11 Penyebab kegagalan Hidroponik Wajib Anda Tahu

Penyebab kegagalan hidroponik

Penyebab kegagalan dalam hidroponik informasi menarik untuk anda yang ingin memulai usaha hidroponik. Dalam semua usaha pasti ada cerita sukses dan gagal, tak sedikit pula yang berkali-kali gagal sampai menikmati kesuksesan. 

Bertani menggunakan sistem hidroponik memang susah-susah mudah, banyak keuntungan dan kegurian tergantung bagiamana kita mengusahakannya. Bertani hidroponik kini menjadi salah satu tren bertani modern.

Apalagi ditambah dengan musim penghujan atau bahkan kemarau, banyak orang mulai beralih ke teknik bercocok tanam secara hidroponik. Sama sekali tidak salah, mengingat hidroponik sendiri merupakan alternatif atau solusi tepat untuk mengakali cuaca yang tidak menentu.

Penyebab kegagalan dalam Metode Hidroponik yang Harus Dihindari agar sukses


1. Pengetahuan. 


Kurangnya pengetahuan tentang metode hidroponik seringkali menjadi penyebab kegagalan usaha hidroponik. Anda tidak perlu malu untuk bertanya, ada banyak situs website, fanpage dan bahkan tanya jawab secara online mengenai metode cocok tanam hidroponik.


2. Awali dari yang mudah.


Penyebabab kegagalan metode hidroponik yang kedua yaitu tidak mengawalinya dengan yang mudah dulu. Tidak perlu berkecil hati, bahkan para ahlinya pun pernah memulai dari yang mudah terlebih dahulu. Bahkan sama sekali tidak disarankan memulai dari sistim yang sulit dan rumit.

3. Pemilihan benih. 


Nyaris mirip dengan poin sebelumnya, begitu pun halnya dengan pemilihan benih. Pemilihan benih juga bisa menjadi faktor penyebab kegagalan metode hidroponik. Kenapa tidak memulai dari tanaman yang mudah terlebih dahulu? Toh yang Anda akan pelajari adalah cara bagaimana prosesnya, hasil akhirnya pun adalah menjadi bonus yang menyenangkan kalau berhasil.

4.Waktu. 


Meskipun terlihat mudah dan tidak perlu perawatan ekstra, tapi waktu yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebab kegagalan metode hidroponik. Luangkan waktu untuk selalu memeriksa, mengecek dan memantau perkembangan tanaman hidroponik Anda. Perlu diingat bahwa hidroponik pun butuh perhatian, tidak bisa ditinggalkan begitu saja.


5. Kegagalan.


Tidak percaya diri dan takut akan kegagalan menjadi penyebab kegagalan metode hiroponik itu sendiri. Jangan takut melakukan kesalahan apalagi takut gagal. Kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda. 

Jangan khawatir, tentu saja kesalahan dalam metode hidroponik ini ada solusinya. Seperti telah disebut di atas, cobalah dari yang mudah terlebih dahulu. 

6. Tidak memperhatikan nutrisi


Jangan tergiur karena tampilan tanaman hidroponik milik orang yang cantik dan juga hasil akhirnya yang menggiurkan. Tidak memperhatikan nutrisi tanaman juga menjadi penyebab kegagalan metode hidroponik.

Perhatikan kebutuhan nutrisi masing-masing tanaman di kebun hidroponik Anda. Perlu diingat, bahwa masing-masing tanaman memiliki kebutuhan yang juga berbeda-beda. Info mengenai ini sudah banyak tersebar di website ini maupun di forum, bahkan Anda bisa membeli buku yang khusus membahas tentang ini di toko buku.

7. Penggunaan air yang kurang tepat

Penggunaan air pun seringkali menjadi masalah utama bagi para pemula. Bahkan tetkadang menjadi penyebab utama kegagalan metode hidroponik. Banyak ditemukan kegagalan, yang ternyata sumbernya adalah pemberian air bagi tanaman hidroponik. 


Mengingat hidroponik adalah tumbuhan yang ditanam tanpa menggunakan media tanah, maka air menjadi faktor penting bagi kesuburannya. Disarankan untuk menggunakan air tanah atau air sumur, daripada air isi ulang atau PDAM. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang cukup tinggi di air tanah atau air sumur tersebut. 

Jika Anda menggunakan air isi ulang atau PDAM, ada baiknya terlebih dahulu mengendapkan air tersebut dalam kurun waktu sehari semalam. Ini berfungsi agar mengendapkan sisa-sisa kimia pembersih yang digunakan oleh PDAM atau air isi ulang.

8. Kekurangan oksigen

Kekurangan oksigen juga menjadi penyebab kegagalan metode hidroponik. Sama halnya seperti manusia, begitu pun dengan tanaman. 

Mereka membutuhkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, apalagi mengingat hidroponik amat tergantung pada asupan nutrisi yang tepat dikarenakan media tanamnya yang tidak menggunakan tanah sama sekali. Ada baiknya membaca dan bertanya pada ahlinya mengenai pemberian nutrisi untuk tanaman hidroponik.

9. Kurangnya sinar matahari

Selain beberapa hal di atas, pemberian sinar matahari pun seringkali menjadi penyebab kegagalan hidroponik  bagi para pemula. Ada yang berlebih, juga pun ada yang kurang sama sekali, hingga mengakibatkan kegagalan tentunya. 

Perlu diingat, bahwa pemberian sinar matahari yang cukup merupakan faktor penting bagi proses fotosintesis, yang nantinya akan tumbuh menjadi lebih baik.

10. Tidak mempertimbangkan untung rugi

Kurang perhitungan juga menjadi penyebab kegagalan metode hidroponik. Mungkin Anda telah menemukan artikel tentang bagaimana memulai bercocok tanam hidroponik secara mudah dan murah. 

Sama sekali tidak ada salahnya jika memulainya terlebih dahulu dari yang gampang bukan? Mulailah dari peralatan hingga bahan baku bekas, sehingga Anda tidak merasa rugi di kemudian hari.

11. Pemilihan tempat

Pemilihan tempat terkadang menjadi penyebab kegagalan metode hidroponik. Memilih luasnya tempat harus dipikirkan sebelum memulai bercocok tanam secara hidroponik. Kenapa tidak memulainya dengan area kecil atau bahkan memulai hidroponik dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu, tentunya hal ini akan menjadi pelajaran penting nantinya.

Alasan penggiat hidroponik mundur

Meskipun terlihat mudah pada kenyataannya banyak para pemula atau penggiat hidroponik sendiri yang lalu mundur teratur setelah mencoba beberapa waktu, ada banyak alasannya. Di antaranya adalah:

  1. Hasil yang tidak sesuai dengan harapan
    Selalu gagal
  2. Tingkat kesulitan yang jauh dari kata mudah dan gampang
  3. Karakter pribadi yang beranggapan uang adalah segalanya, sehingga langsung memilih yang rumit
  4. Tidak ada waktu luang
  5. Termakan ucapan orang kalau hidroponik itu menguntungkan

Amat disayangkan, mengingat bahwa hidroponik bisa jadi merupakan salah satu hobi yang amat menyenangkan jika dilakukan dengan betul dan baik. Apalagi bercocok tanam hidroponik sama sekali berbeda dengan bercocok tanam secara konvensional. 

Anda tidak lagi dihadapkan akan masalah-masalah yang seringkali timbul ketika sedang berada di ladang, sawah, atau kebun seperti misalnya. Demikian beberapa alasan penyebab kegagalan hidroponik yang sering terjadi, semoga bermanfaat dan sukses.



Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "11 Penyebab kegagalan Hidroponik Wajib Anda Tahu"