10 Manfaat kubis untuk kesehatan yang tidak boleh anda sepelekan. Penting untuk diketahui!!

Kubis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan
manfaat-kubis-via-alodokter-com

Manfaat kubis untuk kesehatan yang tidak boleh anda sepelekan, kubis jenis sayuran yang kaya akan nutrisi. Informasi yang bermanfaat untuk anda pecinta sayuran ataupun yang ingin mengetahui manfaat dari kubis sendiri.

Kubis atau nama latinnya Brassica Oleracea Var. Capitata L sayuran yang sangat mudah kita dijumpai di pasar maupun supermarket. Tapi tahukah anda sayuran yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan kita.

Di samping harganya yang relatif terjangkau, kubis juga kaya akan vitamin, serat dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ada berbagai jenis kubis yang bisa kita jumpai dipasaran. Seperti jenis kubis hijau, ungu, kubis savoy dan kubis napa.

Jangan sepelekan kubis, berikut 10 Manfaat kubis untuk kesehatan yang perlu anda ketahui!

1. Kubis kaya Nutrisi

kubis kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan
Kubis-kaya-nutrisi-untuk-kesehatan

Manfaat kubis untuk kesehatan yang pertama yaitu kubis kaya akan nutrisi. Setengah cangkir kubis yang dimasak memiliki sekitar sepertiga vitamin C yang Anda butuhkan untuk hari itu. Kubis juga mengandung serat ,folat, vitamin A dan K, magnesium dan kalium  dan banyak lagi.

baca juga : Program Diet Pasti Berhasil Dengan Konsumsi Makanan Sehat Rendah Lemak

2. Kubis dapat difermentasikan dan lebih sehat

fermentasi kubis lebih sehat dan bermanfaat untuk kesehatan
kimchi-kaya-probiotik-bermanfaat-untuk-kesehatan

Manfaat kubis untuk kesehatan yang kedua yaitu kubis bisa difermentasikan, dan itu membuatntya lebih menyehatkan. Rendam kubis di dalam cairan dan bumbunya sendiri sampai bakteri mulai memakannya. Kedengarannya menjijikkan bukan?. Ini disebut sauerkraut. Untuk versi yang lebih pedas dan eksotis, cobalah kimchi, hidangan yang dipopulerkan di Korea.

baca juga : Menurunkan Berat Badan Dengan Cuka Sari Apel dan Baking soda, Benarkah?

Saat kubis berfermentasi, kubis menghasilkan probiotik alami yang memberi makan bakteri di usus Anda. Bakteri tersebut membantu tubuh Anda melawan kuman, mengambil nutrisi, mencerna makanan, dan mengendalikan kecemasan.

3. Kubis mentah lebih bagus untuk Anda

Kubis mentah bermanfaat untuk kesehatan
Kubis-bermanfaat-untuk-kesehatan

Meskipun Anda mendapatkan nutrisi yang berbeda jika Anda memasak atau memfermentasinya, kubis merah mentah khususnya dapat memberi Anda tambahan nutrisi terbaik per porsi. Iris sangat tipis dan biarkan selama sekitar 10 menit untuk membantu mengeluarkan rasa yang paling lengkap dan paling kompleks. Kemudian tambahkan ke salad atau sandwich atau ubah menjadi selada kubis. Selain bermanfaat untuk kesehatan kubis juga bisa menyegarkan bukan dengan kita menjadikannya salad.

4. Kubis kaya Antioksidan

Kubis mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan
Antioksidan-dalam-kubis

Manfaat kubis untuk kesehatan yang satu ini sangat penting. Dikarenakan kubis mengandung nutrisi baik seperti vitamin C dan Mangan yang bermanfaat untuk tubuh Anda. Tapi kubis benar-benar berkualitas jika menyangkut bahan kimia tanaman yang disebut fitonutrien, kekuatan pelindung sel.

baca juga : 8 Makanan Bernutrisi Tinggi Yang Penting Untuk Otak Anak, Penting untuk diketahui!

5. Kubis bermanfaat untuk Peradangan

manfaat kubis untuk peradangan
manfaat-kubis

Kubis mengandung banyak bahan kimia yang membantu meredakan pembengkakan di jaringan Anda. Ini membantu melindungi Anda dari masalah kesehatan lainnya karena peradangan terkait dengan hal-hal seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit Alzheimer. Kubis bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita.

