14 Cara menanam Cabe Rawit Di polybag Untuk Pemula, Dijamin Tumbuh Subur!

cara menanam cabe rawit di polybag

 Harga cabe, terutamanya cabe rawit alami kenaikan yang lumayan tinggi di beberapa daerah di Indonesia, hal tersebut berpengaruh pada daya membeli warga. Informasi mengenai cara menanam cabe rawit di polybag akan sangat bermanfaat untuk anda.

 Peningkatan harga cabe rawit yang membumbung tinggi tentu saja akan memperberat beberapa customer, ditambah keadaan wabah Covid-19 yang berjalan telah menyebabkan ekonomi yang memburuk.

 Karena harga yang mahal, menanam cabe rawit di dalam rumah jadi jalan keluar, agar dapat mengirit pengeluaran. Anda bisa juga menikmati cabe yang fresh yang dapat anda petik sendiri sesuka anda.

Lalu bagaimanakah cara menanam cabe rawit yang dapat dikerjakan seorang pemula?

Cara menanam cabe rawit di polybag untuk pemula

cara menanam cabe di rumah

Berikut cara menanam cabai rawit di polybag untuk pemula, sangat sederhana anda bisa langsung mempraktekannya

1. Siapkan tanah

 Hal pertama kali yang perlu dilaksanakan dalam cara menanam cabe rawit di polybag ialah sediakan tanah lebih dulu sebagai bahan media tanam.

Baca juga : 11 Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan tahan panas

2. Persiapkan cabe rawit

 Cara menanam cabe rawit di polybag selanjutnya yaitu, persiapkan bahan intinya, yakni cabe rawit. Kupas cabe rawit itu dan mengambil bijinya untuk kelak kamu taburi ke tanah yang telah disediakan.

cara menanam cabe rawit di polybag

3. Persiapkan pot

 Seterusnya, persiapkan pot tanaman buat kamu tempatkan tanah. Mengambil pot kecil dengan lubang drainase sisi bawah, tutup lubang dengan batu kecil dan isikan dengan kombinasi pot.

4. Persiapkan tanah atau pupuk organik atau kompos

 Cara menanam cabe rawit di polybag selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan 70 % pupuk organik dan 30 % tanah pasir, lalu campurkan. Dalam kombinasi pot ini anda akan memberinya tingkat perkecambahan 90 sampai 95 % dengan mudah.

 Masukan kombinasi kompos dan tanah pasir ke pot. Ratakan kombinasi tanah secara halus memakai tangan untuk hilangkan sela udara.

5. Siram memakai air dan masukan biji cabe rawit

 Sesudah tanah anda masukan ke pot secara rata, siram tanah itu sama air supaya tanahnya basah. Kemudian taburi biji cabe rawit secara rata pada permukaan tanah kombinasi dalam pot, dan yakinkan biji tidak tumpang tindih.

 Sesudah cabe ditebarkan rata ke kombinasi tanah di pot, tutupi kembali biji cabe rawit dengan susunan tanah kombinasi yang serupa, tutupi tipis saja. Tahap ini menjadi bagian penting dari cara menanam cabe rawit di polybag.

Baca juga : Cara menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat

6. Siram dan biarkan

 Biji cabe rawit yang sudah ditanamkan di kombinasi tanah pada pot perlu anda sirami air secara menyeluruh. Selanjutnya taruh pot pada tempat teduh atau di bawah jala net atau di bawah cahaya matahari tidak langsung sepanjang 8-12 hari. Biji cabe rawit mulai akan berkecambah sesudah 8-12 hari.

7. Sesudah daun tanaman cabe rawit mulai berkembang sirami kembali

 Saat daun tanaman cabe rawit mulai berkembang, siramkan air memakai botol minum plastik yang tutup botolnya dilubangi. Siramkan air secara perlahan-lahan dengan hati-hati supaya mulut botol penyiram sedekat kemungkinan dengan permukaan tanah.

8. Persiapkan media tanam baru

 Langkah selanjutnya dari cara menanam cabe rawit di polybag adalah mempersiapkan media tanam baru. Persiapkan media tanam baru untuk tanaman cabe rawit, yang terbagi dalam 50 % tanah kebun, 30 % kompos organik, dan 20 % sabut kelapa atau gambut kelapa (cocopeat). Masukan kombinasi tempat tanam ini ke polybag baru yang lebih besar.

