8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Penting Banget!

manfaat belimbing wuluh

 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, informasi menarik untuk anda yang suka makan makanan asem. Pernah makan sayur asem? bagaimana rasanya? pasti segar sekali kan? ya sayur asem asem memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, rasanya yang segar sangat pas bila disantap saat siang hari. 

 Tapi taukah kalian apa sih yang membuat sayur asem begitu segar?. Sayur asem begitu segar karena ada campuran belimbing wuluh. Sudah tau belimbing wuluh? Belimbing wuluh banyak terdapat di pulau jawa, karena belimbing wuluh biasa hidup di daerah tropis yang sangat cocok ditanam di wilayah indonesia. 

 Belimbing wuluh memiliki rasanya yang sangat masam seperti cuka. Ternyata selain dibuat bahan campuran sayur, belimbing wuluh banyak sekali manfaatnya. 

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh kita

 Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam belimbing wuluh untuk kesehatan kita, simak apa saja itu :

1. Mengobati Rematik

 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang pertama yaitu mengobati rematik. Ambil beberapa lembar daun sirih lalu cuci dan tumbuk hingga halus. 

 Setelah itu campur dengan kapur sirih kemudian gosok pada bagian yang terkena rematik tersebut. Rematik biasa menyerang orang yang sudah lanjut usia. Ditandai dengan linu di area kaki.

Baca juga : Cara membasmi hama tikus dengan oli, pasti berhasil!

2. Sebagai obat diabetes

 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai obat diabetes. Caranya yaitu tumbuk buah belimbing dan rebus hingga mendidih. Kemudian saring dan minum air rebusan tersebut. Jika rutin dilakukan niscaya penyakit diabetes anda akan sembuh. Diabetes terjadi akibat gula darah yang berlebihan pada tubuh kita. Oleh karena itu kurangi asupan gula anda.

3. Sebagai obat gondok

 Sebagai obat gondok, merupakan manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang tak kalah penting. Caranya dengan ambil daun belimbing wuluh lalu tumbuk bersama bawang putih, lalu oleskan pada bagian yang terkena gondok tersebut. 

 Penyakit gondok dapat menyerang orang yang kekurangan yodium. Oleh karena itu dianjurkan menggunakan garam beryodium. Penyakit gondok biasanya menyerang bagian leher, ditandai adanya benjolan yang besar.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk intip apa saja itu!

4. Mengobati sakit gigi

 Ternyata manfaat belimbing wuluh juga mujarab untuk menyembuhkan sakit gigi. Yaitu dengan cara makan buah belimbing wuluh dengan garam. Lakukan rutin setiap hari hingga sakit gigi terasa hilang. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan gigi kita dengan cara rajin mengosok gigi.

5. Sebagai obat pegal linu

Belimbing wuluh dengan segudang manfaat, contohnya manfaat belimbing wuluh sebagai obat pegal linu. Caranya ambil belimbing wuluh lalu haluskan bersamaan dengan cengkeh dan lada. Lalu oleskan pada bagian yang terkena pegal linu tersebut. 

 Lalukan secara rutin, niscaya penyakit pegal linu kalian akan sembuh. Pegal linu dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya bekerja terlalu keras. Atau juga bisa karena penyakit rematik dan asam urat.

Baca juga : Tips agar tomat hidroponik berbuah lebat, hasil melimpah!

6. Manfaat daun belimbing wuluh untuk darah tinggi

 Pernahkah anda mendengar manfaat daun belimbing wuluh untuk darah tinggi?. Ternyata benar loh, Caranya dengan meminum air rebusan belimbing wuluh. Lakukan dengan rutin setiap hari, niscaya penyakit hipertensi anda akan turun.

 Jangan anggap remeh penyakit hipertensi. Karena jika sudah stadium yang tinggi, nyawa bisa menjadi taruhannya. Karena sudah banyak yang meninggal akibat penyakit hipertensi ini.

7.Mengobati panu

 Manfaat buah belimbing wuluh lainnya yaitu untuk mengobati penyakit panu. Siapa sih yang mau terkena penyakit panu? Hindari penyakit ini dengan cara rajin mandi.Cara mengobatinya yaitu tumbuk belimbing wuluh bersama dengan kapur sirih, lalu oleskan pada bagian yang terkena panu tersebut. Lalukan secara rutin dan panu kalian akan hilang.

8.Sebagai obat jerawat

 Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yaitu sebagai obat jerawat. Parut belimbing wuluh lalu campurkan dengan garam, kemudian oleskan pada jerawat yang ada pada wajah anda. Jika rutin dilakukan maka jerawat anda akan berangsur-angsur hilang.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh :

manfaat belimbing wuluh

 Seperti yang telah dibahas sebelumnya tentang manfaat belimbing wuluh untuk wajah yaitu mengatasi jerawat di wajah. Anda bisa membuat masker dari belimbing wuluh untuk diaplikasikan di wajah anda

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 3 Buah belimbing wuluh
  • Garam dapur secukupnya

Cara Pembuatan masker belimbing wuluh :

  • Parut belimbing wuluh hingga halus. Lalu tambahkan garam dapur secukupnya dan aduk hingga rata.
  • Cuci wajah anda lalu oleskan parutan belimbing wuluh tadi ke area wajah anda yang berjerawat tersebut.
  • Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air dingin.

 Mengapa menggunakan garam dapur? Penggunaan garam dapur bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah kita. Selain itu penggunaan garam dapat membantu mengangkat sel-sel mati pada wajah kita, sehingga wajah kita tampak lebih sehat, cerah dan bebas dari jerawat.

 Demikian beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan kita. Selain berguna sebagai campuran sayur, belimbing wuluh juga berguna sebagai obat-obatan tradisional. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Penting Banget!"