Cara Menanam Kangkung Di Gelas Aqua, Solusi Pertanian Lahan Sempit

Cara Menanam Kangkung Di Gelas Aqua

 Cara menanam kangkung di gelas aqua, pernahkah anda mendengar informasi tersebut?. Apakah anda pecinta sayur kangkung? Sayur  ini memang mempunyai rasa yang cukup sedap.

Ada beragam menu masakan yang dapat dibuat dari kangkung. Salah satunya yakni oseng kangkung, pecel urap kangkung dan masih banyak lagi. Sayur kangkung memiliki cita-rasa yang benar-benar mantap. Pasti lebih menyenangkan lagi bila kangkung itu diambil dari kebun Anda pribadi. Yup, Anda dapat menanam kangkung sendiri.

Cara menanam kangkung di gelas aqua, cocok untuk lahan sempit

 Tidak boleh menjadikan sebab tidak memiliki tempat yang luas jadi pemicu Anda tidak bisa menanam kangkung. Karena tanaman kangkung tidak memerlukan lokasi yang luas.

Ukuran tanamannya yang kecil dan waktu panennya yang cepat membuat kangkung dapat ditanam pada tempat manapun. Bahkan juga Anda juga bisa menanam tumbuhan ini di gelas agua bekas air mineral loh!. Hasilnya tidak kalah dari kangkung yang ditanam di tanah.

Baca juga : Membuat kebun sayur di lahan sempit tapi hasil melimpah

Selain dapat mengirit tempat, penggunaan gelas plastik sebagai tempat penanaman kangkung akan memudahkan Anda dalam menjaganya. Ini sebagai jalan keluar yang terbaik untuk berkebun di lingkungan perkotaan.

Beberapa bahan yang diperlukan :

  1. Benih kangkung
  2. Tanah
  3. Pupuk kandang
  4. Sekam padi
  5. Kapas
  6. Air
  7. Gelas plastik

Beberapa alat yang dipakai :

  1. Paku
  2. Cetok
  3. Mangkok
  4. Pinset

Cara menanam sayuran di gelas aqua

1. Menyemai Benih Kangkung

Cara Menanam Kangkung Di Gelas Aqua

Cara menanam kangkung di gelas aqua yang pertama yaitu menyemai benih kangkung. Menanam kangkung yang paling memberikan keuntungan dari benihnya.

Benih ini berbentuk biji yang siap untuk ditanam. Benih kangkung lalu dipendam di air hangat sepanjang 8-10 jam. Selanjutnya persiapkan tempat penyemaian berbentuk kapas yang diatur dalam mangkok. Lalu dibasahi dengan sedikit air. Kemudian, tempatkan biji-biji kangkung di atas kapas yang basah. Tempatkan mangkok ini di lokasi yang gelap. Waktu durasi penyemaian sekitaran 3-5 hari.

cara menanam kangkung di gelas aqua

2. Mempersiapkan Tempat Penanaman

Cara menanam kangkung di gelas aqua selanjutnya ialah mempersiapkan tempat penanaman. Di sini kita akan memakai gelas plastik sebagai tempat penanaman untuk gantikan polybag dan pot.

Anda dapat mendaur ulangi gelas plastik sisa paket air mineral. Kami anjurkan untuk mengecat permukaan gelas ini menggunakan cat warna hitam membuat perlindungan akar nanti supaya tidak terbakar cahaya matahari. Lalu buatlah beberapa lubang pada bagian dasar gelas sebagai aliran air agar keadaan tempat tanam tidak begitu basah saat disiram atau terserang air hujan.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, simak apa saja itu!

3. Mempersiapkan Media Tanam

Media tanam menjadi hal penting dalam cara menanam kangkung di gelas aqua. Tempat tanam yang terbaik dipakai untuk menanam kangkung yakni kombinasi di antara tanah, sekam pupuk kandang, dan padi. 

Adapun perbedaan kombinasi beberapa bahan yang kami anjurkan yakni 2:2:1. Tanah yang dipakai harus dibikin bersih lebih dulu dari sampah, kotoran, dan batu-batuan yang terdapat di dalamnya. Aduklah beberapa bahan ini sampai tercampur rata. Selanjutnya masukan ke gelas plastik sampai 3/4 dari keseluruhan volumenya. Seterusnya diamkan tempat tanam ini sepanjang 3-5 hari.

Baca juga : Cara menanam pkchoy hidroponik, penting di ketahui!

4. Menanam Kecambah Kangkung

 Awasi terus perubahan kecambah kangkung yang Anda semai. Seandainya benih kangkung telah memiliki akar yang lumayan panjang, Anda dapat menanamnya. 

 Proses penanaman kecambah kangkung di tempat tanam seharusnya dilaksanakan saat pagi hari. Anda dapat membuat lubang tanam dahulu. Lalu mengambil kecambah kangkung di tempat persemaian menggunakan pinset dengan hati-hati. 

 Berikan kecambah ini ke lubang tanam, selanjutnya timbun menggunakan tanah di sekelilingnya. Sebaiknya tiap gelas plastik cukup ditanam 1 bibit kangkung agar tumbuh secara maksimal. 

5. Merawat Tanaman Kangkung

 Cara menanam kangkung di gelas aqua selanjutnya adlah perawatan tanaman kangkung. Supaya tumbuh subur, kangkung perlu ditanamkan pada tempat terbuka hingga tanaman ini dapat memperoleh cahaya matahari secara maksimal.

 Anda dapat mengimplementasikan tehnik penanaman dengan sistem vertical garden untuk mengoptimalkan pemakaian tempat yang tersedia. Tiap hari tanaman perlu disiram air secukupnya. Anda bisa juga menyirami tanaman kangkung menggunakan air sisa cucian beras. Bila Anda menyaksikan ada gulma yang tumbuh atau hama yang serang tanaman, karena itu cepatlah mengambil perlakuan yang pas untuk menanganinya.

Baca juga : Penyebab kegagalan hidroponik yang wajib anda ketahui!

6. Memetik Sayur Kangkung

 Kangkung sebagai tanaman yang mempunyai umur pendek. Maklum, sebagai sayur, kangkung harus dipanen saat masih terbilang muda agar rasanya lebih enak. 

 Bila Anda telat memetik kangkung atau menanti sampai umurnya tua, kangkung itu mempunyai struktur yang keras, keras, dan kering hingga kurang nikmat diolah. Umumnya kangkung yang sudah berusia 30-45 hari bisa dipanen. 

 Pemanenan dilaksanakan dengan mengambil tanaman kangkung satu per satu. Anda langsung bisa menanam kecambah kangkung yang baru kembali dalam gelas plastik itu. Pemetikan sayuran merupakan cara menanam kangkung di gelas aqua yang terakhir.

 Demikian cara menanam kangkung di gelas aqua, mudah sekali bukan, anda juga bisa menanam sawi di gelas platik loh. Dengan sedikit kerja keras kita dapat mengkonsumsi sayuran yang kita tanam sendiri, pastinya akan lebih sehat dan efisien. Semoga bermanfaat.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Kangkung Di Gelas Aqua, Solusi Pertanian Lahan Sempit"