Cara Menanam Kangkung Di Polybag, Cocok Untuk Lahan Sempit!

 

cara menanam kangkung di polybag

 Kangkung yang punyai nama latin Ipomoea aquatic sp ini sebagai type sayur yang paling bergizi dan rata-rata diproses menjadi oseng kangkung. Cara menanam kangkung di polyag akan jadi bacaan yang menarik untuk anda penggemar sayur kangkung.

 Sebenarnya banyak sekali sayuran hijau yang dapat anda tanam di polybag, seperti sawi, pakchoy dan masih banyak lagi. Untuk kali ini kita akan membahas tentang cara menanam kangkung di polybag.

Cara menanam kangkung di polybag

 Tanaman ini begitu banyak ditemui di Indonesia dan dapat tumbuh di mana saja. Ada dua type kangkung yang umum kita temukan adalah kangkung kangkung darat dan sawah. Akan tetapi saat ini anda bisa menanam kangkung di polybag. Anda gak perlu tempat yang luas, cukup dengan gunakan pot atau polybag lantas Anda dapat menanam kangkung sendiri di rumah. Lewat kata lain, menanam kangkung di pot atau polybag dapat menjadi preferensi yang benar untuk Anda yang tak punya tempat yang luas.

Baca juga : Cara menanam kangkung di gelas aqua, solusi pertanian lahan sempit

Apa manfaat kangkung untuk kesehatan?

 Sebelumnya mengupas terkait cara menanam kangkung dengan gunakan polybag atau pot, kemungkinan anda harus mengenal apa fungsi kangkung buat kesehatan.

Kangkung diyakini bisa menyelesaikan sembelit dengan baik. masalah ini dipicu kangkung punya kandungan serat yang tinggi sekali, maka dari itu kangkung bagus unuk pencernaan agar lancar.

  1. Dalam kangkung punya kandungan zinc dan selenium yang tinggi.zat ini bisa sebabkan rasa mengantuk. Maka dari itu bikin kangkung bisa dipakai buat menyelesaikan insomnia.
  2. Kangkung bisa memiliki fungsi buat memperhatikan kesehatan mata dan ketahanan badan. Masalah ini dipicu kangkung punya kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi,
  3. Kangkung memiliki fungsi buat menghalang anemia lantaran punya kandungan zat besi yang dapat meningkatkan kandungan hemoglobin dalam badan.

 Itu beberapa fungsi dari kangkung yang baik sekali buat kesehatan. Terlebih buat usus dan kesehatan hati Anda. memandang fungsi kangkung yang begitu banyak sekali. 

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk intip apa saja itu!

 Tak ada kelirunya Anda berusaha untuk menanam kangkung sendiri di rumah. Masalah ini dapat menjadi kesukaan yang bikin sehat dan membahagiakan. Oleh lantaran itu, pada saat ini, saya dapat mengupas cara menanam kangkung di polybag atau pot.

cara menanam kangkung di polybag

Penyiapan Bibit Kangkung

 Tahap pertama dalam cara menanam kangkung di polybag ialah persiapan bibit. Dalam tempo 1 minggu, biji kangkung telah berkecambah dam mulai berubah. 

 Sebetulnya di saat mau menanam kangkung, Anda dapat langsung menanamnya atau lewat proses penyemaian lebih dulu. Kalau Anda memutuskan buat mengerjakan penyemaiannya lebih dahulu, Anda harus menyediakan tanah yang telah digemburkan lantas ditambahi dengan pupuk kompos. 

 Buat ruangan penyemaian seperti wujud gundukan tegalan atau tanah. Diamkan ruangan itu waktu 1 malam, lantas sebarkan biji kangkung itu dan tutup dengan gunakan jaring-jaring. Melakukan penyiraman kedua kalinya sehari.

 Rata-rata dalam tempo 5 hingga sampai 7 hari bibit kangkung telah mulai tumbuh. Akan tetapi kalau Anda tak ingin susah dan sulit, Anda dapat langsung menanam bibit kangkung di polybag atau pot tiada proses penyemaian.

Baca juga : tempat kursus TKI di Singapura, Wajib tahu!

