6 Penyebab Lingkaran Hitam di Mata dan Cara mengatasinya, Penting!

Penyebab lingkaran hitam di mata
lingkaran-hitam-di-mata-via-indozone-id

Penyebab  lingkaran hitam di mata adalah informasi yang sangat menarik untuk anda. Lingkaran hitam adalah salah satu perhatian terbesar di kalangan wanita dari segala usia dan bahkan beberapa pria.

Lingkaran di bawah mata menciptakan ilusi kelelahan baik dengan pria maupun wanita, dan diyakini secara luas bahwa perubahan warna di bawah atau di sekitar mata menyebabkan orang tampak lebih tua daripada hanya keriput atau rambut beruban saja.

Untungnya, ada berbagai cara untuk menangani area mata yang berubah warna. Untuk meminimalkan efek lingkaran hitam, yang akan kita bahas di bawah ini. 

Tapi pertama-tama, mari kita bahas apa yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda dan kemudian kita akan memeriksa beberapa pengobatan rumahan untuk menghilangkan lingkaran hitam.

Ketahui penyebab lingkaran hitam di mata dan cara menghilangkannya

Sebelum memutuskan metode untuk merawat lingkaran hitam Anda, yang terbaik adalah mengungkap alasan penyebab lingkaran hitam di mata. Kulit yang menghitam di bawah atau di sekitar mata Anda dapat terjadi karena sejumlah alasan termasuk penyakit, kurang tidur, alergi, dan juga faktor genetik Anda.

1. Lingkaran hitam di mata mirip dengan varises

Penyebab lingkaran hitam di mata yang pertama yaitu karena faktor keturunan. Lingkaran hitam di mata dan varises, keduanya dikatakan merupakan sifat keturunan. 

Perubahan warna terjadi ketika darah Anda mengalir melalui pembuluh darah besar di dekat permukaan kulit. Jika kulit Anda transparan, perubahan warna lebih terlihat dan lingkaran Anda lebih gelap.
 

2. Lingkaran hitam di mata karena alergi

Penyebab lingkaran hitam di mata yang kedua yaitu karena alergi . Jika Anda mulai lebih sering menyentuh mata karena kurang tidur, Anda dapat menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata hanya dengan menggosoknya. 

Mata yang iritasi atau hidung tersumbat sering kali disebabkan oleh kurang tidur, alergi dari hewan peliharaan atau serbuk sari, dan debu. Semua hal ini menjadi perhatian saat menangani area bawah mata yang gelap, namun bisa diatasi dengan mudah. 

Untuk menghilangkan lingkaran hitam yang disebabkan oleh alergi, Anda perlu mengobati alergi Anda dengan berkonsultasi dengan dokter, serta menghilangkan alergen dari rumah Anda.
 
Alergi yang bersifat musiman seperti hay fever terkadang dapat diobati dengan obat yang dijual bebas. Alergi Makanan atau Kimia Alergi makanan juga dikenal menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata.
 
Namun, tidak semua orang sadar bahwa mereka memiliki alergi ini. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kepekaan terhadap makanan atau bahan kimia, bicarakan dengan dokter kulit atau dokter keluarga agar Anda bisa mendapatkan beberapa pengujian dan diagnosis yang tepat.
 
Dalam beberapa kasus, multi-vitamin sederhana dapat menjadi solusi untuk lingkaran hitam di bawah mata Anda. Perhatikan juga bahwa sensitivitas gluten dapat menyebabkan perubahan warna di sekitar mata.

Tetapi masalah ini mudah diatasi dengan menghilangkan gluten dari makanan Anda.
 Ketahui penyebab lingkaran hitam di mata agar anda bisa menanganinya dengan tepat.
 

3. lingkaran hitam di mata karena Dehidrasi

Penyebab lingkaran hitam di mata karena dehidrasi

Penyebab lingkaran hitam di mata yang ke tiga yaitu karena dehidrasi. Dehidrasi terjadi jika jumlah air yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada air yang masuk. 

Efek dehidrasi muncul seperti lingkaran hitam di sekitar mata, rasa haus, urin berwarna gelap, dan hilangnya nafsu makan. Solusi terbaik dan termudah adalah minum lebih banyak air setiap hari. 

Air minum sangat bagus untuk menghindari perubahan warna gelap di sekitar mata, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tetapi jika Anda minum terlalu banyak air, Anda dapat menahannya dalam jumlah banyak, dan ketika tubuh Anda menahan air, Anda bisa menjadi kembung atau bengkak sebagai akibatnya.
 
Cara sederhana untuk minum cukup air, tanpa minum terlalu banyak, adalah dengan minum segelas setiap kali makan, atau sebelumnya. Cara ini termasuk paling efektif untuk mencegah penyebab lingkaran hitam di mata.

4. lingkaran hitam di mata karena Penuaan

Penyebab lingkaran hitam di mata karena penuaan
Lingkaran-hitam-di-mata-karena-penuaan

Penuaan, menjadi salah satu penyebab lingkaran hitam di mata. Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi kurang elastis, dan produksi kolagen melambat. Kulit Anda akan menjadi kurang kenyal dan lebih tipis, yang menyebabkan kulit di sekitar mata Anda tampak berubah warna.
 
