8 Penyebab migrain kanan yang paling umum, penting untuk di ketahui!

 

Penyebab migrain kanan yang paling umum
penyebab-migrain-kanan-via-detik-com

Penyebab migrain kanan yang paling umum adalah informasi menarik untuk anda, terutama bagi anda yang sering mengalami migrain mendadak. Kesadaran dan pengendalian penyebab migrain kanan adalah metode utama untuk menangani sakit kepala migrain berulang. 

Banyak faktor penyebab migrain kanan yang dapat kita dihindari, ada juga beberapa yang tidak dapat dihindari. Tetapi informasi ini akan membantu membuat migrain jauh lebih jarang terjadi. 

Perlu diingat bahwa penyebab migrain kanan bersifat kumulatif. Yaitu beberapa kondisi yang memicu migrain tidak bekerja secara individual, tetapi jika menumpuk 2 atau lebih, menyebabkan sakit kepala. 

Penyebab migrain kanan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Berikut beberapa penyebab migrain kanan di lansir dari Alodokter.

Penyebab migrain kanan yang paling umum penting untuk di ketahui untuk mencegah datangnya migrain kembali.

1. Perubahan cuaca atau tekanan atmosfer yang tiba-tiba


Perubahan cuaca atau tekan atmosfer yang tiba-tiba merupakan salah satu penyebab migrain kanan yang paling umum. Perubahan cuaca dapat dipahami sebagai berbagai fenomena, misalnya beberapa orang mengalami serangan migrain ketika hari yang cerah tiba-tiba digantikan oleh cuaca mendung. 

Ini adalah alasan paling umum dan sayangnya itu tidak dapat dicegah atau dihindari. Mengambil obat sakit kepala saat gejala awal migrain adalah satu-satunya cara untuk membantu diri Anda sendiri.

2. Fluktuasi hormonal


Fluktuasi hormonal menjadi penyebab migrain kanan yang paling umum pada wanita. Fluktuasi hormonal pada wanita yang terkait dengan siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat menjadi faktor penyebab sakit kepala. Kadang-kadang obat-obatan hormonal atau kontrasepsi oral membantu, dalam beberapa kasus justru malah memperparah migrain.

Baca juga : Apa itu diet ketogenik? Diet menurunkan berat badan yang populer

3. Makanan dan minuman


Makanan dan minuman berpengaruh terhadap penyebab migrain kanan. Bagi sebagian orang, migrain dikaitkan dengan makanan yang tidak pantas. 

Makanan ini mungkin sulit diidentifikasi karena migrain mungkin baru muncul 48 jam kemudian. Cara termudah dan paling efektif untuk mengidentifikasi makanan penyebab migrain adalah dengan secara bergiliran menghilangkan sesuatu dari diet Anda dan memantau hasilnya. 

Makan yang tidak teratur, seperti melewatkan sarapan, terkadang juga bisa menjadi penyebab migrain kanan.

4. Cahaya terang atau berkedip-kedip


Cahaya yang terlalu terang atau berkedip kedip menjadi salah satu penyebab migrain kanan yang paling umum. Matahari yang cerah, lampu neon yang berkedip-kedip, strobo di klub, atau monitor CRT tua dengan sapuan rendah memicu migrain bagi banyak dari kita. 


Di jalan, kacamata hitam biasa atau topi dengan pelindung akan membantu meminimalisir penyebab migrain kanan. Jika masalahnya ada di tempat kerja  bicarakan dengan atasan untuk memberikan kondisi kerja yang dapat diterima.

5. Masalah tidur


Masalah tidur juga bisa menjadi penyebab migrain kanan. Tidur terlalu lama, kurang tidur, atau tidur terputus-putus semuanya cenderung memicu migrain. 

Jika di pagi hari Anda bangun dengan sakit kepala, kemungkinan besar masalahnya adalah kurang tidur. Rekomendasi utama dalam hal ini adalah rutinitas harian, termasuk di akhir pekan. Anda harus tetap mengikuti waktu atau jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama.

6. Dehidrasi


Dehidrasi adalah penyebab migrain kanan yang paling umum. Minum setidaknya 7 gelas air (kurang lebih 1,5 liter) setiap hari. Jika Anda telah mengonsumsi alkohol atau kopi, "cucilah" dengan air secukupnya, karena alkohol dan kafein memiliki efek dehidrasi yang kuat.

7. Bau, aroma kimiawi


Parfum, penyegar udara, atau asap dari bahan pembersih menjadi penyebab migrain kanan, terutama di ruang tertutup dan tidak berventilasi. Kondisi dimana hidung rentan dengan bau akan menjadi masalah, seperti dalam kasus ketika rekan kerja memakai parfum yang bau nya menyebabkan migrain kanan.

8. Kelebihan fisik


Olahraga yang intens atau bahkan orgasme dapat menjadi penyebab migrain kanan. Jika Anda mengalami sakit kepala akibat olahraga, konsultasikan dengan dokter Anda, ini bisa menjadi gejala tidak hanya migrain, tapi juga penyakit serius, seperti aneurisma.

Tips mencegah migrain kanan yang bisa anda lakukan.

  1. Pastikan anda beristirahat dengan cukup, dengan durasi sekitar 7-8 jam. Usahakan untuk tidur sesuai jadwal.
  2. Menghindari hal-hal penyebab migrain kanan. Perhatikan ketika anda mengalami migrain kanan, cari tahu penyebab migrain kanan terjadi sebagai acuan untuk menghindari penyebabnya.
  3. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya.
  4. Pastikan anda makan dengan teratur dan perhatikan makanan yang anda konsumsi.
  5. Olahraga dengan teratur.
  6. Selalu berfikir positif dan mengatur stress.
  7. Kurangi atau bahkan hindari konsumsi obat bebas karena dapat menjadi penyebab migrain kanan.
Migrain kanan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan yang khusus. Tapi jika migrain kanan anda terus berulang, ada baiknya anda periksa ke dokter untuk mencegah penyakit kronis terjadi. Demikian tentang informasi penyebab migrain kanan yang paling umum, semoga bermanfaat


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "8 Penyebab migrain kanan yang paling umum, penting untuk di ketahui!"