10 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun Dijamin Berhasil!

Kucing dan tikus


Cara mengusir tikus di rumah tanpa racun informasi Menarik. Terutama untuk anda Yang dibuat resah dengan adanya tikus dirumah yang kerapa kali menggangu.

Selain merusak perlengkapan rumah, barang-barang tikus juga kerap kali mencuri makanan. Yang Perlu diwaspadai lagi tikus dapat menimbulkan berbagai penyakit di dalam rumah anda. Dan pastinya anda harus mencari cara mengusir tikus di rumah tanpa racun yang aman agar keluarga terhindar dari penyakit.

Cara mengusir tikus di rumah tanpa racun yang bisa anda praktekan

Sebelum anda mencari cara mengusir tikus di rumah tanpa racun, ketahui dahulu pertanda tentang keberadaannya terlebih dahulu diantaranya sebagai berikut:
  • Ada suara berisik terutama di tempat-tempat gelap di rumah anda.
  • Ada sisa remahan makanan biasanya di dekat tempat sampah atau tempat penyimpanan makanan
  • Adanya bekas jejak kaki hitam kecil di dinding atau jalur yang biasa di lalui tikus.
  • Adanya kabel atau kayu dari perabot rumah yang telah di gerogoti tikus.
  • Adanya tumpukan barang di tempat-tempat gelap dan tersembunyi di rumah anda biasanya ini menjadi sarang tikus.
Agar tikus tidak betah lagi di rumah anda lakukan Beberapa cara mengusir tikus di rumah tanpa racun di bawah ini. 

Cara mengusir tikus di rumah tanpa racun dijamin berhasil

1. Pelihara kucing

Kucing


Anda pernah nonton tom and jerry kan?. Ya merek selalu bermusuhan. Dan dengan memelihara kucing menjadi salah satu cara mengusir tikus yang ampuh.

Selain untuk menakut-nakuti tikus, memelihara kucing juga bisa mendatangkan rejeki loh. Tapi perlu di perhatikan sebelum memelihara kucing, pastikan anggota keluarga anda tidak ada yang alergi dengan kucing.

2. Memasang perangkap tikus

Perangkap tikus


Sekarang ini banyak kita jumpai perangkap tikus dijual di swalayan maupun toko perabot rumah. Perangkap tikus ini tidak akan membunuh tikus, hanya saja ia akan membuat tikus terperangkap dan tidak bisa melarikan diri.

Contoh paling umum dari perangkap tikus yaitu lem tikus. Pastikan anda meletakan umpan makanan seperti ikan goreng di perangkap tersebut agar tikus mendekatinya. Selalu cek perangkap tiap harinya, untuk mengetahui jika ada tikus yang terperangkap. Cara mengusir tikus menggunakan perangkap menjadi salah satu cara yang ampuh.

3. Menutup lubang menggunakan wol aja

Cara mengusir tikus di rumah tanpa racun yang ketiga yaitu menutup lubang menggunakan wol baja. Usahakan untuk menutup lobang tempat keluar masuknya tikus dengan wol baja. Sangat tidak mungkin tikus bisa merusak wol baja, jadi rumah anda akan aman dan tidak didatangi tikus lagi.

4. Menggunakan larutan cabai untuk mengusir tikus

Larutan cabai


Daripada menggunakan racun yang jelas berbahaya untuk anggota keluarga jika menyentuhnya. cara yang lain untuk mengusir tikus di rumah yaitu menggunakan larutan cabai.

Larutan cabai memiliki aroma yang menyengat, dan ini tidak disukai oleh tikus. Semprotkan larutan cabai ke tempat-tempat yang biasa didatangi dan dilalui tikus. Sebagai contoh tempat sempit di belakang lemari atau di bawah kompor.

atau anda juga bisa menyemprotkannya langsung ke tikus jika anda memergokinya, efek panas dari larutan cabai akan membuat tikus tidak akan kembali lagi.
Cara mengusir tikus di rumah tanpa racun

5. Menggunakan kulit buah durian

Durian


Mengusir tikus di rumah menggunakan kulit buah durian apa bisa?. Tentu bisa dong, bau menyengat durian akan mampu membuat tikus tidak datang lagi kerumah anda. Caranya adalah dengan meletakan potongan-potongan kulit durian di mana tikus sering datang. Selain bau yang menyengat kulit durian yang tajam tentu tidak di sukai tikus dan dijamin tikus akan pergi dengan sendirinya. cara mengusir tikus di rumah tanpa racun ini sangat sederhana sekali.