Oleh karena itu, coba gunakan krim mata lingkaran hitam setiap hari untuk mengisi kembali kulit Anda dengan memberikan kelembapan yang hilang selama bertahun-tahun. Tidur Anda mungkin pernah mendengar ini sebelumnya seribu kali atau lebih, tetapi ini dia lagi.
 
Tidur adalah suatu keharusan untuk kulit yang sehat! Diketahui juga bahwa kulit adalah organ tubuh terbesar, dan memiliki sifat penyembuhan diri. Kemampuan ini memungkinkan kulit untuk mengisi kembali area yang kekurangan cairan yang penting untuk kulit yang tampak sehat.
 
Kurang tidur menjadi penyebab paling sering munculnya lingkaran hitam di mata. Kembali ke kurang tidur, kurang tidur terkadang karena stres, insomnia, dan / atau depresi. 

Anda mungkin melihat lebih banyak lingkaran hitam di sekitar mata Anda setelah keluar larut malam, atau tugas di pagi hari, jadi pastikan untuk tidur tidak kurang dari 6 jam setiap malam - meskipun ideal 8 jam.

5. lingkaran hitam di mata karena Diet

Diet tubuh yang tidak seimbang juga menjadi salah satu penyebab lingkaran hitam di mata. Tubuh Anda akan mencerminkan apa yang Anda makan dan minum, jadi penting untuk makan makanan sehat. 

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika orang menyebutkan diet sehat adalah buah dan sayuran. Tetapi Anda membutuhkan lebih dari itu untuk menghilangkan kantung mata.
 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, minum air secara teratur akan memastikan kesehatan kulit, dan makan protein yang sehat seperti ikan, telur, dan unggas juga akan membantu menghilangkan lingkaran hitam. Mengkonsumsi banyak minuman beralkohol / berkafein, merokok, dan kurang berolahraga juga menjadi alasan penyebab munculnya lingkaran hitam.

 
Untuk bonus trik perasaan-enak, hilangkan garam dari makanan Anda karena bisa menyebabkan kembung, kelelahan, dehidrasi, dan bisa membuat wajah Anda bengkak. Paparan Matahari Menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari tanpa perlindungan dapat menjadi penyebab lingkaran hitam di mata Anda.
 
Alasan mengapa paparan sinar matahari menyebabkan perubahan warna adalah karena peningkatan produksi melanin di kulit. Jadi selalu gunakan sunblock dan moisturizer dengan SPF tidak lebih dari 15 di wajahmu. 

Jika Anda khawatir akan memiliki wajah yang jauh lebih cerah daripada warna kulit tubuh Anda, gunakan losion tanning tanpa sinar matahari untuk wajah guna meratakan warna kulit Anda.

6. Lingkaran hitam di mata karena Turun temurun 

Penyebab Lingkaran hitam di bawah mata Anda juga disebabkan oleh faktor genetik sederhana. Anda mungkin memiliki anggota keluarga dengan masalah yang sama karena lingkaran hitam dikatakan turun-temurun. 

Ini bukan berarti Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaiki perubahan warna. Namun, mungkin agak sulit untuk melepaskan diri dari masalah tersebut. 

Pilihan terbaik Anda adalah menggunakan concealer di bawah mata Anda untuk mengatasi area gelap. Pastikan anda menjauhi hal-hal yang menjadi penyebab lingksrsn hitam di mata.

Pengobatan Rumahan untuk Lingkaran Hitam di Mata

Cobalah pengobatan alami ini untuk mengatasi perubahan warna di bawah mata. 

Mentimun untuk mata bengkak 

Mentimun untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata


Mentimun sangat bagus untuk mengurangi mata lelah dan sembab, dan perawatan ini bisa dilakukan setiap hari. Iris mentimun, dan taruh satu irisan di setiap mata, lalu berbaring selama 10 atau 15 menit dengan mata tertutup. Simpan sisa mentimun di lemari es agar Anda bisa terus menggunakannya sampai habis.

Kantong teh untuk lingkaran hitam di mata

Tanin yang ditemukan di kantong teh, akan mengurangi pembengkakan dan perubahan warna di sekitar mata. Pertama, Anda perlu menempatkan dua kantong teh di lemari es semalaman untuk mendinginkannya. 

Di pagi hari, basahi, lalu berbaring dengan kantong teh di mata Anda. Jaga mata Anda tetap tertutup dan tubuh diam selama 10 atau 15 menit setiap hari. Anda akan segera melihat hasilnya. 

Jika Anda tidak memiliki kantong teh, gunakan es batu yang dibungkus kain. Jangan pernah meletakkan es langsung ke kulit di sekitar mata Anda karena dapat menyebabkan pembuluh darah pecah, yang menyebabkan lebih banyak lingkaran hitam dan perubahan warna. 

Lingkaran hitam adalah masalah yang umum, tetapi seperti yang Anda lihat, ada cara untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata Anda secara alami. Yuk segera ketahui penyebab lingkaran hitam di mata anda dan atasi dengan cara yang tepat.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Lingkaran Hitam di Mata dan Cara mengatasinya, Penting!"