Penyiapan Pot Atau Polybag

 Menyiapkan polybag merupakan tahapan selanjutnya dalam cara menanam kangkung di polybag. Kalau mau gunakan pot, Anda harus gunakan pot yang berlubang pada sisi bawahnya. Kalau gunakan polybag lantas harus dikasih lubang kecil di bagian bawahnya. 

 Kalau Anda gunakan pot atau polybag yang diperoleh di pasar rata-rata telah ada lubangnya. Akan tetapi kalau Anda bikin pot sendiri, lubang jadi soal yang penting. Ini berfungsi buat serapan air.

 Seterusnya Anda dapat masukkan media tanamnya. Media tanamnya dapat gunakan gabungan kompos dan tanah. Buat perbedaan tanah harus bisa lebih banyak ketimbang kompos adalah 2:1.

 Bisa pula ditambahi dengan arang sekam akan tetapi sedikit saja. Sehabis polybag atau pot dikasih media tanam. Diamkan waktu 1 hingga sampai dua hari lebih dahulu sebelum ditanam dengan bibit kangkung.

Baca juga : Agar tomat hidroponik nerbuah lebat, yuk simak rahasianya!

Menanam Bibit Kangkung

 Cara menanam kangkung di polybag selanjutnya ialah tahap penanaman. Di saat memindahkan bibit kangkung harus berhati-hati, jangan sampai akarnya hancur sebab dapat mengacaukan proses pertumbuhan. 

 Bikin lubang di pot atau polybag dengan jemari telunjuk. Tiap-tiap pot cukup 3 biji lubang saja dan punya kedalaman 10 hingga sampai 15 cm. Disarankan 2 buah bibit kangkung di tiap lubangnya. Lantas tutup lubang dengan tanah. Jangan menghimpit tanah terlampau kencang lantaran dapat bikin bibit kangkung simpel patah. 

 Begitupun kalau gunakan biji langsung. Anda tinggal masukkan bibit ke lubang lantas menutupnya hingga sampai tumbuh kecambah. Ingat buat tetap menyiraminya kedua kalinya dalam satu hari adalah waktu pagi dan siang hari secara rutin. Biar perubahannya bisa berjalan dengan normal dan tak kekurangan air.

Perawatan Tanaman Kangkung

 Perawatan merupakan hal yang penting dalam cara menanam kangkung di polybag agar berhasil. Perawatan tanaman kangkung tidak sukar. Tanaman ini sangatlah simpel buat tumbuh dan tak simpel terserang hama penyakit. 

 Anda dapat mengerjakan penyiraman secara teratur satu hari kedua kalinya adalah pada sore hari dan pagi. Kalau Anda menanam pada musim penghujan, dapat dikurangkan penyiramannya. 

 Masalah ini dipicu kalau kangkung mendapati kebanyakan air, kangkung akan rusak. Selalu membersihkan rumput dan gulma yang tumbuh di kitaran tanaman kangkung. Tumbuhnya gulma dan rumput bisa merampas gizi yang dapat diterima kangkung, maka dari itu perubahannya tak jalan dengan baik. 

 Tidak hanya itu, pemberian pupuk pula perlu selalu dijalankan. Dapat lebih bagus kalau Anda memberi pupuk organik, biar hasilnya lebih sehat.

Pemanenan kangkung

  Pemanenan adalah tahapan terakhir dalam cara menanam kangkung di polybag. Saat panen tanaman kangkung bisa dijalankan dalam tempo 25 hingga sampai 30 hari. 

 Buat cara pemanenannya harus langsung ditarik hingga sampai ke akarnya. Akan tetapi kalau Anda mau memperoleh dalam kedua kalinya, Anda dapat potongnya di sisi batangnya saja. 

 Saat ini Anda dapat nikmati kangkung sendiri di dalam rumah hasil dari kebun Anda sendiri. Simpel khan? Saya sangat percaya Anda dapat melaksanakannya sendiri di rumah. Demikian sedikit penjelasan mengenai cara menanam kangkung di polybag. Semoga bermanfaat.

 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Kangkung Di Polybag, Cocok Untuk Lahan Sempit!"