9 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Agar Tumbuh Subur, Dijamin Berhasil!

  

cara merawat tanaman janda bolong

 Cara merawat tanaman janda bolong, akan menjadi informasi menarik terutama bagi anda pecinta tanaman hias. Trend tanaman hias kini semakin ramai digemari oleh masyarakat, pasalnya usaha tanaman hias sendiri bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

 Berbagai macam jenis tanaman hias yang sedang digemari yaitu janda bolong, philodendron, caladium dan masih banyak lagi jenis lainnya. Sebenarnya tanaman-tanaman hias tersebut habitat aslinya adalah di hutan, misalkan saja monstera deliciosa, yang berhabitat asli di hutan hujan tropis Amerika selatan seperti brazil, amazon dan meksiko. 

 Pada mulanya tanaman hias adalah tanaman liar di hutan yang di rumahkan. Oleh sebab itu perawatan tanaman hias tidak menjadi terlalu rumit, dibandingkan dengan tanaman hias seperti anggrek dan aglonema yang membutuhkan perawatan eksra atau lebih rumit. 

 Tanaman hias yang akan dibahas kali ini yaitu tanaman janda bolong, atau dalam bahasa latinnya Monstera Adansonii. Berikut cara merawat tanaman janda bolong yang bisa anda pelajari.

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Yang Tepat

Berikut ini penjelasan tentang cara merawat tanaman janda bolong yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Perhatikan intensitas cahaya matahari

cara merawat tanaman janda bolong
ilustrasi-janda-bolong-shutterstock


 Cara merawat tanaman janda bolong agar tumbuh subur yang pertama adalah dengan memperhatikan  intensitas cahaya matahari yang didapatkan oleh janda bolong. Pada anakan janda bolong intensitas cahaya yang bisa diberikan yaitu sekitar 60-70%, anda bisa meletakannya di bawah tanaman yang lebih tinggi agar tidak terkena cahya matahari langsung.

 Cahaya matahari langsung dapat menyebabkan daun janda bolong menjadi gosong atau sunburn, dikarenakan klorofil daun janda bolong belum bekerja 100%. Atau jika anda membudidayakan janda bolong dalam jumlah besar anda dapat meletakannya di tempat yang ternaungi oleh paranet, karena paranet berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari langsung.

2. Media tanam untuk janda bolong yang bagus

 Tanaman janda bolong termasuk dalam jenis tanaman yang tumbuh dengan merambat. Tanaman ini bisa tumbuh dengan menempel pada pohon, tiang maupun tembok, dikarenakan tanaman janda bolong ini memiliki akar angin yang memungkinkan untuk menempel dan memiliki fungsi untuk menyerap air dan mineral yang dibutukahan untuk tumbuh.

 Untuk menanam janda bolong pakailah tanah yang gembur alias tidak padat, anda bisa mencampur media tanah dengan arang sekam atau bisa juga menggunakan tanah lumut gambut yang dicampur perlit
dengan perbandingan1:1. Tanah gembur memudahkan akar untuk menyuplai oksigen, sehingga bagus untuk tanaman. Media tanam termasuk salah satu faktor penting yang arus diperhatikan dalam merawat tanaman janda bolong loh!.
 Cara merawat janda bolong agar tumbuh subur

3. Sediakan inang sebagai rambatan

Cara merawat tanaman janda bolong


 Cara merawat tanaman janda bolong agar subur yang ketiga yaitu dengan menyediakan rambatan untuk tanaman itu sendiri. Memiliki sifat epifit atau hidup menumpang pada inangnya, tanaman janda bolong memerlukan media lain untuk tumbuh dan merambat.

 Anda bisa menggunakan coconut pole atau tiang yang terbuat dari sabut kelapa, atau anda juga bisa meletaknnya di dekat tembok supaya janda bolong bisa merambat.

4. Perhatikan kelembaban media tanam

 Tanaman hias satu ini tidak terlalu menyukai media yang terlalu basah. Sebaiknya siram janda bolong satu atau dua hari sekali tergantung kondisi media tanamnya. Siramlah janda bolong diwaktu pagi hari ataupun sore hari, jangan menyiramnya disiang hari karena bisa menggangu proses fotosintesis tanaman.

 Tanah yang terlalu lembab atau basah akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk dan pada akhirnya daun akan menguning dan mati. Disarankan untuk menyiram janda bolong dengan air hujan, karena air hujan mengandung nutrisi alami yang diperlukan setiap tanaman.

5. Lindungi dari gulma

 Gulma dapat merugikan tanaman pokok karena gulma dapat menyerap air dan nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman pokok. Oleh karena itu menjaga tanaman janda bolong dari gulma merupakan salah satu cara merawat tanaman janda bolong yang perlu diperhatikan juga ya.

6. Mengganti pot

 Semakin berkembang dan tumbuh besar, maka akar tanaman pun akan semakin besar dan banyak. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan apakah pot masih sesuai dengan ukuran tanaman saat ini atau perlu menggantinya. Tapi perlu diperhatikan juga, jangan terlalu sering mengganti pot tanaman karena nantinya tanaman akan stress dan pada akhirnya akan mati.

7. Lakukan propagasi janda bolong

cara merawat tanaman janda bolong


 Cara merawat tanaman janda bolong yang ke tujuh yaitu dengan propagasi tanaman, Propagasi tanaman sendiri ialah istilah yang digunakan untuk memperbanyak tanaman baru. 

 Janda bolong termasuk salah satu dari jenis tanaman yang mudah sekali untuk diperbanyak. Cara paling mudah yaitu dengan memotong tanaman janda bolong yang merambat dan sudah tumbuh subur, Potongan tanaman janda bolong harus yang sudah memiiliki akar angin.

 Masukan potongan tanaman kedalam wadah air, tunggu hingga muncul akar baru, jika sudah demikian anda bisa langsung menanamnya dan mendapatkan tanaman janda bolong baru.

8. Beri nutrisi yang baik

 Tanaman janda bolong akan mendapatkan nutrisi dari media tanamnya. Anda bisa menyiram janda bolong dengan air cucian beras. 

  Air cucian beras dipercaya mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B1 yang dapat membantu pertumbuhan akar, cabang dan daun. Anda juga bisa memberikan nutrisi lain seperti kompos atau pupuk cair. 

 Demikian beberapa penjelasan tentang cara merawat tanaman janda bolong agar tumbuh subur. Mulai dari memperhatikan media tanam janda bolong yang bagus, cara menanam janda bolong di air untuk janda bolong baru, dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "9 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Agar Tumbuh Subur, Dijamin Berhasil!"