7 Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar, Penting Diketahui!

 

cara merawat tanaman bunga mawar

 Anda pecinta tanaman hias, terutama bunga mawar? Artikel tentang cara merawat tanaman bunga mawar pasti akan sangat menarik untuk di baca. Anda tahukan bunga mawar itu seperti apa? Mawar adalah tipe bunga yang paling terkenal dan dikenali oleh beberapa orang. 

 Dengan beragam jenis aroma dan warna ciri khas oleh mawar membuat bunga ini benar-benar dicintai oleh beberapa orang. Selain itu warna mawar yang cantik dan wewangian ciri khas yang dibuat mawar dicintai karena gampang dalam soal penanaman sampai menjaganya.

Bunga mawar bisa tumbuh di beberapa wilayah dengan temperatur yang panas atau dingin. Bunga mawar juga biasa dijadikan sebagai lambang kasih-sayang. Tanaman satu ini dapat digunakan sebagai tanaman hiasan dalam ruangan atau di halaman. 

Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar yang Bisa di Coba.

Berikut panduan bagaimana supaya keadaan dan perkembangan bunga mawar terjaga.

1. Pilih Pot Yang Sesuai

cara menanam bunga mawar

Memilih pot yang sesuai menjadi cara merawat tanaman bunga mawar yang tepat. Pot yang pas untuk menanam dan menjaga bunga mawar ialah yang sejenis tanah liat. Karena pot tanah liat banyak memiliki pori yang membuat air bisa mengucur keluar dan membuat akar tanaman tidak busuk. 

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk intip apa saja itu!

2. Penyiraman Yang Cukup

Cara merawat tanaman bunga mawar selanjutnya ialah dengan melakukan penyiraman yang cukup dan tepat. Janganlah sampai menyiram tanaman mawar sampai air jadi kubangan dalam pot. 

Ini menghalangi dan membuat tanaman jadi busuk karena banyaknya air. Siram bunga mawar lewat tanah, karena bunga dan daun bunga mawar benar-benar rawan pada kekeringan. 

Siram satu hari sekali ketika musim penghujan dan 2 hari sekali tiap sore dan pagi saat musim panas. Bila musim penghujan sedang berlangsung, tidak perlu menyiram tanaman bunga mawar lagi, karena penyiraman telah diganti dengan air hujan. 

Namun lebih bagus di basuh sisi daunnya dengan menyemprot air dengan halus dan lembut. Ini dilaksanakan agar struktur daun tidak rusak.

3. Media Tanah Yang Baik

Untuk membuat bunga mawar tumbuh subur media penanaman yang baik untuk mawar ialah memakai tanah dengan kandungan air yang bagus. Tapi mawar akan kurang subur bila ditanamkan lewat media yang terlampau bergembur atau terlampau kering. 

Dan peranan cahaya dari matahari benar-benar menolong pembentukan bunga. Oleh karena itu penentuan media tanah yang baik termasuk dalam cara merawat tanaman bunga mawar yang penting untuk dilakukan.

Baca juga : Adi pramudya, petani sukses dari desa

4. Check dan Pemotongan Secara Teratur

cara merawat tanaman bunga mawar

Check sisi daun dan ranting dengan teratur agar tidak ada sisi yang busuk masih melekat di tubuh tanaman. Apabila ada sisi yang jadi kering / membusuk selekasnya potong memakai gunting yang tajam agar tanaman tidak rusak. Dan tidak boleh menggunting dengan skema diagonal/menyerong, upayakan menggunting dengan rajin dan lempeng.

5. Pembudidayaan Bunga Mawar

 Untuk membudidayakan tanaman ini ada beberapa cara. Antara banyak langkah yang dipakai langkah stek ialah langkah yang paling baik untuk menambahkan jumlah tanaman. Dibanding dengan cara-cara lain seperti (biji, okulasi, cangkok, memotong anakan).

Baca juga : 11 Tanaman hias outdoor yang mudah ditanam dan tahan panas

6. Pemberian Pupuk

Hal penting dalam cara merawat tanaman bunga mawar yaitu pemberian pupuk. Bila manusia memerlukan vitamin sebagai gizi, karena itu pupuk ialah suatu hal yang bunga perlukan untuk gizi itu. Pemberian gizi yang pas bisa membuat bunga mawar jadi tumbuh lebih subur. Penyeleksian pupuk yang pas untuk bunga mawar ialah pupuk kandang yang dibuat dari kotoran hewan.

7. Menjaga Tananaman Dari Hama

Hama sebagai pengganggu untuk semua tanaman. Hama sebagai penghalang perkembangan bunga bahkan juga dapat membuat tumbuhan mati. Untuk menghindar hama seharusnya menyemprot pestisida dalam waktu 1-2 kali pada sebuah bulan. 

Perawatan bunga yang paling terkenal dalam masyarakat ini harus berhati-hati dan dilaksanakan secara konsisten. Meskipun keseluruhannya perawatan bunga mawar tidak sulit untuk di kerjakan.

 Demikian panduan atau cara merawat tanaman bunga mawar yang sekarang ini bisa kami berikan. Mudah-mudahan Anda bisa selekasnya menjaga bunga mawar yang Anda tanam dengan baik. Semoga bermanfaat.

sumber : memeflorist.com

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "7 Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar, Penting Diketahui!"