Baca juga : Cara menanam melon dengan sisten fertigasi, hasil melimpah!

8. Memindahkan tanaman cabe rawit sesudah 25 hari

cara menanam cabe rawit di polybag

 Cara menanam cabe rawit di polybag selanjutnya ialah memindahkan tanaman cabe rawit. Saat bibit tanaman cabe rawit mempunyai 3-4 daun asli (sesudah 25 hari) anda sudah bisa memindahkan ke polybag dengan media tanam baru supaya cepat tumbuh.

 Perlu diperhatikan saat mengeluarkan bibit dengan hati-hati agar akarnya tetap utuh, anda bisa memakai sekop atau alat bercocok tanam lainnya.

10. Masukan tanaman cabe rawit ke polybag baru

 Tanam banyak bibit cabe rawit dalam polybag besar untuk perkembangan yang lebih baik. Karena itu, gali lubang kecil di media tanam baru sedikit panjang dari bola akar bibit dengan tangan anda.

 Pastikan jarak masing-masing bibit tanaman cabe rawit sekitar 6-7 inch untuk memberinya jarak perkembangan pada masing-masing tanaman. Selanjutnya beri kembali air hingga tanahnya basah untuk menghindari stres sesudah perpindahan tanaman.

11. Diamkan sepanjang 2-3 hari

 Saat ini, sepanjang 2-3 hari taruh pot di bawah cahaya matahari tidak langsung dan siram air hanya bila tanah sisi atas berasa kering untuk disentuh.

12. Sesudah tiga hari potong daun tanaman cabe rawit

 Cara menanam cabe rawit di polybag selanjutnya yaitu proses pemotongan daun. Cukup potong sisi atas daun untuk memaksakan tanaman hasilkan banyak tangkai samping. Makin banyak tangkai samping yang anda punyai, makin banyak cabe rawit yang bakal dihasilkan oleh tanaman anda.

Baca juga : 11 Penyebab kegagalan hidroponik yang wajib anda tahu!

13. Rawat sampai 20 hari selanjutnya

 Hanya dalam sekian hari tanaman semakin lebih lebat dan lebat. Tiap tanaman mempunyai lebih dari 10-12 tangkai samping.

14. Kerjakan perawatan dengan teratur sepanjang 143 hari lebih sampai tanaman cabe rawit berbuah

Langkah-langkah perawatan dalam menanam cabe dalam polybag

1. Berikan cahaya matahari

Cabe ialah tanaman yang menyenangi panas dan tumbuh secara baik di wilayah yang terima banyak cahaya matahari. 5-6 jam cahaya matahari tiap hari penting untuk perkembangan tanaman cabe rawit yang lebih baik.

2. Pemupukan

 Terus memberikan makan tanaman cabe rawit dengan kompos organik (kompos vermik, dekomposisi, kotoran sapi, kotoran kuda, kompos daun, dan lain-lain) sesudah 18-20 hari.

3. Goyangkan tanaman

 Cabe bisa diserbuki oleh lebah tapi tidak berhasil lakukan penyerbukan sendiri, maka goyangkan bunga secara halus akan menolong pastikan buahnya tercipta, kamu dapat melipatgandakannya dalam pot yang serupa untuk itu.

 Menjadikan satu 3-4 tanaman cabe hasilkan produksi cabe yang lebih bagus dan pengurangan tunas yang lebih sedikit.

4. Cabut rumput yang turut tumbuh di pot tananam

 Hapus atau cabut rumput yang tidak diharapkan dari tempat karena condong mengambil ruangan dan gizi penting dari tanah.

5. Tidak boleh berikan air terlalu berlebih

 Pengairan yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan permasalahan besar dan menggerakkan timbulnya beragam hama, infeksi jamur dan penyakit dan permasalahan lain. Siram tanaman cabe sama air cuman bila tanah berasa kering untuk disentuh.

 Demikian pembahasan mengenai cara menanam cabe rawit di polybag, anda bisa mencoba menanam di polybag untuk tanaman lain juga jika lahan anda kurang luas. Semoga bermanfaat.




Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "14 Cara menanam Cabe Rawit Di polybag Untuk Pemula, Dijamin Tumbuh Subur!"