6. Menggunakan daun mint untuk mengusir tikus

Daun mint


Sama seperti buah durian, daun mint juga memiliki bau yang kuat dan menyengat. Daun mint juga menjadi bahan ampuh untuk mengusir tikus di rumah.

Caranya dengan mengambil sari dari daun mint kemudian semprotkan ke tempat yang sering dilalui tikus. Bau mint yang menyengat akan membuat tikus pergi dari rumah anda.

7. Lada untuk mengusir tikus yang membandel di rumah

Lada


Lada menjadi bahan ampuh sebagai salah satu cara mengusir tikus di rumah, seperti hal nya membuat hidung manusia menjadi gatal dan bersin. Cobalah untuk menaburkan serbuk ada ke sekitar lubang tikus, dijamin tikus tidak akan datng lagi.

8. Menggunakan bawang merah

Bawang


Bawang merah efektif untuk mengusir tikus di rumah, dikarenakan bawang merah memiliki bau yang menyengat dan tikus tidak menyukainya. Anda hanya perlu memotong bawang merah dan meletakannya didekat lubang tikus berada.

9. Kulit telur untuk mengusir tikus yang membandel di rumah

Kulit telur


Kulit telur dapat anda gunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus di rumah loh. Caranya dengan menghaluskan kulit telur, kemudian taburkan di sekitar lubang tikus berada. Mudah sekali bukan cara mengusir tikus di rumah tanpa racun ini. 

10. Menggunakan minyak esensial

Kapur barus


Wangi minyak cengkeh dan pepermint bisa menjadi pilihan cara mengusir tikus di rumah tanpa racun. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaruh kapas yang telah terserap dengan minyak esensial, kemudian letakkan di tempat dimana tikus sering muncul, seperti belakang lemari atau di bawah kompor.

Penyakit yang bisa dibawa oleh tikus

Meski beberapa orang memandang hewan kecil ini lucu, banyak penyakit yang dapat disebabkan lantaran tingkah tikus. Sejumlah penyakit itu mencakup:

1. Sindrom paru hantavirus serta koriomeningitis limfositik

Mengisap debu yang telah tercemar air kencing serta kotoran tikus, dapat menimbulkan penyakit pernafasan serta merusak skema saraf. Oleh karenanya, Anda harus kerap bersihkan beberapa tempat yang kerap disinggahi tikus, sembari memakai masker serta sarung tangan.

Sehabis membersihkannya, langsung basuh tangan Anda dengan sabun. Bersinggungan langsung atau digigit tikus, dapat juga menimbulkan penyakit ini ada.

2. Leptospirosis

Penyakit menular yang disebabkan bakteri ini dapat dialami satu orang kalau minum air yang telah tercemar air kencing hewan tertular. Di manusia, tanda-tanda yang tampak dapat berbentuk demam tinggi, sakit di kepala, kram perut sampai muntah.

3. Salmonellosis

Penyakit  karena bakteri salmonella ini dapat dialami oleh siapa-siapa saja. Tetapi, anak kecil di bawah 5 tahun amat mudah terkontaminasi salmonellosis. Tanda-tanda yang biasa berlangsung berbentuk diare, demam serta kram perut.

4. Tipus serta cacar

Kutu serta tungau tikus dapat memberikan ke-2 penyakit ini. Meski udah ada langkah perlakuannya, pasti lebih bagus buat menangkalnya, dengan menghindar kontak langsung dengan tikus dan kotorannya.
Tidak cuma beberapa penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa penyakit seperti demam hemoragik, demam otitis tempat supuratif kronik (OMSK), demam lassa, demam gigitan tikus, hingga sampai tularemia, dapat juga ditebarkan tikus.

Agar keluarga anda terhindar dari berbagai penyakit di atas, sebaiknya pahami cara mengusir tikus di rumah tanpa racun dengan baik. Semoga bermanfaat







Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun Dijamin Berhasil!"