Cara Menanam Timun Hidroponik Sistem Wick (sumbu), gampang banget!

Timun

  Teknik hidroponik sendiri memiliki beberapa sistem yang bisa diterapkan untuk setiap tumbuhan. Nah, sekarang yang akan dibahas adalah sistem wick(sumbu) pada tumbuhan timun. 

Untuk Anda yang suka dengan sayuran timun, ada baiknya untuk memperhatikan dengan seksama. berikut beberapa langkah yang harus dilakukan saat menanam timun hidroponik dengan sistem wick.

Cara Menanam Timun Hidroponik Sistem Wick (sumbu)

Menanam timun hidroponik sistem wick. Kenapa sekarang pilihannya jatuh pada sistem wick? Karena sistem inilah yang paling mudah diantara lainnya. Sebenarnya banyak sekali sistem hidroponik yang bisa anda terapkan, tetapi untuk tanaman timun lebih cocok untuk menggunakan sistem wick.

Apa itu sistem wick (sumbu)?

Disebut sistem sumbu, karena memang dalam dalam pelaksanaannya menggunakan sumbu. Terserah, sumbu apa yang akan digunakan, yang jelas sumbu yang Anda pilih harus masih bagus dan bersih. Selain itu, sumbu ataupun kain yang nanti akan dipakai tersebut harus mampu menyerap air dengan baik.

Setelah Anda paham dengan sistem yang akan digunakan. Langkah selanjutnya yang juga wajib Anda ketahui adalah cara menanam timun hidroponik sistem wick (sumbu). Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa teknik tanam hidroponik menuntut untuk teliti. Jadi, disini Anda diharapkan sabar dan mengikuti setiap alur penanaman.

Baca juga: Kesalahan dalam metode hidroponik yang perlu anda ketahui

Mungkin beberapa orang disekitar akan menganggap bahwa teknik hidroponik mahal dan sulit. Tapi percayalah orang yang berpendapat seperti itu hanya karena belum tahu tekniknya yang tepat. Nah, untuk mengurangi persepsi tersebut langsung saja simak langkah menanam timun hidroponik sistem wick dibawah ini:

1. Siapkan bahan dan alat

Langkah pertama dalam menanam timun hidroponik sistem wick yang mesti dilakukan adalah menyiapkan seluruh perlengkapan menanam. Mulai dari wadah yang akan digunakan untuk menanam. Plastik hitam secukupnya, yang nantinya akan digunakan sebagai pelapis wadah. Kain atau sumbu.

Media tanam(sekam ataupun arang), pot, dan penyangga(karena timun adalah jenis tumbuhan merambat). Yang perlu diperhatikan adalah Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar. Sesuaikan saja dengan apa yang Anda butuhkan. Kegiatan ini akan bertambah menyenangkan dengan Anda bersuka cita.

2. Siapkan nutrisi untuk tanaman timun hidroponik

Langkah kedua dalam menanam timun hidroponik sistem wick, yang merupakan langkah krusial adalah  menyiapkan nutrisi untuk tanaman timun hidroponik sistem wick anda. Kenapa? Karena inilah bagian terpenting yang nantinya harus Anda teliti setiap harinya. Untuk nutrisinya Anda bisa membeli nutrisi umum yang biasa digunakan untuk tanaman. Larutkan dengan air, dan ikuti petunjuk menggunaannya.

dalam cara menanam timun hidroponik sistem wick yang penting untuk diperhatikan adalah nutrisi untuk tanaman timun

3. Siapkan bibit timun

Nah, untuk benih atau bibit timun bisa Anda beli di pasar ataupun di online. Seberapa banyak benih yang harus dipersiapkan? Itu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mungkin karena Anda pecinta timun, boleh saja Anda menyiapkan benih dengan jumlah banyak, untuk menghasilkan panen yang melimpah.

4. Siapkan tandon/pot/wadah

dalam cara menanam timun hidroponik sistem wick Apapun wadah yang Anda gunakan, sebaiknya dilapisi plastik hitam terlebih dahulu. Lalu, sampingnya dilubangi untuk ventilasi tanamannya. Bagian bawahnya lubangi sebanyak mungkin, lalu pasanglah sumbu ataupun kain flanel. Setelah itu, masukan media tanam, agak dipadatkan. Terakhir, siram media tersebut sampai basah.

5. Semai bibit timun hidroponik

Saat media sudah basah. Berikutnya, tanam benih timun pada cup, satu cup satu benih. Simpan ditempat yang teduh, 4-5 hari biasanya benih sudah tumbuh. Nah, setelah sudah tumbuh barulah Anda perlu memperkenalkannya dengan sinar matahari. Supaya calon tanaman timun ini kokoh dan segar.

6. Menanam bibit timun hidroponik

cara menanam timun hidroponik sistem wick yang keenam yaitu memindahkan tanaman timun. Setelah berumur 7 hari, bibit siap dipindahkan ke tandon atau wadah yang tadi sudah disiapkan. Letakan ditempat terbuka, agar kebutuhannya akan sinar matahari terpenuhi dengan baik. Kalau perlu, Anda pasang paranet. Supaya disiang hari tidak terlalu kepanasan.

Cara Merawat Timun Hidroponik sistem wick

Nutrusi tanaman timun

 Proses merawat timun hidroponik sistem wick (sumbu) inilah yang biasanya disebut sebagai proses rumit sekaligus memusingkan. Sebenarnya bukan proses yang rumit dan memusingkan. 

 Tetapi proses perawatan inilah yang akan menuntun Anda untuk lebih bersabar. Yah, bagaimanapun Anda akan memetik hasil dari kesabaran tersebut. Jadi, bersabarlah untuk hasil yang memuaskan.

Baca juga: Cara mudah menanam terong dengan teknik hidroponik

1. Memberi nutrisi untuk tanaman timun

 Sejak pertama dipindah ke wadah, disitulah Anda harus memberikan air nutrisi untuk tanaman timun dengan kadar rendah. Ingat, setiap satu minggu kadarnya ditingkatkan sedikit demi sedikit.

2. Pengecekan Ph

 Pengecekan pH dalam menanam timun hidroponik sistem wick Ini juga tidak kalah penting, umumnya ph tanaman adalah 5,5-6,5. Nah, kalau rendah tambahkan Ph Up, dan saat tinggi tambahkan Ph Down. Lakukan itu setiap seminggu sekali.

3. Cek suhu nutrisi

 Suhu ideal tanaman adalah 25-30 C. Nah, saat terlalu tinggi akan menyebabkan tanaman mati. Jadi, Anda perlu memperhatikan suhu larutan nutrisi ini karena akan langsung berdampak pada akar si pohon.

4. Penyemprotan pupuk daun

 Untuk kebutuhan unsur hara dan agar tanaman tumbuh dengan baik, semprotlah dengan pupuk daun 7-10 hari sekali.

demikian langkah-langkah yang harus dilakukan jika anda ingin berhasil dalam menanam timun hidroponik sistem wick (sumbu). Semoga bermanfaat, selamat mencoba semoga berhasil.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Timun Hidroponik Sistem Wick (sumbu), gampang banget!"