7 Tahapan Menaman Tomat Hidroponik agar berbuah lebat

Cara menanam tomat hidroponik
tomat-hidroponik-via-kebumen-how-com

Anda sedang tertarik dengan tehnik bercocok tanam hidroponik?. Tahapan menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat informasi yang tepat untuk anda.

Tomat hidroponik merupakan jenis sayuran yang selalu ada di dapur setiap penduduk, selain karena rasanya yang enak dan vitamin yang tinggi di dalamnya tomat juga merupakan tanaman yang mudah di budidayakan. Tomat hidroponik saat ini sedang populer bagi para masyarakat maupun bagi petani sayur.


Metode bertani tanpa tanah ini telah terbukti menghasilkan untung yang lebih banyak dari pada bertani sayur secara tradisional. Metode yang banyak digunakan oleh petani adalah metode petambahan nutrisi secara terus menerus dengan jumlah yang sedikit.

Tahapan Menanam Tomat dengan Teknik Hidroponik


Menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat melalui beberapa tahapan. Pada kenyataanya tingkat produksi tomat di negara Indonesia masih jauh tertinggal dari negara maju, sehingga tercipta metode hidroponik untuk mengatasi kekurangan tomat di negara ini. Tomat dengan metode ini menghasilkan buah yang segar, sehat dan tidak terdapat kandungan logam berat di dalamnya. Berikut ini adalah metode menanam tomat hidroponik yang dapat anda coba di rumah.

Metode Menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat

1. Memilih jenis tomat hidroponik

Langkah paling awal dari menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat adalah menyiapkan benih yang akan di tanam. Jenis tomat hidroponik apa yang akan anda tanam, harus di tentukan sebelumnya. Ada banyak jenis tomat yang dapat di budidayakan dengan cara hidroponik. Tomat jenis granola adalah jenis yang paling sering ditemui, golongan tomat buah yang biasa di gunakan untuk minuman.

Selanjutnya ada jenis tomat gondol yang biasa di gunakan sebagai bahan saus, tomat sayur yang biasa anda jumpai di setiap pedagang sayur. Terakhir adalah jenis tomat ceri, tomat kecil dengan buah yang banyak pada satu tangkai panjang, biasanya di jual di pasar dengan warna hijau. Pilihlah jenis tomat sesuai kebutuhan sebelum menanam tomat hidroponik.
Menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat

2. Penyemaian tomat hidroponik

Setelah menentukan jenis tomat hidroponik, anda harus menyemai benih. Benih dapat di semai pada rak semai atau polybag. Namun, sebelumnya anda harus melakukan seleksi benih yang berkualitas dengan cara merendam menggunakan air selama kurang lebih 24 jam.

Pisahkan benih yang terapung dan tenggelam, setelah itu siap untuk di semai pada media tanam. Sediakan media tanam benih dan semai tomat hidroponik sedalam 1 senti meter lalu letakkan pada polybag. Setiap polybag satu benih, letakkan pada tempat yang cukup cahaya matahari dan siram dua kali sehari.

Baca juga : Tanaman yang mejanjikan masa depan, yuk simak apa saja itu!

3. Persiapan media tanam bibit dalam polybag

Arang sekam

 Tahap selanjutnya dalm menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat yaitu membuat media tanam untuk tomat hidroponik, pertama adalah menyiapkan polybag dan media yang di butuhkan. Anda bisa menggunakan komposisi berikut, campuran arang sekam, tanah dan kompos. Arang sekam bisa anda dapatkan dengan cara membakar sekam padi hingga menjadi arang. Masukkan ke dalam polybag setinggi 30-35 senti meter, media siap untuk di tanam tomat.

Baca juga :7 Cara Praktis Menanam Cabe Hidroponik secara Mudah untuk Pemula, dijamin berhasil!

4. Pemindahan bibit tomat hidroponik ke dalam media tanam

Pindah tanam

Setelah media siap, anda bisa langsung memindahkan bibit tomat hidroponik dari media semai benih ke media bibit. Ada dua cara yang bisa anda coba untuk memindah bibit. Pertama yaitu dengan cara mencabut bibit dari media tanam benih. Untuk menghindari kerusakan pada akar bibit, siram polybag menggunakan air dan tarik bibit perlahan.

Cara yang kedua yaitu anda memindahkan bibit ke media baru beserta dengan tanahnya ke dalam polybag baru. Ambil bibit dengan cara memutar bibit dan media di dalam polybag benih, putar sampai bibit dan media lepas dari polybag.

Baca juga : Selain serbuk kayu ini dia 10 Jenis Media Tanam Hidroponik Wajib anda ketahui

5. Pemberian Nutrisi tomat hidroponik

Menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak, karena media tanamnya tidak menyediakan nutrisi yang banyak seperti jika di tanam langsung di ladang. Nutrisi biasanya di berikan dengan cara irigasi menggunakan pompa. Apabila anda tidak mendapatkan pompa, anda bisa menggunakan ember yang diisi larutan nutrisi hidroponik.

Gunakan nutrisi khusus untuk tanaman tomat hidroponik, konsentrasi yang di berikan setiap fase pertumbuhan berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Aturan pemberian nutrisi yang baik adalah 2 – 4 kali sehari dengan dosis rendah.

6. PPM tomat hidroponik


Saat tanaman tomat hidroponik anda mulai berbunga anda harus meningkatkan ppm nutrisi dari 1300 ppm menjadi 2000 ppm untuk pengoptimalan buah tomat hidroponik anda.

7. Pemeliharaan tomat hidroponik agar berbuah lebat


Tomat hidroponik


Pemeliharaan tomat hidroponik agar berbuah lebat harus di lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil panen yang baik. Lakukan pengecekan setiap hari terhadap kondisi daun tomat hidroponik, apakan di makan oleh ulat atau hama lain. 


pengecekan juga di lakukan pada daun yang kering dan jatuh serta buah tomat hidroponik yang busuk, segera ambil semua kondisi tersebut dan buang. Ambil pula rumput liar dan tanaman yang tampak layu atau mati agar tidak menular ke tanaman lainnya. 

Halau hama yang anda jumpai dengan cara tradisional, buang batang atau daun yang di rusak oleh hama. Atau anda bisa menggunakan pupuk organik, semprotkan pada batang dan daun tomat hidroponik agar terhindar dari hama tanaman.

7. Waktu panen tomat hidroponik

Tomat hidroponik hijau


Usia panen tomat hidroponik adalah 2 - 3 bulan dari masa tanam. Waktu panen tomat hidroponik terpengaruh oleh varietas dari benih yang di tanam. Tanda tomat hidroponik siap panen adalah buahnya berubah menjadi warna merah atau hijau kekuningan dan pada bagian tepi buah terlihat menguning. Tomat hidroponik anda siap untuk di petik untuk diolah sendiri atau di jual.

Baca juga : Hidroponik Sederhana, Alternatif Bercocok Tanam yang Mudah dan Cepat

Demikian di atas artikel tentang cara menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat secara mudah. semoga bermanfaat iya.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "7 Tahapan Menaman Tomat Hidroponik agar berbuah lebat"