5 Media Tanam Aglaonema Agar Akar Tidak Busuk, Penting Untuk Diketahui!

 

Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk

 Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk, penting sekali diketahui terutama untuk anda pecinta tanaman hias terutama aglaonema. Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang masih populer dikalangan pecinta tanaman.

 Karakteristik daun aglaonema dengan beragam warna unik dan bentuk menambah kecantikan tanaman yang satu ini. Tanaman ini akan tumbuh subur dan semakin banyak jika anda merawatnya dengan baik. 

 Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam perawatan aglaonema, seperti media tanam dan intensitas penyiraman. 

5 Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk dan tanaman tumbuh subur

 Ketidaktepatan media tanam akan mengakibatkan akar membusuk dan menghambat pertumbuhan aglaonema, oleh karena itu perlu diketahui beberapa media tanam aglaonema agar akar tidak busuk, diantaranya sebagai berikut:

1. Pasir Malang

media tanam aglaonema agar akar tidak busuk


 Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk yang pertama yaitu pasir malang. Media tanam yang satu ini merupakan batuan halus dengan ukuran kecil dan memiliki permukaan lebih besar dari tanah. 

 Rongga udara atau porousitas yang dimiliki media tanam satu ini menjadi salah satu kelebihan yang membuat pasir malang cocok untuk menjadi media tanam aglaonema. Dikarenakan pasir malang tidak  memiliki unsur hara yang cukup untuk aglaonema, maka diperlukan tambahan kompos atau sekam sebagai pelengkap.

2. Sekam

media tanam aglaonema agar akar tidak busuk


 Sekam padi merupakan salah satu media tanam aglaonema agar akar tidak busuk. Kadar karbon tinggi yang dimiliki oleh sekam padi menjadi salah satu kelebihan media tanam tersebut yang membuat tanah menjadi semakin gembur dan baik untuk tanaman.

 Kelebihan lain yang dimiliki oleh media tanam ini yaitu steril, karena semua patogen sudah mati saat proses pembakaran sekam. Penggantian media tanam sekam harus dilakukan secara intens karena media tanam aglaonema yang satu ini mudah lapuk.

3. Pupuk kandang

 Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk yang ketiga yaitu pupuk kandang. Kaya akan unsur hara menjadikan pupuk kandang cocok untuk media tanam aglaonema.

4. Pakis cacah



 Pakis cacah ialah bahan yang dibutuhkan untuk media tanam aglonema agar akar tidak busuk. Masukan 1 sisi pakis cacah ke sekam pasir malang dan mentah.

5. Sekam bakar, cocopeat, andam kaliandra, dan kompos

 Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk selanjutnya yaitu campuran antara sekam bakar, cocopeat, andam kaliandra dan kompos. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1/2 sisi sekam bakar, 1/2 sisi cocopeat, ½ sisi andam kaliandra, dan 1/2 sisi kompos.

 Pada dasarnya media tanam aglonema agar akar tidak busuk ialah kombinasi sekam mentah, pasir malang, pakis cacah, sekam bakar, cocopeat, andam kaliandra, dan kompos dengan perbedaan 5:2:1:½:½:½:½.

Baca juga: 11 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan tahan panas

Media tanam aglaonema agar akar tidak busuk

Cara membuat media tanam aglonema

media tanam aglaonema agar akar tidak busuk

1. Campur seluruh bahan

 Sesudah beberapa bahan yang disebut sebelumnya telah dipersiapkan sesuai takarannya masing-masing, campur seluruh bahan sampai merata. Setelah seluruh bahan tercampur dengan rata, itu artinya anda sudah sukses membuat media tanam aglaonema agar akar tidak busuk.

2. Taburi kapur dolomit

 Taburi media tanam aglonema yang baru dibuat dengan kapur dolomit seperlunya untuk membuat pH media dekati netral. Aduk atau campur tempat tanam aglonema dengan kapur dolomit secara merata.

3. Semprot dengan larutan neo activ

 Semprot media tanam aglonema yang telah dikasih kapur dolomit dengan larutan neo activ. Neo activ ialah cairan untuk peragian. Masukan 5-20 ml neo activ ke 1 ltr air dibotol semprot, lalu aduk rata sampai jadi larutan neo activ. Semprot larutan neo activ seperlunya kemedia tanam aglonema, lalu aduk-aduk media tanam aglonema sampai merata.

4. Taruh media tanam aglonema

 Taruh tempat tanam aglonema yang sudah disemprot larutan neo activ di tempat tertutup sepanjang 3-7 hari.

5. Angin-anginkan media tanam

Sesudah 3-7 hari, angin-anginkan lebih dulu media tanam aglonema yang dibikin saat sebelum dipakai.

 Demikian beberapa referensi media tanam aglaonema agar akar tidak busuk dan cara membuatnya. Anda bisa memilih salah satu bahan yang menurut anda terbaik atau paling mudah anda dapatkan di sekitar tempat anda tinggal. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "5 Media Tanam Aglaonema Agar Akar Tidak Busuk, Penting Untuk Diketahui!"