6 Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Beranak, Penting Diketahui!

Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Beranak

 Bagi pecinta aglaonema cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak menjadi informasi menarik untuk dibaca. Aglaonema telah dirawat lama tetapi tak pernah tumbuh tunas baru? Simak cara berikut ini agar tunas cepat tumbuh!

 Kecantikan daun Aglaonema memang memikat dan benar-benar elok menghias teras rumah atau ruangan anda. Untuk anda yang ingin Aglaonema cepat berkembang biak, coba baca cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak berikut ini.

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

 Menyaksikan aglaonema yang "beranak" bisa membuat hati anda bahagia karena jerih payah menjaganya tidak percuma. Aglaonema yang rimbun daunnya, lebih indah disaksikan dan menambahkan nilai seninya sebagai tanaman hias.

 Bukan tanpa argumen hati berbahagia saat mengurusi tanaman. Menurut riset di Jepang, melihat tanaman bisa kurangi depresi, ketakutan, geram, dan bersedih, sekalian kurangi tekanan darah, renyut kemelut otot, dan nadi. Melihat pagar tanaman dikatakan lebih berguna positif pada psikis dibanding pagar semen biasa.

 Bila anda ingin aglaonema semakin banyak, rasanya bukan jalan keluar yang pas untuk terus-terusan beli bibitnya. Apa lagi bila tipe aglaonema yang anda idamkan ialah tipe yang tinggi harganya.

 Seperti makhluk hidup yang lain, aglaonema dapat berkembang biak dengan beberapa cara. Saat dirawat secara benar dan lingkungannya memberikan dukungan, aglaonema bisa tumbuh tunas baru dari akarnya.

Baca juga : Cara Merawat Daun Aglaonema Agar Mengkilap

Berikut cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak yang bisa anda praktekan

1. Media Tanam yang Subur

cara merawat aglaonema agar cepat beranak

 Cara merawat aglaonema agar cepat beranak,kesuburan tempat tanam aglaonema merupakan salah satu cara yang tidak boleh dilupakan. Tempat tanam aglaonema yang sesuai ialah yang tidak menyimpan banyak air  namun tetap lembap.

 Tanah sebagai tempat tanam aglaonema seharusnya memiliki kandungan cukup gizi untuk aglaonema tumbuh dengan cepat bertunas dan maksimal. Beberapa formasi media tanam yang sesuai untuk aglaonema agar cepat beranak, misalnya:

  • Tanah, cocopeat, arang sekam, dan kompos dengan perbedaan 1:1:1:1 atau 2:1:2:1
  • Tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbedaan 1:1:1
  • Tanah, kompos, dan sekam padi dengan perbedaan 2:1:1

Upayakan tidak untuk memberinya tempat tanam yang terlampau tinggi tutupi akar atau cuman 1/2 pot. Bila aglaonema tertancap terlampau dalam, peluang akar bisa kekurangan oksigen dan tunas susah tumbuh naik ke permukaan.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, intip apa saja itu!

2. Penyiraman

cara merawat aglaonema agar cepat beranak

 Cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan  cepat beranak tentu saja pun tidak lepas dari langkah menyiraminya. Aglaonema adalah tipe tanaman yang tidak memerlukan penyiraman tiap hari. 

 Tanaman ini perlu disiram kurang lebih 3 hari sekali atau sekitaran satu minggu 2x, bergantung cuaca. Lihat tempat tanam aglaonema,anda perlu jaga media tanamnya masih tetap tidak kering dan lembap.

Jumlah air yang dipakai tak perlu banyak, seperlunya yang penting tanah masih tetap basah.

 Tempat tanam Aglaonema yang terlalu sering disiram malah bisa membuat akar tanaman jadi busuk. Disamping itu, tempat tanam yang sering disiram akan membuat cepat padat dan elemen hara tercuci lebih cepat.

3. Kerjakan Penggemburan Tanah

 Salah satu kunci cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak ialah tak lupa lakukan penggemburan tanah tiap dua sampai empat minggu sekali.

