5 Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah, Dijamin Berhasil!

 

cara menanam buah naga agar cepat berbuah

 Cara menanam buah naga agar cepat berbuah membutuhkan ketelitian khusus bagi petani yang berencana untuk menanam buah dari keluarga kaktus ini. Para petani, semakin gencar menanam buah naga karena di Indonesia buah naga semakin diminati oleh banyak kalangan.

 Cara menanam buah naga juga beragam, ada yang dari biji dan ada juga yang stek. Biasanya petani menanam buah naga di kebun yang luas. Yang tujuannya tentu agar buah naga berbuah terus dan hasilnya banyak, otomatis dibutuhkan juga perawatan khusus yang intens. Tetapi bagi anda yang ingin menanam buah naga di rumah juga bisa kok.

 Untuk menanam buah naga agar cepat berbuah dimulai dari pemilihan bibit, pengolahan lahan, jarak tanam buah naga, pemangkasan, dan sebagainya. Mau tau bagaimana cara menanam buah naga yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini.

Cara menanam buah naga agar cepat berbuah, cocok untuk pemula

1. Memilih bibit buah naga

cara menanam buah naga agar cepat berbuah

 Memilih bibit yang berkualitas menjadi hal yang penting dalam cara menanam buah naga agar cepat berbuah. Perlu anda ketahui jika menanam buah naga itu dibedakan menjadi 2 macam yaitu menanam buah naga dari biji atau dengan cara di stek. Biasanya, cara menanam buah naga dari biji dilakukan oleh petani berpengalaman.

Baca juga : Budidaya melon hidroponik, hasil melimpah

 Sedangkan pemula disarankan supaya menggunakan cara menanam buah naga stek karena lebih mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah-langkah memilih bibit buah naga:

  1. Pastikan buah naga yang akan di stek sudah berbuah 3-4 kali
  2. Pilih batang berdiameter minimal 8 cm, tua, keras, sehat dan berwarna hijau kelabu. Sedangkan panjangnya minimal 80 cm atau 120 cm.
  3. Ketika melakukan stek buah naga maka jangan dipotong semua, sisakan 20% batangnya. Usahakan potongan stek mempunyai 4 mata tunas. 
  4. Diamkan batang yang di stek sampai getahnya kering.
  5. Siapkan polybag kemudian tancapkan bagian yang runcing hasil stek tadi ke dalam tanah sedalam 5 cm.
  6. Berikan naungan pada stek, lakukan penyiraman 2x -3x dalam sehari
  7. Buka naungan setelah 3 minggu, supaya tunas mendapat sinar matahari
  8. Pemeliharaan bibit buah naga berlangsung selama 3 bulan, dan tingginya mencapai 50 80 cm.
cara menanam buah naga agar cepat berbuah

2. Persiapan Budidaya Buah Naga

cara menanam buah naga

 Cara menanam buah naga agar cepat berbuah memerlukan persiapan lahan yang akan ditanami. 1 hektar tanah membutuhkan 6000 10.000 bibit, tergantung dari jarak tanam buah naga dan metodenya.

 Kali ini saya mencontohkan budidaya buah naga dengan metode tiang panjat tunggal. Setidaknya membutuhkan 6400 bibit dan 1600 batang. 1 batang tiang anjat digunakan untuk 4 bibit.

 Cara menanam buah naga di kebun perlu anda perhatikan dengan baik-baik. Jarak antara bibit buah naga dengan tiang panjat sekitar 10 cm.

 Jika 4 bibit buah naga sudah di tanam, ikat bagian batangnya supaya menempel ke tiang panjat. Jangan terlalu kencang saat mengikat, lakukan pengikatan setiap batang tumbuh sepanjang 20 30 cm.

Bagi anda yang ingin menanam buah naga di rumah juga bisa, jarak tanam berkisar 15-20 cm.

Baca juga : Membuat kebun sayur di lahan sempit, hasil melimpah!

3. Pemupukan dan perawatan

 Pemupukan dan perawatan merupakan hal yang sangat penting dalam menanam buah naga agar cepat berbuah. Ketika masa awal pertumbuhan, sebaiknya anda menggunakan pupuk yang kandungan Nitrogennya tinggi. Ketika masa berbunga atau berbuah, gunakan pupuk dengan kandungan Fosfor dan Kalium tinggi. Jangan gunakan pupuk urea.

 Pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos dilakukan selama 3 bulan 1x. Dosisnya 5-10kg pupuk untuk 1 lubang tanaman. Ketika fase berbunga dan berbuah, tambahi pupuk NPK dan ZK dengan dosis 50 & 20 gram / lubang tanam.

 Agar buah naga berbuah secara maksimal, gunakan pupuk tambahan di tahun berikutnya seperti pupuk hayati, pupuk organik cair dan hormon perangsang buah. Jika menanam buah naga di rumah maka sesuaikan jumlahnya.

4. Penyiraman Buah Naga

 Cara menanam buah naga agar berbuah lebat selanjutnya yaitu proses penyiraman. Metode penyiraman buah naga bisa menggunakan metode parit drainase, irigasi tetes atau gembor.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, aglonema salah satunya!

5. Cara pemangkasan buah naga

 Metode pemangkasan buah naga juga dikelompokkan dalam beberapa jenis. Yaitu pemangkasan untuk membentuk cabang produksi, pemotongan untuk membentuk batang pokok dan pemangkasan peremajaan.

 Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menanam buah naga agar cepat berbuah Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "5 Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah, Dijamin Berhasil!"