5 Cara menanam bayam hidroponik dijamin berhasil

Bayam hidroponik


Informasi cara menanam bayam hidroponik menarik untuk dibahas. Mengingat bayam hidroponik adalah salah satu jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh dengan masa Panen yang singkat. Beberapa referensi sayur dengan masa panen cepat
klik di sini .

Dengan perkembangan pengetahuan pada dunia pertanian, menghasilkan banyak metode baru untuk bertani sayur. Salah satunya adalah metode hidroponik yang biasa di gunakan untuk membudidayakan sayuran. Hal ini berlaku juga untuk sayuran bayam, cara menanam bayam hidroponik dapat di pelajari oleh semua orang saat ini.

Bayam merupakan golongan tanaman yang mudah tumbuh. Di tanam secara tradisional di lahan terbuka bayam tumbuh dengan subur. Metode hidroponik ini dapat di terapkan untuk anda yang tidak mempunyai lahan yang luas untuk berkebun. Sehingga anda tetap bisa menikmati sayur bayam segar yang baru saja di petik.

Cara Menanam Bayam Dengan Metode Hidroponik

Cara Menanam bayam hidroponik terlihat mudah, namun ada beberapa hal yang berbeda dengan menanam bayam secara tradisional. Berikut ini cara menanam bayam dengan metode hidroponik yang dapat anda praktikkan di rumah.

Menanam bayam hidroponik untuk pemula

1. Persiapan alat menanam bayam hidroponik

Tahapan Cara menanam bayam hidroponik yang pertama yaitu mempersiapkan alat. Alat yang harus anda siapkan untuk berkebun menanam bayam hidroponik antara lain kotak kayu yang tingginya mencapai 30 senti meter. 

Kemudian styrofoam atau busa, yang akan di gunakan sebagai dudukan net pot. Selanjutnya wadah media tanam berupa netpot atau gelas plastik. Media tanam yang digunakan yaitu rockwool dan benih bayam dan nutrisi hidroponik.

2. Penyemaian benih bayam hidroponik

Penyemaian benih

Tahapan cara menanam bayam hidroponik yang kedua yaitu penyemaian benih bayam hidroponik. Sebelum anda menyemai benih bayam hidroponik, anda harus pastikan bahwa benih yang anda gunakan adalah benih berkualitas. 

Untuk mendapatkan benih yang berkualitas anda bisa mengambil dari biji bayam yang sudah tua atau membeli bibit bayam dari toko bibit. Kemudian rendam bibit bayam hidroponik yang akan anda tanam dengan air hangat kurang lebih satu jam.
Selanjutnya siapkan rockwool sebagai media tanam, media sudah di potong dengan ukuran 2 x 2 senti meter. Media tanam juga sudah di lubangi, dengan lubang yang disesuaikan dengan biji bayam yang akan di tanam. Kemudian di susun dalam sebuah baki dan letakkan di tempat yang sejuk dan cukup cahaya mataharinya.

Setelah itu semai benih dengan memasukkan biji bayam ke dalam media tanam, setelah semua selesai siram media yang sudah berisi benih dengan air bersih. Siram dengan cara yang halus atau dengan cara spray agar basah pada media tanam merata. Usahakan agar tidak ada air yang tergenang di baki atau media tanam.
Cara menanam bayam hidroponik untuk pemula

3. Persiapan media tanam bayam hidroponik

Persiapan media tanam bayam hidroponik merupakan tahapan cara menanam bayam hidroponik yang ketiga. Media tanam yang kedua adalah media untuk memindahkan bayam, setelah bayam tumbuh subur. 

Pertama yang harus disiapkan adalah kotak styrofoam atau kotak air dengan tinggi 30 senti meter. Kemudian buatlah tutup kotak menggunakan styrofoam yang lebih tipis degan ukuran yang di sesuaikan dengan styrofoam awal.

Buatlah lubang pada tutup styrofoam dengan diameter kurang lebih 5 senti meter dan jarak antar lubang kurang lebih 10 senti meter. Setelah semua siap, isi kotak dengan nutrisi khusus untuk bayam hidroponik. Isi sesuai kebutuhan bayam, jika anda membutuhkan dalam jumlah banyak maka bisa menambahnya ketika nutrisi sudah mulai berkurang.

4. Pemindahan bayam hidroponik ke media tanam

Jika media untuk penanaman sudah siap anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu penanaman atau pemindahan bayam dari tempat bibit ke media tanam. Bahan yang anda butuhkan untuk proses ini adalah gelas plastik dan sumbu kompor atau kain flannel yang panjang menyerupai sumbu.

Masukkan sumbu ke dalam pot atau gelas plastik hingga setengah dari posisi sumbu berada di dalam gelas plastik. Kemudian pindahkan bibit dari media awal ke media kedua. Kemudian letakkan gelas plastik ke dalam lubang penutup styrofoam dengan posisi akar bibit menyentuh nutrisi yang ada di dalam kotak.

5. Tahap pemeliharaan dan perawatan bayam

Perawatan bayam


Perawatan dan pemeliharaan bayam hidroponik yang pertama adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin dan cukup, serta menempatkan tanaman pada ruang yang cukup cahaya matahari. Supaya proses pertumbuhan dan fotosintesis bayam hidroponik berjalan dengan sempurna.

Lakukan pencegahan hama tanaman dan juga adanya rumput liar pada sekitar tanaman. Pemberantasan dan pencegahan dapat dilakukan dengan cara tradisional ataupun melalui obat-obat pestisida. Untuk masalah rumput liar anda hanya perlu mencabut dan membuang rumput liar tersebut.

Baca juga: cara menanam melon dengan sistem fertigasi

Sementara untuk hama bayam hidroponik yang biasanya berupa belalang, siput, ulat dan berbagai hama tanaman sayur lain. anda bisa menggunakan insektisida untuk mencegah dan memberantas hama tersebut. Namun, insektisida yang anda gunakan sebaiknya yang khusus untuk tanaman hidroponik supaya lebih aman.

6. Tahap panen bayam hidroponik

Panen bayam hidroponiK

Tahap ini di lakukan ketika usia bayam hidroponik sudah mencapai 25 hari dari masa tanam. Cara panen bayam hidroponik cukup mudah, anda bisa mencabut langsung dengan akarnya atau bisa juga memotongnya menggunakan pisau. Lakukan panen dengan hati-hati agar tidak merusak daun bayam anda. 

Demikian beberapa tahapan cara menanam bayam hidroponik untuk pemula, sangat sederhana. Selamat mencoba menanam bayam hidroponik di rumah dan semoga berhasil.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "5 Cara menanam bayam hidroponik dijamin berhasil"