 Penggemburan tanah harus dilaksanakan secara berhati-hati supaya tidak menghancurkan akar tunas aglaonema atau tanaman. Cara menggemburkan tanah yakni pecahkan tanah yang menggumpal, memadat, atau mengeras, hingga kembali lunak dan perputaran udaranya bagus untuk tanaman.

 Tanah yang gembur, memiliki rongga, dan bersikulasi udara baik, mempermudah akar tanaman untuk tumbuh dan bergerak, air mengucur lebih rata, dan aglaonema jadi lebih sehat secara kesemuaan.

 Penggemburan tanah bisa disertai pemupukan hingga  tanah kembali rata dan tunas dapat gampang tembus tempat tanam kelak.

Baca juga : Cara menanam bonggol aglaonema agar tidak busuk dan tumbuh subur

4.Siram dengan Air Beras

cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak

 Kemungkinan bukan pertama kali anda dengar jika air sisa cucian beras bagus untuk tanaman. Ini bukan dogma dan bisa menjadi satu diantara cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak.

 Dalam jurnal riset Kampus Muhammadiyah Surakarta, air cucian beras memiliki kandungan 80% vitamin B1, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 50% mangan, 50% fosfor, 60% zat besi, 100% serat, dan asam lemak fundamental.

 Semua mineral dan vitamin ini sebagai elemen hara, makanan untuk tanaman supaya tumbuh subur. Tak perlu setiap, cukup dua minggu sekali saja. Dengan nasi sebagai makanan dasar mayoritas warga Indonesia, kemungkinan air sampah sisa cucian beras nyaris tiap hari ada dari dapur anda, hingga menjadi satu diantara jalan keluar untuk menyuburkan tanaman dengan murah.

5.Cahaya Matahari Seperlunya

 Supaya Cara merawat aglaonema tumbuh subur dan cepat beranak makin berkesempatan tinggi, janganlah lupa untuk memberinya supply cahaya matahari yang cukup, tidak tidak terlalu berlebih dan kekurangan.

 Tanaman aglaonema memang pada pokoknya sanggup hidup dan bertahan dalam ruang yang kurang cahaya, tapi beberapa tipe aglaonema, khususnya yang warna hijaunya sedikit, mempunyai pergerakan fotosintesis yang lebih lamban.

 Salah satunya pertanda jika aglaonema kekurangan cahaya, entahlah dari matahari atau lampu, ialah akar-akarnya mulai muncul dari tanah. Bila ini terjadi, anda perlu mengalihkan aglaonema lebih dekat dengan sumber sinar.

 Tetapi, aglaonema tak perlu terserang cahaya matahari langsung. Supaya tidak terbakar, aglaonema dapat dijemur saat pagi hari saat cahaya matahari belum terlampau panas atau dipindah ke arah tempat yang lebih jelas namun tetap dinaungi atap.

 Masih tetap awasi aglaonema kecintaan anda, karena cahaya matahari yang terlalu berlebih bisa membuat daun cantiknya menghilang, layu, dan kering.

 Bila keliatannya aglaonema kepanasan, anda bisa mengalihkan tempatnya ke arah tempat yang lebih teduh lagi.

Baca juga : Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan tahan panas

6.Tambah ZPT

 Berlainan dengan pupuk, Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) ialah hormon sintetis untuk tanaman dan menjadi satu diantara cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak.

 Bila pupuk ialah vitamin atau suplemen yang menolong penuhi keperluan gizi tanaman, ZPT berperanan dalam menolong, mengatur hormon tanaman untuk memetabolisme dan menyerap elemen hara dalam media tanam jadi lebih maksimal, hingga tanaman tumbuh lebih subur, cepat bertunas, dan sehat.

 Demikian beberapa cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan cepat beranak ini bisa anda coba pada aglaonema supaya makin subur dan warna daun cantiknya menghias rumah. Mudah-mudahan sukses!

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Beranak, Penting Diketahui!"