6. Bermanfaat untuk Pencernaan

Kubis bermanfaat untuk melancarkan pencernaan
benefit-of-cabbage-via-webMD-com

Manfaat kubis untuk kesehatan yang keenam yaitu kubis bermanfaat untuk pencernaan. setiap 1 gram serat Kubis mengandung 10 kalori. Dengan jumlah kalori tersebut anda akan mkan lebih sedikit karena sudah merasa kenyang. Itu juga membuat Anda tetap teratur, dan itu bisa membantu menurunkan kolesterol "jahat" (LDL) Anda dan mengontrol gula darah Anda.

Kubis juga memiliki nutrisi yang menjaga lapisan lambung dan usus tetap kuat. Jusnya juga bisa membantu menyembuhkan tukak lambung.

7. Bermanfaat untuk hati

Kubis beemanfaat untuk hati dan kesehatan
cabbage-for-heart-via-webMD

Manfaat kubis untuk kesehatan salah satunya untuk hati kita. Golongan kubis merah, memiliki manfaat meningkatkan kadar beta-karoten, lutein, dan antioksidan zat pelindung jantung lainnya. Ini juga membantu menurunkan sesuatu yang disebut LDL "teroksidasi", yang terkait dengan pengerasan arteri. Kubis juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, sehingga  bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung.

baca juga : 10 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan, Mulai dari Kulit Sampai Organ Dalam.

8. Dapat Membantu Mencegah Kanker

Kubis bermanfaat untuk pencegahan kanker
nutrisi-dalam-kubis

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kubis dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Sebagian, keyakinan tersebut berasal dari kualitas antioksidan dan anti-inflamasi kubis. 

Baca juga : 5 Makanan Terbaik Penurun Gula Darah Dan Pengatur Diabetes Yang Perlu Diketahui

Itu juga karena sesuatu yang disebut glukosinolat, zat yang mengandung sulfur khusus yang diubah tubuh Anda menjadi pelawan kanker. Banyak sekali manfaat kubis bukan?.

Mereka juga ada dalam sayuran lain, termasuk kangkung, sawi, brokoli, kubis Brussel, dan kembang kol. Benar-benar sayur kubis bermanfaat untuk kesehatan kita.

9. Dapat Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2

Kubis bermanfaat untuk diabetes tipe 2
hubungan-diabetes-tipe2-dengan-kubis

Manfaat kubis untuk kesehatan juga berlaku untuk penderita diabetes. Diet tinggi kubis ditemukan dapat menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini. 

Mereka yang mengikuti pola makan gaya Nordik dengan cermat, yang juga mencakup banyak sayuran akar, ikan, apel, pir, oatmeal, dan roti gandum hitam. Hingga 38% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit diabetes tipe 2.

10. Fleksibel

Kubis bisa diolah menjadi olahan apa saja
contoh-olahan-kubis

Selain bermanfaat kubis untuk kesehatan, kubis juga sanagt fleksibel loh. Banyak sekali cara untuk menikmati sayuran yang penuh manfaat ini. Anda bisa mengukus, merebus, menumis, dan memanggangnya. 

Potong mentah untuk selada kol dan salad lainnya, atau gunakan daun utuh sebagai pengganti tortilla atau roti sandwich yang menyehatkan jantung. Itu cara yang bagus untuk menambah nutrisi sambil mengurangi karbohidrat dan kalori.

Demikian beberapa referensi manfaat kubis untuk kesehatan kita yang tidak boleh kita sepelekan. Walaupun harganya murah tapi sayur yang satu ini kaya akan nutrisi yang tentukan kita butuhkan untuk kesehatan tubuh kita. 

Perbanyak minum air putih, sayuran dan buah-buahan. jaga Pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Selalu bersyukur dan bahagia. Mudah-mudahan bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "10 Manfaat kubis untuk kesehatan yang tidak boleh anda sepelekan. Penting untuk diketahui!!"

  1. Informasi dan tips yang sangat bermanfaat... semoga selalu semangat untuk tetap berbagi kebaikan. Jangan lupa, mampir juga di beranda sederhana Saya di https://herbalidoc.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih,,,,,mudah-mudahan bermanfaat
      Siap mas bro...mari saling mendukung...

      Hapus

Posting Komentar