10 Tips Membersihkan Rumah Dengan Si Kecil Yang Mengasyikan

Tips membersihkan rumah dengan si kecil
menata-barang-tetap-rapi

Tips membersihkan rumah dengan si kecil yang mengasyikan informasi menarik terutama untuk anda yang ingin merencanakan kegiatan bersama anak di rumah. Disamping melatih si kecil untuk memiliki tanggung jawab, membersihkan dan mengatur rumah juga menjadi kegiatan yang mengasyikan untuk di lakukan bersama.

Tips Membersihkan rumah yang bisa di lakukan orang tua dan si kecil di rumah

Berikut beberapa tips membersihkan rumah yang bisa anda lakukan

1. Atur perlengkapan alat pembersih dengan rapi

Merapikan alat pembersih dalam tips mengatur rumah
merapikan-perlengkapan-pembersih-via-webmd

Tips membersihkan rumah yang pertama yaitu mengatur alat perlengkapan pembersih dengan rapi. Jika rumah anda lebih dari satu lantai, letakan di setiap lantai rumah Anda, ember yang diisi dengan pembersih serbaguna, spons, kain lembut, sarung tangan karet, handuk kertas, dan perlengkapan lain yang mungkin Anda butuhkan. Gantung sapu atau simpan juga penyedot debu di lemari di setiap lantai.

2. Bersihkan Sedikit-sedikit Setiap Hari

Membersihkan sedikit sedikit dalam tips membersihkan rumah


Bersihkan sedikit-sedikit setiap hari merupakan tips membersihkan rumah yang perlu di perhatikan. Tetap rapi dan teratur adalah proses yang berkelanjutan. 

Luangkan beberapa menit setiap hari untuk merapikan "hot spot" di rumah Anda, tempat kekacauan sering terjadi. Lap tempat di sekitar wastafel dapur. 

Ambil pakaian dari lantai kamar tidur dan masukkan ke dalam keranjang atau kembali ke lemari. Singkirkan surat, ransel, dan sepatu yang terkumpul di lorong depan. Pisahkan tumpukan kertas menjadi tumpukan "tugas" dan "arsipkan" yang lebih kecil.

3. Jadwal bersih-bersih Mingguan

Membuat jadwal bebersih mingguan dalam tips membersihkan rumah
Jadwal-mingguan-bersama-sikecil

Membuat jadwal mingguan adalah salah satu tips membersihkan rumah yang harus anda buat. Buatlah jadwal untuk tugas yang lebih besar. 

Mereka lebih bisa diajak bekerja sama jika Anda membuat jadwal yang teratur. Permadani vakum dan di bawah bantal sofa dan meja dapur. Bilas item yang tertutup sidik jari lengket, seperti kursi booster dan mainan. 

Baca juga : 14 cara mendisiplinkan anak tanpa melukai perasaanya

Dan buang semua makanan lama sebelum mereka mengubah lemari es Anda menjadi proyek sains raksasa. Jadwal bersih-bersih mingguan menjadi tips membersihkan dan mengatur  rumah yang sangat mengasyikan di lakukan bersama keluarga.

4. Ajak pembantu kecil

Pembantu cilik untuk tips membersihkan rumah
ajak-sikecil-membersihkan-rumah

Mengajak pembantu kecil adalah tips membersihkan rumah yang bisa membentuk karakter anak. Biasakan anak-anak Anda menjadi pembantu ibu dan ayah, pembantu sejak dini. 

Pada usia 3 atau 4 tahun, mereka dapat mulai mencocokkan kaus kaki saat membereskan pakaian atau menyimpan mainan. Pada usia 6 tahun, anak-anak harus siap untuk tugas yang lebih besar seperti mengatur meja atau melipat cucian.

5. Beri anak tempat khusus

Memberi anak tempat untuk mengatur barang, tips membersihkan rumah
anak-mengatur-barang

Memberikan tempat khusus untuk anak menyimpan barang miliknya, adalah tips membersihkan rumah yang mengasiykan untuk anak. Tetap rapi dan teratur juga mudah dilakukan oleh anak-anak. 

