6 Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Yang Wajib diketahui!

 Kelebihan dan kekurangan hidroponik, informasi menarik terutama bagi anda yang ingin memulai usaha hidroponik. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah melainkan dengan menggunakan media air. 

 Selain dirasa mudah dan praktis, bercocok tanam menggunakan tehnik hidroponik ini juga digadang-gadang mampu menjadi solusi bertanam untuk mengatasi keterbatasan lahan sebagai media bercocok tanam. 

Kelebihan dan kelemahan hidroponik

Tetapi dibalik kecanggihan teknologi bercocok tanam ini terselip beberapa kelebihan dan kekurangan hidroponik seperti beberapa tehnik bercocok tanam lainnya. Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan untuk bercocok tanam menggunakan kecanggihan teknik hidroponik ini, ketahui terlebih dahulu tentang kelemahan serta keunggulan hidroponik secara mendalam. 

Baca juga : Nutrisi penting Tanaman Hidroponik dan Cara Membuat Nutrisi Hidroponik secara mudah

Jangan sampai Anda menerapkan sistem ini tanpa didasari pengetahuan serta ilmu yang memadai. Bukan menjadi untung malah mampu membuat Anda merugi jikalau penerapannya salah. Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan hidroponik yang mungkin wajib Anda ketahui terlebih dahulu secara mendetail.

Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hidroponik

kelebihan dan kekurangan hidroponik
Kelebihan Hidroponik


Ada beberapa kelebihan dan kekurangan hidroponik yang akan dijabarkan. Kelebihan yang Anda dapatkan ketika menerapkan tehnik bercocok tanam hidroponik ini dibandingkan dengan teknik pertanian biasanya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan tehnik bercocok tanam hidroponik

1. Tidak membutuhkan tanah

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan hidroponik, Kelebihan hidroponik yang pertama yaitu tidak membutuhkan tanah. Jikalau di telaah dari namanya, sudah pasti tehnik bercocok tanam hidroponik ini tak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Justru tehnik bercocok tanam model hidroponik ini mampu membuat lingkungan menjadi bersih sebab tehnik ini tak menyentuh tanah sama sekali.

2. Pertumbuhan semakin cepat

Pertumbuhan tanaman semakin cepat merupakan kelebihan dari sistem hidroponik. Dibandingkan dengan tehnik bercocok tanam lainnya, penerapan tehnik hidroponik ini mampu membuat tanaman semakin tumbuh dengan cepatnya. 


Hal ini tak lain dan tak bukan karena tumbuhan mampu menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan secara sempurna yang terserap dengan cepat dalam bentuk air.

3. Lebih efisien

Uniknya Anda tak harus repot menyiram seluruh tanaman setiap harinya layaknya bercocok tanam dikebun untuk membantu tumbuh kembang tanaman. Sebab tanpa disirami pun tumbuhan hidroponik mampu tumbuh dan berkembang. Itulah salah satu kelebihan hidroponik.

4. Membutuhkan sedikit tenaga

Membutuhkan sedikit tenaga merupakan salah satu kelebihan hidroponik. Umumnya setiap orang yang bercocok tanam di tanah akan membutuhkan tenaga banyak untuk mengolah lahan, penanaman serta proses memanennya. 

Namun lain halnya dengan bercocok tanam menggunakan hidroponik Anda tak perlu mengeluarkan tenaga yang banyak untuk mengolah lahan, penanaman tanaman sekaligus proses memanennya.

  1. Memiliki tahapan proses yang mudah untuk menanamnya
  2. Mampu menghasilkan panen yang lebih banyak dibandingkan dengan cara bertanam menggunakan tanah lainnya

5. Mampu menghemat tempat

Salah satu kelebihan utama mengunakan tehnik bercocok tanam hidroponik ini adalah mampu menghemat lahan lebih banyak. Anda tak harus menggunakan lahan atau tanah yang berhektar-hektar untuk menanam tanaman.

Baca juga : 7 Tahapan Menaman Tomat Hidroponik secara tepat agar sukses

6. Lebih steril

Kelebihan dari sistem hidroponik yang satu ini sangat penting yaitu lebih steril. Karena di tanam ditempat yang khusus dengan pengairan dan nutrisi yang terjamin, tak heran jikalau panen yang hasilkan akan lebih steril dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di lahan tanah. 

Bahkan kebersihan serta kualitas dari buah atau sayur yang dihasilkan akan lebih maksimal dan terjamin. Karena di letakkan ditempat yang khusus, maka tehnik bercocok tanam ini akan memiliki resiko serangan hama dan penyakit tanaman lainnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan tanaman yang menggunakan media tanah.

Biasanya suatu tanaman akan mengalami hambatan ketika terjadi perubahan musim. Tetapi lain halnya dengan sistem bertanam hidroponik ini yang justru setiap pertumbuhan serta perkembangannya tak akan bergantung terhadap cuaca, suhu dan iklim tertentu disuatu daerah

Baca juga: 11 penyebab kegagalan hidroponik, penting untuk diketahui!

kelebihan dan kekurangan hidroponik

Kelemahan hidroponik


kelebihan dan kekurangan hidroponik
kelebihan-dan-kekurangan-hidroponik

Dibalik segudang kelebihan sistem bercocok tanam hidroponik ini terdapat beberapa kelemahan yang juga wajib untuk Anda ketahui. Inilah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh tehnik bercocok tanam hidroponik.

1. Membutuhkan Modal besar

Kelemahan hidroponik yang pertama yaitu membutuhkan modal yang besar. Setara dengan kelebihan yang ditawarkan kepada Anda. 

Untuk melakukan tehnik bercocok tanam sistem hidroponik ini Anda harus membutuhkan biaya dan modal yang relatif lebih banyak. Pasalnya ada beberapa peralatan yang wajib Anda sediakan jikalau memutuskan untuk menggunakan sistem bercocok tanam ini

2. Perangkat dan pemeliharaan masih langka

Perangkat dan pemeliharaan yang masih langka menjadi kelemahan hidroponik. Di Indonesia bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik ini memang belum terlalu populer. 

Tak heran jikalau peralatan yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan tehnik bertanam ini sangat terbatas sekali bahkan cenderung sulit untuk ditemukan

3. Membutuhkan ketelitian ektra

Kelemahan hidroponik yang lainnya yaitu dibutuhkan ketelitian ekstra. Tak hanya nutrisi yang wajib terkontrol dalam setiap wadah yang digunakan namun Anda harus mengetahui secara detail tingat keasaman Ph dalam setiap tanaman.

4. Investasi yang mahal

Membutuhkan keterampilan khusus
Tak semua orang bisa mengaplikasikan sistem bertanam secara hidroponik ini. Pasalnya selain paham akan cara bercocok tanam hidroponik yang baik dan benar Anda juga harus cakap serta memiliki keterampilan khusus untuk membuat peralatan hidroponik yang diperlukan dan faktor tersebut menjadi kelemahan hidroponik.

Demikian beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan hidroponik. Semoga bermanfaat 
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

1 komentar untuk "6 Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Yang Wajib diketahui! "

Posting Komentar