7 Keuntungan dan Metode Hidroponik Sederhana Untuk Pemula

Metode hidroponik yang menguntungkan
Metode-hidroponik-via-facebook
Hidroponik kini selain menjadi alternatif utama bercocok tanam, juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain memang perawatan serta penanaman bibit yang mudah dan murah, akan tetapi juga bisa menjadi lahan bisnis baru. 

Seperti yang telah kita ketahui, berbagai macam hidroponik kini telah menjadi salah satu solusi terbaik dalam bercocok tanam dengan area yang kecil, serta kini sudah berubah menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan beberapa aspek penting yang mendukungnya.

Salah satu keuntungan utama dari bercocok tanam dengan hidroponik adalah

1. Mudah dan Sederhana

Metode hidroponik sederhana


Keuntungan hidroponik sederhana yang pertama yaitu mudah dan sederhana. Tidak seperti teknik bercocok tanam lainnya, teknik hidroponik ternyata amatlah sederhana. 

Dari sisi penyemaian bibit atau benih tanaman, perawatan, hingga menuai hasilnya pun amatlah mudah. Tentunya harus diimbangi dengan pemilihan benih tanaman yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan media tanamnya sendiri.

2. Murah dan Gampang

Murah dan gampang adalah salah satu keuntungan dalam sistem hidroponik sederhana. Ketika kita akan memulai bercocok tanam hidroponik sederhana, Anda ternyata tidak lagi membutuhkan biaya awal atau modal dalam jumlah besar.

Bahkan sebaliknya, Anda bisa memulainya dengan modal yang cukup minim dan mendapatkan hampir keseluruhan bahan-bahan yang diperlukan dari sekeliling Anda tanpa perlu repot mencarinya.

3. Area Tanam Minimalis

Metode hidroponik sederhana minim tempat
hidroponik-via-merdeka-com
Keuntungan hidroponik sederhana yang pasti anda sukai yaitu area tanam minimalis. Anda tidak perlu memiliki lahan super luas dan besar untuk mencoba hidroponik sederhana, bahkan Anda bisa memulainya di pekarangan rumah Anda atau bahkan di ruang tamu Anda sendiri.

4. Ramah Lingkungan

Tehnik bercocok tanam hidroponik sederhana nyaris mirip seperti telah disebut di poin nomor 2. Anda bisa mendapatkan hampir keseluruhan bahan-bahan yang diperlukan tanpa perlu bersusah-payah dan bahkan dari bahan-bahan dari daur ulang atau bekas. 

Seperti botol air mineral bekas, jerigen minyak bekas, kain bekas (diutamakan kain flanel), sisa atau bekas serutan kayu, sabut kelapa, pasir, batu kerikil dan masih banyak lagi. Dapat disimpulkan keuntungan dari hidroponik sederhana yaitu ramah lingkungan.

5. Waktu Perawatan Minim

Untuk anda yang sulit membagi waktu, perawatan yang minim merupakan keuntungan dari hidroponik sederhana yang bisa anda rasakan. Dikarenakan area lahan yang kecil, maka Anda tidak perlu lagi memakan waktu banyak ketika merawat hidroponik sederhana. Bahkan Anda bisa melakukannya di waktu senggang sambil bercanda dengan keluarga.

6. Obat Penghilang Stress

Keuntungan hidroponik sederhana bisa menjadi obat penghilang stress. Setelah penat seharian di kantor lalu macet di jalanan, Anda bisa melepas itu semua dengan menikmati ketenangan di kebun kecil hidroponik di rumah.

7. Agrobisnis

Hidroponik sederhana bisa menjadi agrobisnis

Semakin berkembangnya dunia kuliner, bervariasinya jenis masakan, maka makin besar pula permintaan pasar akan sayuran. Anda bisa mengambil kesempatan tersebut dengan melakukan hidroponik sederhana. 