Arahkan mereka untuk meletakan buku dan mainan di rak paling rendah yang bisa mereka jangkau. Jangan lupa memasang kait yang bisa mereka gunakan untuk menggantung jaket atau tas mereka. Dan biarkan mereka membuat beberapa keputusan sendiri, seperti memilih pakaian hari berikutnya pada malam sebelumnya.

6. Buat daftar pekerjaan berhadiah untuk si kecil

Membuat daftar pekerjaan berhadiah untuk si kecil
Daftar-pekerjaan-berhadiah

Membuat daftar pekerjaan berhadiah untuk si kecil, adalah salah satu tips membersihkan rumah yang di sukai anak-anak. Tulis semua tugas anak Anda. Buat tabel tugas dengan nama setiap anak di atasnya dan biarkan dia memilih tugas hari itu. 

Tugasnya bisa termasuk menata meja, merapikan tempat tidur, atau mencuci piring. Anak-anak yang menyelesaikan tugas mereka tepat waktu dapat memenangkan hadiah seperti jalan-jalan ke bioskop atau mendapatkan es krim.

7. Pembersihan Musiman

Tips membersihkan rumah dengan pembersihan musiman
Bersih-bersih-musiman

Setiap enam bulan sekali, rencanakan satu hari untuk merapikan rumah Anda. Ini menjadi tips membersihkan rumah yang bisa anda lakukan. Singkirkan pakaian dan sepatu usang, serta buku, mainan, dan barang-barang rumah tangga yang sudah lebih dari setahun tidak Anda gunakan. 

Beri anak-anak Anda alasan untuk ikut serta dengan mengatur obral halaman dan membiarkan mereka menyimpan keuntungan, atau dengan mengajak mereka untuk menyumbangkan barang-barang untuk amal.

8. Menyentuh Area yang Terlupakan

Menyentuh kembali area yang terlupakan menjadi tips membersihkan rumh yang perlu dipertimbangkan. Jangan lupakan magnet kuman dan debu berikut ini :

  • Dinding lemari es, rak, dan dispenser es / air
  • Perlengkapan lampu dan bagian atas bilah kipas langit-langit
  • Telepon rumah
  • Keyboard komputer

9. Pembersihan Lebih Ramah Lingkungan

Membuat pembersih ramah lingkungan
pembersih-ramah-lingkungan

Anda dapat membuat lini produk ramah lingkungan Anda sendiri di rumah. Dan ini merupakan tips membersihkan rumah yang aman. 

Campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, atau campur pasta soda kue dan air untuk menggosok noda dari permukaan seperti meja dapur. Berikan kilau pada jendela tanpa noda dengan 1 cangkir alkohol gosok yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka. Pastikan Anda menguji pembersih aman untuk permukaan atau malah bisa menggores dan merusak permukaan.

10. Gunakan barang yang Tidak Diinginkan untuk Pembersihan

Menggunakan barang yang tidak diinginkan sebagai alat pembersihan bisa menjadi tips membersihkan rumah yang efektif. Barang lama bisa mendapatkan nilai guna kembali sebagai persediaan pembersih.

Kaus kaki bekas merupakan sarung tangan praktis yang menyeka kotoran di sudut sempit. Penghapus pensil dapat menghapus bekas lecet dari lantai. Dan masih banyak lagi barang-batang lama yang bisa kita gunakan kembali.

Demikian beberapa referensi tips membersihkan rumah yang bisa anda lakukan dan diskusikan bersama si kecil. Libatkan si kecil dalam setiap kegiatan, selain mengasyikan si kecil juga bisa belajar banyak hal. Semoga bermanfaat.

Sumber : webMd.com




Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "10 Tips Membersihkan Rumah Dengan Si Kecil Yang Mengasyikan"