Ketahui 6 Cara Menanam Selada Hidroponik secara mudah untuk pemula

Cara menanam Selada hidroponik

Cara menanam selada hidroponik secara mudah informasi dan inspirasi menarik untuk anda. Selada merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak asing di masyarakat, biasa di gunakan sebagai lauk atau sebagai penghias makanan. Namun, harga selada di pasar cukup tinggi sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk menanam sendiri di rumah yang kemudian dikenal dengan selada hidroponik.

Di lansir dari haibunda, menanam selada dengan metode hidroponik memiliki beberapa kelebihan dari pada anda berkebun seperti pada umumnya. Salah satunya adalah anda dapat panen lebih cepat dari pada waktu panen umumnya. Keuntungan lainnya adalah anda tidak butuh lahan yang luas untuk menanam selada hidroponik dengan cara tersebut.

Cara menanam selada hidroponik menggunakan botol bekas

Berikut beberapa langkah dalam menanam selada hidroponik

1. Persiapan alat dan bahan untuk berkebun selada hidroponik dengan botol bekas

Hidroponik


Sebelum berkebun anda harus menyiapkan alat dan bahan yang di butuhkan. Untuk menanam selada secara hidroponik alat yang anda butuhkan adalah botol air mineral bekas dengan ukuran besar. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan adalah tanah, pupuk organik, air, kain flannel, gunting, paku dan bibit selada yang akan di tanam.

Baca juga: 7 Tahapan Menaman Tomat Hidroponik secara tepat agar sukses

2. Pembuatan media tanam selada hidroponik

Media tanam


Setelah alat dan bahan siap tahap selanjutnya adalah membuat media tanam. Cara pertama yaitu botol air yang sudah disiapkan di potong menjadi dua bagian. Buatlah lubang dengan paku pada bagian atas botol, kemudian tumpuk kedua bagian botol yang sudah di lubangi sehingga bentuknya seperti corong yang di masukkan ke dalam gelas.

Sebelum di tumpuk botol yang bagian bawah di isi menggunakan air setengah bagian yang nanti akan menjadi sumber nutrisi bagi selada yang akan anda tanam. Sementara di bagian botol atas yang telah anda lubangi tadi isi dengan kain flannel yang nanti akan menyerap nutrisi dari tandon air untuk selada hidroponik anda.
Cara menanam selada hidroponik agar cepat panen

3. Menanam selada pada media hidroponik

Menanam selada hidroponik perlu ketelitian dan hati – hati agar akar bibit selada tidak putus dan rusak. Masukkan bibit selada hidroponik ke dalam pot dari botol bekas yang sudah di isi dengan media tanam hingga penuh. Buat larutan nutrisi untuk selada dengan penuh dan dosis rendah, setelah penanaman selesai pindah pot pada tandon nutrisi.
Jarak tanam yang baik adalah 25x25 senti meter atau 0 x 30 senti meter. Letakkan selada hidroponik yang baru saja ditanam di tempat yang teduh, kurang lebih selama 2 – 3 hari untuk masa adaptasi. Setelah dirasa cukup, selada di letakkan di perkenalkan dengan cahaya matahari secara bertahap.

4. Pemberian nutrisi selada hidroponik

Selada yang ditanam secara hidroponik tetap membutuhkan nutrisi, jika nutrisi tidak terpenuhi dengan baik akan menyebabkan selada anda rusak di makan hama atau bahkan busuk di dalam pot. Terdapat beberapa jenis nutrisi yang di butuhkan oleh selada, diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga : 7 Cara Praktis Menanam Cabe Hidroponik secara Mudah untuk Pemula, dijamin berhasil!

Pada masa awal tanam, antara umur 1-7 hari setelah tanam anda harus memberikan larutan nutrisi untuk tanaman selada hidroponik dengan dosis rendah. Kemudian pada minggu ke dua antara umur 8 – 14 hari setelah tanam naikkan dosis nutrisi menjadi lebih tinggi . kenaikan dosis nutrisi dilakukan setiap 2 minggu sekali .

5. cara merawat dan memelihara selada hidroponik

Selada hidoponik asli

selada hidroponik tidak dapat tumbuh dengan sendirinya, anda harus memberikan perawatan yang rutin agar selada sehat dan hijau. Merawat selada hidroponik bukan hal susah untuk dilakukan, namun anda tidak dapat mengabaikan perawatan selada.

hal yang paling penting dari perawatan selada hidroponik adalah kebutuhan cahaya matahari. Pastikan selada hidroponik anda mendapat cahaya matahari dengan cukup, karena cahaya matahari sangat di perlukan untuk proses pertumbuhan dan fotosintesis selada. Kekurangan cahaya matahari akan membuat tanaman selada anda kerdil dan kurang menarik.

Selain cahaya matahari, nutrisi untuk selada hidroponik anda juga harus sesuai dengan kebutuhan tanaman. Karena nutrisi untuk selada terletak pada tandon, maka perhatikanlah ukuran tandon. Jika tandon yang digunakan berukuran kecil, anda harus sesering mungkin mengecek larutan nutrisi agar tidak kehabisan.

Suhu dalam tandon harus selalu stabil, selain itu pastikan bahwa tandon tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari secara langsung dapat merusak nutrisi untuk selada hidroponik yang tersedia di dalam tandon. Bungkus tandon menggunakan handuk basah atau styrofoam jika panas matahari terlalu tinggi.

Baca juga: 7 Langkah Budidaya Kangkung Hidroponik untuk pemula, penting untuk diketahui! 

Jika tanaman selada hidroponik anda jumlahnya tidak terlalu banyak, anda dapat mengatasi masalah hama maupun penyakit secara manual. Tetapi jika kebun selada anda luas, anda harus melakukan penyemprotan menggunakan pestisida nabati supaya lebih aman.

6. Waktu dan cara panen selada hidroponik

Panen selada hidroponik

Menanam selada dengan metode hidroponik membuat anda cepat mendapatkan untung, karena waktu panen anda lebih cepat dari pada menanam di lahan terbuka. Waktu yang di butuhkan kurang lebih 23 hari sejak bibit di pindahkan ke dalam pot. 23 hari merupakan usia ideal panen selada hidroponik. 

Cara panen selada hidroponik hanya tinggal ambil dari pot dan bersihkan akarnya.

7. Manfaat selada hidroponik


Selain kandungan nutrisi yang cukup baik dalam selada hidroponik, sayuran yang satu ini juga kerap di santap untuk lalaban, atau salad dan menghias sajian makanan.

Baca juga : Selain serbuk kayu ini dia 10 Jenis Media Tanam Hidroponik Wajib anda ketahui

Cara menanam selada hidroponik sangat mudah dan gampang, hanya butuh keuletan dalam berkebun dan rajin. Tanaman ini juga cepat di panen dan pasti laku di pasar, karena masih sedikit jumlah petani sayur yang mengembangkan budidaya selada di perkebunannya dan konsumsi selada hidroponik sekarang ini sangat banyak. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Ketahui 6 Cara Menanam Selada Hidroponik secara mudah untuk pemula"