6 Cara Menanam dan Merawat Terong Hidroponik sangat mudah untuk pemula

Cara menanam terong hidroponik

Tanaman terong merupakan salah satu jenis tanaman yang di gunakan sebagai sayuran oleh masyarakat. Terong merupakan jenis sayuran yang di manfaatkan buahnya sebagai sayur maupun sebagai lauk. Cara menanam Terong hidroponik saat ini sedang populer di terapkan oleh para petani sayur, selain lebih mudah pemeliharaannya juga lebih menguntungkan.


Terong yang banyak di budidayakan adalah terong ungu, ciri-ciri tanaman terong adalah buahnya panjang, berwarna ungu dan bentuk daunnya besar. Terdapat berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk menanam terong hidroponik, namun cara yang paling efektif dan mudah adalah metode hidroponik. Berikut langkah – langkah yang dapat anda lakukan.

Cara Menanam Terong dengan Metode Hidroponik

Tanaman terong memiliki banyak manfaat, oleh karena itu banyak masyarakat yang suka. Selain rasanya yang enak, terong juga dapat di gunakan sebagai obat. Karena kandungan antioksidan, vitamin dan zat besi yang tinggi di dalam buahnya. Berikut beberapa langkah cara menanam terong hidroponik

1. Pemilihan Benih Terong yang Berkualitas

Langkah awal sebelum menanam terong hidroponik adalah memilih benih yang berkualitas untuk ditanam. Bibit terong hidroponik bisa anda dapatkan dari toko pertanian atau dari petani lokal yang mempunyai tanaman terong. Benih yang bagus berasal dari tanaman terong yang subur dan buahnya tua, jika anda mendapat terong dari petani lokal.

Baca juga : 7 Cara Praktis Menanam Cabe Hidroponik secara Mudah untuk Pemula, dijamin berhasil!

Jika anda membeli dari toko pertanian pilihlah benih yang kondisinya bersih dan mengkilap, kadar air dalam cukup serta ukuran, bentuk dan warna benih sama. Jika bibit anda dari petani lokal anda bisa melakukan seleksi benih dengan cara merendam benih dengan air dan buang benih yang terapung, bibit yang tenggelam berarti berkualitas baik.

2. Persiapan media untuk menanam terong

Cara menanam terong hidroponik yang kedua yaitu mempersiapkan media tanam. Setelah memiliki benih yang siap untuk di tanam, sebelumnya sediakan media untuk menanam terong hidroponik. Alat dan bahan yang anda butuhkan untuk membuat media tanam adalah tanah, kompos, sekam padi, pot atau polybag sediakan dua ukuran yaitu sedang dan besar, sekop dan juga air.

Cara pembuatan media tanam terong ini mudah, anda hanya perlu mencampur tanah dengan bahan lainnya sampai rata. Kemudian masukkan ke dalam polybag ukuran sedang dan besar menggunakan sekop. Siram dengan sedikit air sebelum anda gunakan media untuk menyemai benih.

3. Menyemai benih terong pada polybag

Menyemai benih terong merupakan Setelah media semai dan media tanam siap, lakukan penyemaian benih terong hidroponik pada polybag ukuran sedang. Sebelumnya rendamlah benih terong hidroponik menggunakan air hangat selama 15 menit. Buatlah lubang kecil pada polybag dengan jarak 1 senti meter. Kemudian letakkan benih terong hidroponik pada setiap lubang yang anda buat dan tutup dengan pupuk kompos.

Setelah di tutup padatkan media tanam dalam polybag dengan cara menekan bagian atas media. Jangan lupa letakkan media yang sudah berisi benih di tempat yang terkena sinar matahari cukup dan siram dengan sedikit air secara rutin pada pagi dan sore. Lakukan penyiraman dengan pelan dan tunggu hingga benih tumbuh.

4. Pemindahan bibit terong ke media tanam

Setelah benih terong hidroponik tumbuh ditandai dengan terlihatnya tunas atau beberapa daun yang masih muda. Menandakan terong hidroponik ini siap untuk di pindahkan ke dalam media tanam yang lebih besar. Dalam pemindahan terong hidroponik setelah di semai, satu polybag untuk satu pohon terong.

Baca juga : 7 Langkah Budidaya Kangkung Hidroponik untuk pemula, penting untuk diketahui!

cara pemindahannya adalah dengan mencabut bibit terong hidroponik dari tempat semai secara perlahan atau di angkat beserta media tanamnya. Sebelum di pindah anda harus membuat lubang dengan kedalaman kurang lebih 5 senti meter untuk menanam bibit terong. Siramlah dengan air secukupnya setiap pagi dan sore.

5. Pemeliharaan tanaman terong hidroponik

Setelah terong hidroponik di tanam pada media baru, anda perlu melakukan perawatan rutin agar anda memperoleh hasil panen yang baik. perawatan pertama adalah siram tanaman anda setiap pagi dan sore secara rutin agar kebutuhan airnya terpenuhi. Kemudian berikan pupuk secara bertahap, gunakan pupuk organik agar lebih aman.

Lakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah adanya hama atau penyakit, pemeriksaan yang dilakukan adalah memeriksa daun terong apakah di makan oleh ulat dan hama lain atau terjadi kerontokan. Jika anda menemukan daun yang kering sebaiknya segera ambil dan buang.

Baca juga: Tips Budidaya Tomat hidroponik untuk pemula

Apabila anda menemukan tumbuhan terong anda layu atau kering segera cabut dan buang agar tidak menular ke terong hidroponik yang lain. selain itu jika ada rumput liar di sela – sela tanaman terong anda segera cabut, agar nutrisi untuk terong tidak terbagi dengan rumput liar.

Selain itu, kadang diperlukan tiang penyangga ketika tanaman terong hidroponik anda mulai berbuah. Pasang tiang penyangga dari bambu agar tanaman tetap berdiri tegak dan buahnya tetap bagus. Anda dapat memberikan nutrisi lain yang khusus untuk tanaman sayur hidroponik, supaya sayuran anda tetap sehat dan berbuah lebat.

Baca juga : Cara Budidaya Melon Hidroponik Dengan sistem Fertigasi Penting diketahui!

6. Panen terong hidroponik

Terong hidroponik dapat di panen ada usia kurang lebih 3 bulan. Waktu yang tepat untuk panen adalah pagi dan sore hari setiap 3 hari sekali. Buah terong tidak dapat bertahan lama oleh karena itu harus segera dipanen jika sudah mulai usia panen.

Demikian ulasan tentang menanam terong secara hidroponik, semoga bermanfaat.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Cara Menanam dan Merawat Terong Hidroponik sangat mudah untuk pemula"