6 Manfaat Daun Sirih Dan Cara Penggunaannya, Penting Diketahui!

 

manfaat daun sirih

 Manfaat daun sirih dan cara penggunaannya, informasi yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Siapa yang tidak mengenal daun sirih? Pasti hampir semua orang Indonesia mengetahui jenis tumbuhan yang satu ini. Daun sirih tumbuh merambat, biasanya pada pohon yang lebih besar atau merambat pada tembok.

 Banyak sekali masyarakat indonesia yang menanam tanaman yang satu ini. Tak lain karena manfaat daun sirih sangat banyak sekali. Apakah kalian salah salah satu yang menanam daun sirih? Jika iya maka anda tidak akan sia-sia menanamnya. Menanam daun sirih sangat mudah. Anda tidak perlu capek-capek menyiram setiap hari, cukup 2 hari sekali itupun sudah cukup.

 Perhatikan juga cahaya matahari. Jangan tempatkan daun sirih di area yang panas. Usahakan tempatkan daun sirih di area yang cukup teduh. Karena jika terlalu sering terkena panas maka daun sirih berpotensi cepat layu dan kering. Oleh karena itu posisikan daun sirih ditempat yang tidak terlalu panas, dengan rasio 50:50.

Manfaat daun sirih dan cara penggunaannya, penting untuk kesehatan

manfaat daun sirih

 Daun sirih termasuk tanaman yang cepat berkembang. Tidak sampai 2 bulan, tanaman daun sirih pun sudah bisa tumbuh lebat dan subur. Oleh karena itu kita tetap harus memonitori atau menjaga pertumbuhan daun sirih tersebut. 

 Usahakan jika ingin menanam tanaman ini, siapkan pekarangan yang cukup luas. Mengapa? Tujuan tempat yang cukup luas adalah agar daun sirih dapat tumbuh dengan subur dan indah. Jika dirasa terlalu rindang, anda bisa memangkasnya sebagian. Pangkaslah mulai dari akar hingga daunnya.

 Daun sirih dapat tumbuh subur pada iklim tropis, sangat cocok untuk ditanam di Indonesia khususnya di Pulau Jawa yang rata-rata memiliki suhu antara 22-26' celcius. Daun sirih biasanya banyak ditanam di pekarangan atau halaman belakang rumah. 

Baca juga ; Membuat kebun sayur di lahan sempit, ikti caranya!

 Namun kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan daun sirih itu sendiri, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Misalnya dijadikan sarang ular atau kalajengking, karena mengingat hewan-hewan tersebut sangat menyenangi tempat yang dingin dan rindang.

Manfaat daun sirih kepada manusia

 Daun sirih memang banyak peminatnya, karena selain mudah ditanam, manfaat daun sirih juga dipercaya sebagai tanaman yang berkhasiat sebagai tanaman obat. Berikut beberapa manfaat daun sirih:

1. Sebagai Obat Mimisan

manfaat daun sirih untuk mimisan

  Manfaat daun sirih yang pertama yaitu sebagai obat mimisan. Apakah kalian pernah mimisan? apa itu mimisan? mimisan yaitu keluarnya darah dari hidung. Mimisan dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah badan yang tidak fit atau terlalu capek.

Baca juga ; Tanaman yang menjanjikan masa depan, apa saja itu?

 Jangan bingung jika anda mimisan, segeralah ambil selembar daun sirih lalu cuci bersih, kemudian gulung daun sirih tersebut menyerupai kerucut lalu potong sedikit bagian atasnya, kemudian masukkan gulungan daun sirih tersebut ke hidung anda yang mimisan tersebut. Niscaya dalam waktu 15-30 menit mimisan anda akan berhenti.

2. Dapat mengobati sakit mata

 Sejak jaman dahulu kita sudah mengetahui bahwa manfaat daun sirih dapat mengobati sakit mata. caranya adalah rebus 1 lembar daun sirih dan tambahkan air 1/2 gelas. Rebus hingga mendidih dan diamkan hingga hangat kemudian teteskan pada mata kita yang sakit. Cara ini terbukti ampuh karena telah banyak orang yang mempraktekkannya.

3. Dapat melancarkan haid 

 Manfaat daun sirih lainnya juga dapat melancarkan haid yang tidak teratur dengan cara meminum air rebusan daun sirih tersebut. Minum setiap hari secara teratur agar haid anda menjadi lancar.

4. Dapat menghilangkan gatal-gatal

 Manfaat daun sirih terbukti ampuh untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Caranya adalah tumbuk daun sirih hingga halus kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal. Niscaya dalam beberapa jam gatal-gatal akan hilang.

Baca juga : Cara budidaya melon hidroponik dengan sistem fertigasi, hasil melimpah!

5. Sebagai masker untuk wajah

 Tahukah anda manfaat daun sirih yang satu ini, sebagai masker wajah?

Cara Pembuatannya :

  • Siapkan 4-5 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih. 
  • Setelah itu tumbuk hingga halus.
  • Kemudian usapakan pada wajah. Ingat hindari area mata.
  • Diamkan hingga beberapa saat, lalu bilas wajah anda hingga bersih.

6. Sebagai campuran nginang

manfaat daun sirih
 Apa itu nginang? nginang yaitu aktifitas mengunyah daun sirih dan beberapa campuran lainnya. Pasti anda pernah memilat nenek-nenek mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah bukan? ya itulah yang dinamakan nginang. Manfaatnya sih mungkin hanya untuk akyifitas sehari-hari saja ya.

Baca juga : Manfaata belimbing wuluh untuk kesehatan, Penting diketahui!

7. Sebagai makanan ringan (Keripik daun sirih)

Ternyata daun sirih bisa juga dibuat sebagai makanan, yaitu kripik. Selain sehat, membuat kripik daun sirih pun juga sangat mudah. Bagaimana cara membuatnya? berikut cara pembuatannya.

Bahan-bahan :

  • 30 Lembar daun sirih
  • 3 butir kemiri
  • 3 butir bawang putih
  • Daun ketumbar
  • kunyit
  • Garam
  • 1/4 kg tepung kanji
  • 1/4 kg tepung beras
  • 2 butir telur

Cara Pembuatan :

  1. Haluskan semua bumbu diatas kemudian campur dengan adonan tepung yang sudah diberi air (Jangan terlalu encer). 
  2. Kemudian cuci daun sirih dengan air bersih dan rebus dalam air mendidih selama 2-3 menit. Lalu angkat dan tiriskan.
  3. Jika daun sirih sudah kering anda bisa langsung menggoreng daun sirih tersebut. 
  4. Siapkan minyak goreng, panaskan. Setelah itu celupkan daun sirih ke adonan yang telah dicampur bumbu tadi. Lalu goreng hingga matang.

Bagaimana? Gampang kan?

Nah itulah beberapa manfaat daun sirih. Selain mudah menanamnya, daun sirih juga berguna sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit. Masker daun sirih juga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi jerawat dan komedo pada wajah kita. Semoga informasi diatas bermanfaat

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Daun Sirih Dan Cara Penggunaannya, Penting Diketahui!"