Ketahui 6 Cara Merawat Monstera deliciosa agar sukses, penting!

Cara merawat monstera deliciosa
Monstera-deliciosa-via-pinterest

Cara merawat monstera deliciosa informasi menarik untuk anda pecinta tanaman hias. Tanaman yang sedang booming ini ternyata sangat mudah perawatannya. 

Ketahui Cara merawat monstera deliciosa ternyata sangat mudah

Karakterisktik monstera deliciosa

Sebelumnya saya akan menceritakan Kilas balik tentang tanaman hias yang satu ini. Monstera deliciosa yang megah dan kuat adalah tanaman hias pertama yang membuat saya benar-benar terpikat. 

Meskipun pertama kali diberi nama Latin pada tahun 1849, ia mencapai popularitas yang tinggi sebagai tanaman hias di awal abad ke-20. Foto-foto dari waktu itu menunjukkan monstera deliciosa adalah favorit di antara para seniman, dengan Monstera yang menjulang tinggi yang menampilkan gambar studio Matisse, Sonia Delaunay dan Picasso. 

Berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat, ini adalah raksasa hutan yang mempertahankan sebagian dari alam liarnya alam saat dibawa masuk. Akar aefial Monstera dan daun lobed besar yang megah membuatnya menjadi spesimen yang mencolok. 

Walaupun begitu monstera deliciosa dapat toleran terhadap kondisi yang cukup sulit, bertahan dalam waktu lama, diabaikan dan cahaya redup. Tanaman hias monstera deliciosa tumbuh lambat tapi kuat, dengan akar aefial yang menempel di habitat sekitarnya. 

Baca juga : Cara Budidaya Melon Hidroponik Dengan sistem Fertigasi Penting diketahui!

Tumbuh secara vertikal, menempelkan batangnya pada pohon. Tetapi di dalam ruangan monstera deliciosa membutuhkan dukungan pada tiang lumut atau tiang untuk menjaga agar tetap tegak dan mencegah kerusakan batang karena beratnya sendiri.

Bisa tumbuh hingga 2 meter di dalam ruangan dengan lebar daun 50 sentimeter. Akar udara adalah pertanda tanaman yang sehat dan seharusnya tidak dibuang. 

Akan tetapi idealnya didorong dengan menempel pada bahan organik seperti tiang atau pohon yang tertutup lumut cabang. Karena mereka membawa makanan dan air kembali ke daun. 

Di luar ruangan, Monstera akan menghasilkan makanan yang bisa dimakan biji delicosa pop, dikatakan rasa nanas. (Sisa tanaman tidak boleh dimakan Faktanya, seperti banyak tanaman hias, bisa sangat beracun jika tertelan oleh hewan peliharaan). 

Latih Monstera Anda di atas tiang yang tertutup lumut, dan berikan kelembapan yang baik, cukup cahaya, dan air sedang akan menghasilkan spesimen berdaun lebar yang luar biasa. Monstera deliciosa tanaman hias yang dapat berumur panjang selama beberapa dekade. 

Cara merawat monstera deliciosa agar tumbuh dengan baik

Perawatan Monstera deliciosa

1. Kondisi tumbuh 

Cara merawat monstera deliciosa yang pertama adalah dengan mengenali kondisi tumbuh tanaman monstera deliciosa tersebut. Monstera deliciosa lebih menyukai cahaya terang tidak langsung. 

Mereka akan mentolerir posisi cahaya rendah (250-800 lux) tetapi tidak akan tumbuh juga. Coba berikan mantra singkat, tempat yang lebih terang. 

Termasuk tanaman hutan, Monstera menyukai kelembaban dan suhu hangat (10 hingga 25 oc), tetapi akan mentolerir udara yang lebih buruk. Jaga kelembaban dengan cara penyemprotan kabut secara teratur.

Baca juga : Selain serbuk kayu ini dia 10 Jenis Media Tanam Hidroponik Wajib anda ketahui

2. Media pendukung

Mengetahui media pendukung termasuk cara sukses merawat monstera deliciosa. Pancang kokoh yang dilapisi sphagnum lumut merupakan perancah yang ideal untuk menopang Monstera. 

Tambahkan jaring kawat di sekitar tiang, kemudian pasang lumut dengan mendorongnya melalui jala. Anda akan membutuhkan pengamanan pada tiangnya dengan ikatan pada saat tanaman tumbuh. 

Saat merepoting atau mengganti pot, tiang sebaiknya dimasukkan terlebih dahulu sebelum ditambahkan campuran tanaman dan pot. Gunakan tiang tinggi untuk memungkinkan untuk pertumbuhan di masa depan. 

Jaga kelembaban tiang lumut secara teratur untuk mendorong akar udara melekatkan diri padanya. Batang tanaman mungkin juga didukung menggunakan ikatan, atau tali ditangguhkan dari langit-langit atau dinding yang berdekatan. 

Baca juga : 7 Keuntungan dan Metode Hidroponik Sederhana Untuk Pemula

3. Air dan nutrisi monstera deliciosa

Mengetahui bagaimana konsumsi air dan nutrisi juga merupakan cara merawat monstera deliciosa agar sukses. Siram dengan bebas di musim panas dan selama cuaca panas, tapi jangan biarkan air tergenang dalam pot. 

Biarkan media tanam monstera deliciosa mengering di antaranya penyiraman, terutama di musim dingin. Beri nutrisi sesuai kebutuhan selama musim tanam di musim semi dan musim panas, tetapi jangan memberi nutrisi di musim gugur atau musim dingin. 

4. Perawatan dan pemeliharaan umum

Cara merawat monstera deliciosa yang keempat yaitu mengetahui perawatan dan pemeliharaan umum. Seperti menggunakan kain lembut yang dibasahi air untuk menyeka dan membersihkan debu dan kotoran dari daun secara teratur.

Membuang setiap daun mati atau mengering di sendi daun. Jika tanaman menjadi terlalu besar, Anda bisa memotong bagian atasnya saja di atas simpul tanaman. Pemotongan dapat digunakan untuk menyebarkan tanaman baru. 

Baca juga : 7 Tahapan Menaman Tomat Hidroponik secara tepat agar sukses

5. Perambatan 

Monstera deliciosa dapat diperbanyak di awal musim panas melalui pemotongan ujung batang. Anda juga bisa melakukan Stek kemudian letakan di air sampai berakar  dan kemudian bisa di taruh di pot. 

6. Penyelesaian masalah hama 

Cara sukses merawat monstera deliciosa dengan mengetahui solusi masalah yang terjadi pada tanaman tersebut. Bercak hitam pada daun mungkin menandakan kondisinya terlalu dingin atau berangin. 

Daun yang menguning, lalu daun yang berwarna coklat bisa berarti terlalu banyak menyiram. Biarkan tanaman mengering di antara penyiraman dan usahakan penyiraman lebih jarang dilakukan.

Daun berwarna kuning pucat adalah tanda klorosis, biasanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau penyiraman berlebihan. Jaring di bawahnya daunnya menunjukkan tungau laba-laba merah.

Demikian beberapa karakteristik dan tips cara merawat monstera deliciosa. Tentunya perlu perawatan yang teliti agar tanaman hias anda yang satu ini tumbuh dengan cantik. Semoga bermanfaat.

Sumber : Indoor green Living with plants (Bree Claffey)

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Ketahui 6 Cara Merawat Monstera deliciosa agar sukses, penting!"