Salah satu keuntungan hidroponik adalah harga jualnya yang cukup tinggi dikarenakan hasil akhirnya yang organik dan jauh lebih bersih dibanding hasil tanam konvensional.

Metode Penanaman Untuk Berbagai Macam Hidroponik

1. Dripping atau Tetes

Metode hidroponik dripping atau tetes. Model yang biasa disebut dengan Irigasi Tetes ini memang paling banyak penggemarnya, dikarenakan sederhana, mudah dan amat bersahabat bagi para pemula. Metode hidroponik model ini paling sering dipergunakan untuk tanaman buah dan sayuran, dengan menggunakan media arang sekam, pasir atau batu kerikil yang sudah terlebih dahulu dibersihkan.

Metode hidroponik ini memiliki beberapa kelebihan: hemat air, mudah dan murah. Meski demikian metode ini juga mempunyai kelemahan seperti asupan oksigen yang minim jika tidak diakali.

2. Wick System

Selain metode hidroponik model Irigasi Tetes, Wick System juga menjadi salah satu yang disukai para beginner atau pemula. Selain mudah, caranya pun amat sederhana. Sama halnya dengan metode hidroponik lainnya.

Wick System pun memiliki kelemahan seperti perawatan serta pengecekan yang harus lah berkala, agar nutrisi yang diberikan mudah diserap tanaman juga sirkulasi oksigen yang memadai.

3. WCS (Water Culture System)

Metode hidroponik ini merupakan salah satu cara yang unik di antara metode hidroponik lainnya. Cukup dengan menggunakan styrofoam sebagai media tanamnya dan lalu menaruhnya di atas bak atau aquarium berisi air. Ketika tumbuh besar, akar tanaman akan menggantung sedemikian rupa sehingga akan sangat cocok jika ditempatkan di halaman atau bahkan di ruang tamu Anda.

Meski amat cocok untuk berbagai jenis tanaman berdurasi pendek seperti sawi dan kangkung, metode ini pun memiliki kelemahannya. Sama sekali tidak berfungsi dengan baik untuk tanaman yang memiliki durasi cukup lama.

Baca juga : tanaman yang menjanjikan masa depan, simak apa saja itu! 

4. Aeroponic System

Metode hidroponik aeroponic system merupakan salah satu cara paling efektif untuk hasil yang maksimal. Pun sesuai dengan namanya sendiri, adalah cara bercocok tanam hidroponik di udara. Kebutuhan akan nutrisi akan dipenuhi dengan cara menyemprot langsung pada bagian akarnya, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil maksimal. Kelemahan dari metode hidroponik ini adalah pada perawatan yang haruslah berkala dan teratur.

5. NFT (Nutrient Film Technique)

Tidak perlu cemas ketika membaca nama metode hidroponik yang mungkin dirasa rumit, bahkan cara ini merupakan salah satu metode yang paling populer penggunaanya. Akar tanaman akan dibiarkan tumbuh pada sebuah lapisan dangkal yang secara terus menerus akan diberikan nutrisi. Biasanya lapisan tersebut terbuat dari polythylene. Area akar dalam larutan yang tersikulasi nutrisi secara teratur tersebut akan tumbuh dengan baik.

Meski masih banyak metode-metode hidroponik, beberapa cara di atas merupakan cara yang cukup populer. Penggunaan serta dirasa amat sederhana bagi Anda yang baru akan memulai mencoba bercocok tanam berbagai macam hidroponik. Selamat mencoba!
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "7 Keuntungan dan Metode Hidroponik Sederhana Untuk Pemula "

  1. punya keinginan ketika nanti punya rumah sendiri, pengen nyobain hidroponik. karena terus terang pasti serung dan memang bener, ngilangi streeesss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih penting kita bisa memastikan bahwa sayur yang kita konsumsi terbebas dari pestisida, dan pasti lebih seneng kalo makan hasil tanaman sendiri....

      Hapus

Posting Komentar