk menggunakan pot atau polybag dengan ukuran sedang, selain menambah keindahan kebun anda, juga akan mudah untuk dikelola nantinya.

4. Kebun sayuran modern dengan memilih tanaman berpostur pendek

Membuat kebun sayur di lahan sempit


 Membuat kebun sayur di lahan sempit membutuhkan perhitungan. Salah satunya yaitu dengan memilih tanaman berpostur pendek. 

 Jika halaman anda tidak terlalu luas, sebaiknya menanam tanaman yang berpostur pendek. Hindari menanam tanaman yang akan tumbuh tinggi seperti tanaman buah-buahan.

  Jenis tanaman yang cocok untuk kebun sayuran modern di lahan yang sempit yaitu seperti cabe, pakcoy, selada, kale, tomat, sayuran dengan postur pendek dan berbagai macam bunga.

5. Menanam berbagai macam tanaman di lahan yang sempit

Kebun sayur mini


 Membuat kebun sayur di pekarangan rumah dengan lahan sempit bisa anda kreasikan sendiri. Dengan menanam berbagai macam tanaman akan menambah nilai keindahan dari kebun anda.

 Berbagai tanaman yang bisa anda tanam yaitu seperti tomat, pakcoy, selada, daun herbal, kangkung terong dan masih banyak lagi untuk melengkapi koleksi sayuran di kebun sayur mini anda. Jika anda ingin menanam cabe hidroponik, sebaiknya tanam jenis cabe hias, selain bisa dikonsumsi juga dapat menambah keindahan kebun sayur mini anda. Mengasyikan sekali bukan memiliki kebun dipekarangan rumah dengan berbagaimacam jenis tanaman.


6. Menanam buah dalam tabulampot (pot/polybag)

 Jika anda menginginkan tanaman buah di kebun sayur mini, anda dapat mengakalinya menggunakan tabulampot. Yang artinya tanaman buah dalam pot.

  Dengan media dalam tabulampot yang terbatatas, tanaman buah anda tidak akan tumbuh sebesar tanamn buah pada umumnya, jadi pilihlah tanaman buah yang cocok ditanam dalam tabulampot tersebut.

 Mengingat lahan sempit dan sudah diisi dengan berbagai macam jenis sayur, untuk tabulampot sendiri tidak memungkinkan untuk membuatnya dalam jumlah banyak. Jika kebun sayur mini anda memungkinkan untuk ditanami tabulampot, sebaiknya tanam di bagian sudut lahan, agar tidak terlalu menggangu tanaman sayur lainnya.

 Demikian beberapa tips membuat kebun sayur di lahan sempit. Setiap orang memiliki selera dan kreativitas sendiri-sendiri. Bangunlah kebun sayur mini anda dengan hati, agar bisa dinikmati dan di ambil manfaatnya dengan maksimal. Selamat mencoba, semoga berkah dan manfaat.

 
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Membuat kebun sayur di lahan sempit, dijamin berhasil!"